Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Perempuan Hamil Muda

Ciri-ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda-beda pada tiap wanita, namun ciri – ciri orang hamil muda tersebut sanggup kita simpulkan secara umum. Kadang kita selalu bertanya-tanya ketika kita mual dan selalu pengen muntah, apakah saya hamil ? Nah, salah satu ciri kehamilan tidak selalu menjamin kalau anda telah mengandung seorang bayi yang mungkin sudah anda tunggu-tunggu. Sebaiknya anda ketahui juga ciri – ciri orang hamil 1 ahad sebagai tanda awal kehamilan.

Ciri-Ciri Awal Kehamilan.

Kehamilan yaitu sebuah anugrah dari Tuhan untuk kita jaga dengan sebaik-baiknya. Untuk itu kita perlu mengetahui ciri-ciri awal kehamilan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, contohnya terjadinya keguguran ketika hamil muda. Ciri-ciri kehamilan ini intinya sanggup juga diketahui oleh orang lain atau orang terdekat kita, namun anda sendirilah yang paling sanggup mencicipi dan mengetahui dengan mencocokan aneka macam tanda kehamilan. Akan saya jabarkan ciri perempuan hamil pada poin-poin dibawah ini :

  • Adanya bercak darah sebagai tanda awal kehamilan.

 

Setelah kurang lebih 6 hingga 12 hari sehabis pembuahan terjadi, maka calon janin akan melekat pada dinding rahim. Saat awal proses menempelnya calon janin ini kedalam dinding rahim inilah terkadang terjadi pendarahan pada perempuan ataupun kram pada perut. Hal inilah yang pada beberapa perempuan mengakibatkan timbulnya bercak-bercak. Tidak semua perempuan akan mengalami bercak ketika awal kehamilan, namun bercak inilah yang menjadi ciri-ciri paling awal yang terjadi kalau orang sedang hamil.

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari sehabis terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada ketika kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi. 

  • Terlambat atau terganggunya siklus menstruasi.

 Terlambatnya menstruasi sudah menjadi hal umum terjadi pada wanita, namun perlu anda ketahui bahwa hal inilah yang menjadi tanda awal yang niscaya akan terjadi kalau seseorang sedang hamil. Ciri inilah yang biasanya menciptakan kita eksklusif melaksanakan test kehamilan. Memang benar, kalau anda sedang hamil maka anda tidak akan menstruasi pada periode berikutnya. Namun pada beberapa perempuan ada juga yang tetap mengeluarkan darah namun dalam waktu yang relatif singkat, tidak ibarat ketika menstruasi ibarat biasanya.

Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda sanggup saja telat haid lantaran stres, diet atau gangguan hormonal. Selain itu, beberapa perempuan juga sanggup mengalami pendarahan atau spotting (timbul bercak darah). Segera konsultasikan ke dokter mengenai duduk kasus tersebut. 

  •  Payudara menjadi lebih lembut

Nyeri atau kesemutan di payudara yaitu salah satu tanda-tanda kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk lantaran mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Payudara pun sanggup menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. 

Namun perlu dicatat, berdasarkan hebat laktasi, Teresa Pitman, tidak semua perempuan mengalami perubahan ini, terutama kalau mereka telah memakai pil KB. Selain payudara yang membengkak, salah satu tanda lainnya yaitu dengan area aerola warnanya menjadi lebih gelap. Perubahan sensitifitas dan kelembutan payudara ini biasanya terjadi ketika 7 – 14 hari sehabis adanya pembuahan.

  •  Mudah Lelah atau Capek.
ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda 

Pada ahad pertama hamil maka anda akan merasa gampang capek atau merasa lelah melaksanakan acara sehari – hari yang biasanya tidak anda lakukan tanpa mengeluh kecapekan. Sedikit tekanan saja sanggup menciptakan anda stress dan capek.

Rasanya Anda ingin bermalas-malasan saja di daerah tidur. Hal ini terjadi lantaran badan sedang mengikuti keadaan dengan adanya makhluk baru. Peningkatan hormon progesteron juga sering dihubungkan dengan tanda keempat ini. Selain itu Anda sanggup jadi gampang lelah lantaran menurunnya kadar gula darah dan tekanan darah. 

  • Mual – mual pada pagi hari atau Morning Sickness.
ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda 

Morning sicness yaitu salah satu ciri-ciri awal kehamilan. Mual – mual yang anda rasakan pada pagi hari akan terasa lebih sering anda rasakan pada 2 hingga 8 ahad usia kehamilan anda. Terkadang hal ini mengganggu pada beberapa wanita, lantaran intensitas yang terlalu sering, bahkan tidak cuma pada pagi hari.

Mual yaitu tanda-tanda kehamilan yang paling umum. Rasa mual itu terjadi lantaran peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon HCG ini mengakibatkan efek pedih pada lapisan perut sehingga mengakibatkan rasa mual. Biasanya rasa mual ini akan pergi seiring Anda memasuki trimester kedua kehamilan. Selain mual, Anda juga merasa lebih sensitif pada bacin tertentu. Sejumlah peneliti menduga, tanda-tanda ini terjadi supaya perempuan hamil tidak gampang makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari racun yang berbahaya. 

  • Sakit Punggung.
ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda 

Sakit pada punggung belahan bawah sanggup menjadi tanda-tanda awal kehamilan, namun ini bukan menjadi suatu kepastian apakah anda telah hamil apa tidak. Karena sakit punggung inipun kadang terjadi sanggup lantaran memang anda sedang capek. 

Akan tetapi, pada umumnya sakit punggung ini niscaya akan anda rasakan ketika anda mengandung mengingat adanya beban lebih pada perut anda yang menciptakan punggung menjadi lebih banyak tegang.

  • Sakit Kepala.


 
Sakit kepada pada awal kehamilan terjadi lantaran adanya perubahan hormon badan yang terjadi secara mendadak dan dalam jumlah banyak.

Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh badan juga sanggup mengakibatkan pusing ketika ibu berubah posisi. 

  • Sering Buang Air Kecil.

 Pada usia kandungan antara 6 hingga 8 ahad mungkin anda akan semakin sering kekamar mandi lantaran harus buang air kecil. Hal ini masuk akal dan terjadi pada masa awal kehamilan anda.

Baca Juga :  Perkembangan Janin Dalam Kandungan Dari Ahad Ke Ahad Selanjutnya

Saat hamil, janin yang tumbuh di rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine dan impian untuk buang air kecil menjadi lebih sering. 

 


  • Penggelapan pada area puting payudara.
ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda

Selain payudara yang lebih peka dan menjadi lebih lembut, anda mungkin akan menjumpai penggelapan pada puting payudara anda sebagai ciri awal bahwa anda sedang hamil.

  • Ngidam.
ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda

Sudah menjadi belakang layar umum bahwa ngidam yaitu belahan dari ciri – ciri orang hamil muda. Anda akan merasa sangat ingin memakan makanan tertentu yang dalam keadaan normal mungkin anda tidak menyukai makanan tersebut. Biasanya anda ingin makan makanan dengan rasa yang menyengat ibarat asem atau pedas. 

Hal ini sangat normal dan sering dialami oleh perempuan hamil. Tanda – tanda kehamilan ibarat ini tidak hanya akan terjadi pada awal kehamilan, namun sanggup terjadi selama 9 bulan penuh. Ngidam yaitu hal yang sangat normal, lantaran ngidam disebabkan oleh perubahan hormon pada badan anda.
Ciri-Ciri awal kehamilan sebagai tanda perempuan hamil muda diatas sanggup anda jadikan sebagai ajaran dan kewaspadaan terhadap kandungan anda. Pengetahuan dini ihwal hamil muda ini sanggup menolong anda dari ancaman keguguran, lantaran ketidak waspadaan anda dengan melaksanakan pekerjaan berat disaat hamil muda.

  • Perubahan Mood. 
ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda

Wanita hamil mempunyai mood yang gampang berubah. Bisa saja di satu waktu Anda merasa sangat bahagia, namun beberapa waktu kemudian Anda jadi murka pada suami hanya krena duduk kasus sepele. Tidak perlu mengkhawatirkan perubahaan mood ini lantaran normal. 

Mood berubah lantaran terjadinya perubahan hormon secara drastis di badan Anda. Kalau Anda belakangan mencicipi hal tersebut, itu terjadi lantaran badan sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru. 

  • Kram Perut.

ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda


Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram perut ini, akan terus berlanjut hingga kehamilan trimester kedua, hingga letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

 

  • Sembelit.
ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda

Sembelit terjadi akhir peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga mengakibatkan sembelit atau susah buang air besar. Namun laba dari keadaan ini yaitu memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik ketika hamil.

  • Naiknya temperatur basal tubuh.
ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal badan ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

  • Sensitif pada bau
ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda

Anda tak tahan pada segala macam bau, terutama aroma makanan tertentu. Saking tak tahannya, bacin tertentu sanggup menciptakan Anda mual dan muntah.

  • Gejala PMS
ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda

Anda mencicipi tanda-tanda PMS yang sama ibarat yang Anda rasakan setiap bulan. Perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan yang meningkat. Tapi, kok belum haid juga ?

  • Positif tes kehamilan.

Hasil uji test pack menunjukkan tanda positif! Apakah itu artinya Anda benar-benar hamil? Belum tentu! Anda gres akan menerima balasan yang akurat, sehabis pergi ke dokter untuk melaksanakan investigasi USG.

  • Ada janin yang berkembang di dalam rahim Anda.
ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda

Pemeriksaan USG menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam kantung kehamilan? Selamat, Jaga perkembangan si kecil hingga tiba waktunya bersalin.
Poin di atas merupakan tanda-tanda awal kehamilan yang umum dan biasa terjadi pada perempuan yang sedang hamil muda. Namun tentu tidak semua perempuan akan mengalami ha tersebut. Utuk memastikannya, periksakan segera ke dokter kandungan atau bidan Anda.

Baca Juga Artikel Kami : 

“Tips Agar Cepat Hamil”
“Penyebab duduk kasus kesuburan”
“Menghitung masa subur”

SEMOGA BERMANFAAT

Tags: Health NEWS tahukah anda UnCategories

Related Post "Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Perempuan Hamil Muda"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup