Tips Menurunkan Panas Anak Dengan Madu Dan Manfaat Lainnya

Tips Menurunkan Panas Anak Dengan Madu Dan Manfaat Lainnya. Menjaga anak baik dari segi tumbuh kembang maupun kesehatannya merupakan sebuah bentuk tanggung jawab ibu sebagai orang tua. Pada awal kehamilan ibu akan senantiasa melakukan berbagai macam upaya agar kondisi kesehatan dan perkembangan janin dalam keadaan baik. Selepas proses persalinan, peran dan tanggung jawab ibu akan semakin berat karena janin sudah terlahir kedunia.

Setelah terlahir, hal yang menjadi tanggung jawab utama ibu adalah memastikan bahwa bayi mendapatkan asupan makanan dan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan kehidupan dan tumbuh kembangnya. Berbagai macam manfaat asi untuk bayi menjadikannya pilihan wajib yang harus diberikan oleh ibu dalam memenuhi kebutuhan makanan dan nutrisi pada bayi. Karena manfaatnya tersebut, berbagai ahli medis menyarankan bahwa pemberian asi pada bayi setidaknya diberikan selama 6 bulan pertama kehidupannya dan maksimal 2 tahun untuk mendapatkan manfaat lengkap.

Selain memberikan nutrisi dan makanan pada anak maupun bayi. Ibu juga harus melakukan upaya pengatasan ketika anak ataupun bayi mengalami gangguan kesehatan. Salah satu gejala atau gangguan kesehatan yang paling sering terjadi pada anak adalah demam atau panas. Untuk membantu ibu menangani panas atau demam pada anak. Berikut ini salah satu cara menurunkan panas anak dengan madu yang diuraikan dalam penjelasan dibawah ini.Tips Menurunkan Panas Anak Dengan Madu

Baca Juga :  Pestisida Pemicu Kemandulan

Madu Sebagai Penurun Panas Pada Anak

Madu merupakan salah satu jenis makanan dengan rasa khas manis yang dihasilkan oleh hewan bernama tawon. Madu dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan. Madu merupakan salah satu jenis cairan manis yang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti Vitamin, mineral, dan beberapa nutrisi lainya sehingga dapat menjadi alternatif makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sehari hari terutama pada anak-anak.

Madu merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki harga jual tinggi tergantung dari asal dan keasliaannya karena banyak beredar bentuk madu palsu yang dibuat dari gula. Seperti dijelaskan diatas, madu merupakan salah satu cara menurunkan panas pada anak tanpa efek samping dan bisa jadi karena rasanya yang manis lebih disukai oleh anak anak dibandingkan dengan menggunakan obat obatan. Berikut ini beberapa langkah atau cara menurunkan panas anak dengan madu yang dijelaskan dibawah ini.

  • Larutan madu
    Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara menurunkan panas anak dengan madu adalah dengan membuat larutan madu terlebih dahulu. Larutan madu terdiri dari madu sebagai bahan utama dan air sebagai pelarutnya. Dalam proses pencampurannya, masukan 1/3 bagian madu kedalam gelas lalu tambahkan air hingga perbandingnnya 1 bagian madu dengan 3 bagian air. Dalam proses pencampuran ini madu harus berada dibawah gelas dan dimasukan lebih dahulu. Setelah masuk kedua bahan tersebut, aduk hingga merata sebanyak kurang lebih 300 kali atau selama 3 menit.
  • Cara minum larutan madu
    Setelah larutan madu tersebut dibuat maka segera berikan kepada anak untuk mengkonsumsinya secara perlahan. Larutan madu yang dikonsumsi untuk menurunkan panas anak tersebut sebaiknya dibuat fresh dan pilihlah madu yang merupakan madu murni bukan madu palsu. Anak dapat mengkonsumsi madu sebagai penurun demam sebanyak tiga kali sehari secara konsisten hingga demam mereda.
Baca Juga :  Suplemen yang Tepat untuk Ibu Hamil

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Selain sebagai salah satu cara menurunkan demam pada anak. Madu sudah dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk pada anak-anak. Karena banyaknya manfaat tersebut menjadikan beberapa orang tua memberikan madu kepada anak secara rutin. Berikut ini beberapa manfaat madu bagi kesehatan tersebut.

  • Anti Oksidan
    Kandungan nutrisi pada madu cukup banyak salah satunya terdapat berbagai macam zat anti oksidan seperti asam tartarat, asam malat, asam oksalat, asam asetat, asam sitrat, asam laktat, asam format, dan asam glikolat. Manfaat zat antioksidan tersebut adalah untuk mencegah penyakit tertentu menyerang tubuh anak anak dan meningkatkan sistem imunitasnya. Adanya zat tersebut menjadikan salah satu manfaat madu untuk bayi baru lahir adalah sebagai peningkat daya tahan tubuhnya.
  • Antiradang dan antiseptik
    Madu juga memiliki manfaat sebagai anti terhadap kondisi peradangan dan anti septik sehingga menghindarkan tubuh dari infeksi. Karena manfaatnya tersebut, madu dapat digunakan dalam proses penyembuhan demam berdarah.
  • Sumber energi
    Rasa madu yang manis dihasilkan oleh kandungan fruktosa dan glukosa yang tinggi. Selain menghasilkan rasa manis. Kandungan bahan tersebut dapat menjadi mau memilik manfaat sebagai sumber energi pada anak untuk melakukan berbagai aktivitasnya.
  • Manfaat lainnya
    Selain sebagai penurun panas dan beberapa manfaat diatas. madu juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti antikanker, membantu mengatasi penyakit tertentu, meningkatkan daya ingat pada anak, mengobati luka, menghilangkan alergi, dan lain sebagainya.
Baca Juga :  Keputihan Merupakan Tanda Awal Kehamilan

Itulah beberapa cara menurunkan panas anak dengan madu dan beberapa manfaat madu bagi kesehatan lainnya yang dapat digunakan sebagai salah satu suplemen atau tambahan makanan baik ketika anak demam maupun dalam kesehariannya. Namun jika dalam beberapa hari kondisi demam pada anak tidak kunjung mereda, segera konsultasikan dengan dokter spesialis anak untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat serta mendapatkan obat penurun panas anak yang benar.

Tags: Manfaat Lainnya Tips Menurunkan Panas Anak Dengan Madu

Related Post "Tips Menurunkan Panas Anak Dengan Madu Dan Manfaat Lainnya"

Jenis Buah yang Bisa Menghilangkan Kista saat Hamil Terbukti Ampuh
Jenis Buah yang Bisa Menghilangkan Kista saat
Penyebab Keputihan Gatal dan Bau Paling Sering Terjadi
Penyebab Keputihan Gatal dan Bau, keputihan bisa
Ciri – Ciri Orang Hamil 1 Minggu
Ciri – Ciri Orang Hamil 1 Minggu
Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Setelah Caesar
Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Setelah