Fakta-Fakta Wacana Air Yang Harus Diketahui Setiap Orang

Fakta-fakta Tentang Air Yang Harus Diketahui Setiap Orang
Air yang akan dibahas di sini yaitu perihal air bersih, air yang layak dikonsumsi insan dan perihal air dalam segala manfaatnya. Karena semua makhluk butuh air untuk bertahan hidup.
Tahukah kamu? Kalau setiap tanggal 31 Agustus – 5 September itu diperingati sebagai
PEKAN AIR SEDUNIA, sebagai bentuk kampanye bahwa sebagian dari kita dengan bebasnya menikmati air higienis dari kran, akan tetapi di luar sana, ada jutaan orang yang tidak sanggup menikmati hak istimewa tersebut.
Polusi industri, pencemaran air, dan juga konsumsi yang hiperbola terhadap air juga turut menjadi faktor yang menciptakan takut untuk ketersediaan air higienis di masa mendatang.

Berikut fakta-fakta perihal air dan kenyataan bahwa hidup kita tidak sanggup terpisahkan dengan air :
1.     Air yaitu untuk kehidupan

 Sekitar 70% dari tubuh orang arif balig cukup akal terdiri dari air. Saat lahir, air menyumbang sekitar 80% dari berat tubuh seorang bayi. Darah yaitu 92% air, otak dan otot 75% air, dan tulang yaitu air sekitar 22%.Setiap ketika selama masih hidup, tubuh kita kehilangan air melalui keringat, buang air kecil, buang air besar atau menghembuskan napas. Dan kita hanya sanggup hidup kurang lebih sekitar 3 hari tanpa air.
2.     Kebanyakan air juga menjadi penyebab kematian

 Minum terlalu banyak air dan terlalu cepat sanggup mengakibatkan kondisi fatal yang disebut ‘hiponatremia’ juga dikenal sebagai intoksikasi air. Hal ini terjadi ketika air mencairkan tingkat natrium dalam pedoman darah dan mengakibatkan ketidakseimbangan air di otak.
3.     Minum bukan satu-satunya cara untuk terhidrasi

 Air dalam makanan menyumbang sekitar 20 % dari kebutuhan sehari-hari cairan pada manusia, berdasarkan Institute of Medicine.”Dan hidrasi yang Anda dapatkan dari makanan sama baiknya dengan apa yang Anda dapatkan dari air minum,” Pamela Peeke, MD, profesor kedokteran di University of Maryland dan penulis buku Body for Life for Women, menyampaikan kepada ABC News.
4.Planet bumi hampir tidak mempunyai kandungan air bersih

 Faktanya, 97 % air di bumi yaitu terdiri dari air asin, 2 % lagi terkunci atau membeku dalam es dan gletser.Ini bukti bahwa kita dan makhluk hidup lainnya (hewan dan tumbuhan) hanyalah menikmati 1 % saja dari ketersediaan air di bumi.
5.Kebanyakan air yang ada tidak dipakai untuk kebutuhan yang semestinya

 Disebutkan, bahwa di AS, kami memakai sekitar 346.000 juta galon air segar setiap hari, tapi kami tidak meminumnya. Hampir 80 persen air ke Amerika dipakai untuk irigasi dan kebutuhan lainnya.
Bagaimana dengan Indonesia??
6. Kekuatan air di rumah kita

Menurut PBB, energi dan air saling bergantung. Generasi dan transmisi sumber energi utama menyerupai tenaga air, nuklir, dan tenaga panas membutuhkan kanal ke sumber daya yang luas air. Sekitar 75 persen dari seluruh konsumsi air industri dipakai untuk produksi energi. Peralihan ke sumber energi terbarukan, menyerupai matahari dan angin secara drastis akan mengurangi konsumsi air.
7. Semua air di bumi sanggup di daur ulang

Baca Juga :  Yodium

 Bumi yaitu sistem tertutup, menyerupai dengan terrarium, artinya tidak akan terjadi kehilangan atau kelebihan air. Air yang ada di bumi ketika ini yaitu sama dengan air yang ada di bumi jutaan tahun yang lalu, jadi air yang ada terus dibersihkan dan didistribusikan melalui siklus air.
8. Manusia lebih banyak membuang air sia-sia daripada makhluk lainnya

 Konsumsi air rata-rata yaitu 176 galon air per hari. Lima menit mandi memakai antara 25 dan 50 galon air. Ditambah lagi dengan aneka macam kebutuhan lain yang harus ada air padanya.
9. Lebih 748 juta orang tidak mempunyai kanal ke air higienis dan aman.

Lebih dari 748 juta orang tidak mempunyai kanal ke air minum, dan 2,5 miliar tidak mempunyai kanal terhadap sanitasi. Mengkonsumsi air yang tidak higienis dan sangat terkotori menjadikan alasannya yaitu hampir 4 juta orang meninggal setiap tahun dari penyakit yang berafiliasi dengan air. Hampir dua juta di antaranya yaitu anak-anak. Lebih dari 400 juta hari efektif berguru di sekolah hilang setiap tahun lantaran penyakit terkait air.

Baca Juga :  Buah Apel Dan Keuntungannya Bagi Manusia
10. Air higienis sangat diharapkan oleh manusia, akan tetapi berapa banyak orang yang menjaga kebersihan air yang ada?

Jika di Amerika, 40 % dari semua sungai dan 46 % dari semua danau yang ada telah terkotori dan dianggap tidak sehat untuk berenang, memancing atau kehidupan air. Setiap tahun terdapat 1,2 triliun galon limbah tercemar, air hujan, dan limbah industri yang dibuang ke perairan AS.
Bagaimana dengan Indonesia ??
11. Tahun 2025, diperkirakan setengah dari populasi di dunia akan mengalami kekurangan air

 Banyak alasannya yaitu untuk terjadinya itu, di antaranya yaitu perubahan iklim, meningkatkan kelangkaan air, pertumbuhan penduduk, dan pertumbuhan yang cepat dari kota menjadikan tantangan serius bagi sistem penyediaan air.
Termasuk juga cuaca ekstrim, tanda-tanda perubahan iklim, mempunyai kapasitas yang luar biasa untuk mengeringkan dan mencemari pasokan air minum. Belum lagi lantaran krisis nuklir menyerupai yang sempat terjadi di Jepang.
12. Air akan menjadi minyak baru

 Bukan belakang layar lagi, bahwa peperangan yang terjadi di beberapa wilayah di dunia yaitu lantaran alasan adanya kanal ke sumber-sumber energi, khususnya minyak. Seperti kita tahu, minyak tidak sanggup dikonsumsi pribadi layaknya air.
13. Meskipun krisis air yaitu dilema serius, kita sanggup mencegah dari menjadi bencana

 Perbaiki kebocoran! Rata-rata, 14% dari penggunaan air hilang lantaran kebocoran. Maka cara yang paling efektif untuk menguranginya yaitu dengan memperbaiki bocor kran dan toilet.
Beberapa jago memperkirakan bahwa sebanyak 50 persen air yang dipakai untuk irigasi terbuang lantaran penguapan, angin, atau limpasan yang disebabkan oleh metode irigasi yang tidak efisien dan sistem.
Cuci hemat! Sebaiknya, basuh kendaraan beroda empat Anda hingga kendaraan beroda empat Anda benar-benar kotor.
Mematikannya! Mematikan keran ketika menggosok gigi sanggup menyimpan empat galon air yang akan terbuang sia-sia. Hal yang sama berlaku untuk mencuci piring.
14. Selanjutnya, kita harus berguru mendaur ulang air yang ada

 Tidak semua air bekas pakai yaitu limbah. Meskipun Anda niscaya tidak sanggup meminumnya, Anda sanggup menggunakannya di daerah lain di sekitar rumah, menyerupai penyiraman taman dan tumbuhan hias.
Air hujan juga merupakan sumber air lain yang sering tidak dimanfaatkan. Dibiarkan mengalir sia-sia sedangkan air itu sanggup dipakai untuk hal-hal lain?Air hujan ini kemudian sanggup dipakai untuk menyiram rumput dan kebun, memandikan binatang peliharaan dan ternak.
15. Mengembangkan teknologi untuk mendaur ulang air

 Daur ulang air bekas pakai akan menjadi kebutuhan di masa depan. Termasuk air minum. Daripada menunggu terjadinya kekeringan dan memaksa kita untuk daur ulang, mengapa tidak menyempurnakan infrastruktur ini dari sekarang?Dalam dekade terakhir, telah ada kemajuan luar biasa dalam daur ulang air, serta desalinasi (air bahari menjadi air tawar upcycling).
16. Akhirnya, harus ada tindakan tegas terhadap perusahaan-perusahaan yang mengolah air dunia untuk konsumsi industri dan menjadikannya menyerupai toilet pribadi mereka.

 Kegiatan penggunaan air menyerupai mengisap fracking dan pertambangan. Hal ini sanggup mengakibatkan kontaminasi air minum, dan degradasi habitat. ( Gambar menyampaikan limpasan beracun dari tambang tembaga US )
SEMOGA BERMANFAAT

Tags: air air bersih daur ulang fakta Health kehidupan kematian minyak baru populasi

Related Post "Fakta-Fakta Wacana Air Yang Harus Diketahui Setiap Orang"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup