Tips Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat. Bagi yang baru saja melahirkan anak, kami ucapkan selamat ya bunda! Mungkin sebagai seorang ibu kita akan merasa sangat senang dan bahagia karena akhirnya bisa melihat buah hatinya. Mungkin setelah melahirkan sang bayi, bunda akan berpikir bagaimana cara memandikan bayi baru lahir dan bisa jadi bingung. Terutama bagi yang baru saja memiliki anak pertama. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan beberapa informasi penting kepada bunda mengenai tips memandikan bayi baru lahir dan perawatan tali pusat. Sehingga bunda bisa memandikan sekaligus merawat tali pusat dengan benar ya bunda. Silahkan simak informasi berikut ini :

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir

  1. Mempersiapkan perlengkapan mandi bayi
    Sabun khusus bayi
    Selimut untuk mandi
    Shampo khusus bayi
    Baby oil
    Bak mandi bayi
    Handuk bayi yang lembut
  2. Mempersiapkan perlengkapan bayi setelah mandi
    Selimut untuk menghangatkan bayi setelah mandi
    Kaus kaki untuk bayi
    Pakaian untuk bayi yang hangat dan lembut
    Salep jika memang dibutuhkan
    Parfum khusus bayi
    Bedak bayi
    Minyak telon / minyak penghangat untuk tubuh bayiTips Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat Paling Lengkap
  3. Cara memandikan bayi
    Pertama-tama tes dulu suhu air hangat apakah sudah pas dengan menggunakan tangan bunda. Jika sudah dirasa pas maka bisa menyiapkan langkah yang selanjutnya.
    Pegang bayi perlahan ya bunda, gunakan lutut sebagai tumpuan ketika memegang bayi.
    Lepas baju bayi secara perlahan mulai dari atasan sampai popok bayi secara perlahan.
    Pertama-tama, masukkan kapas ke dalam air hangat dan peras. Lalu usapkan pada bagian wajah bayi untuk membersihkan wajahnya. Gunakan kapas itu untuk mengusap area mata bayi. Kemudian juga bersihkan celah-celah seperti bagian belakang telinga secara lembut.
    Setelah itu cuci rambut bayi secara perlahan. Tidak usah menyiramnya bunda, bunda hanya perlu memercikan airnya secara perlahan. Kemudian beri rambutnya sedikit shampo dan gosok lembut sampai muncul busa. Jangan sampai busanya sampai ke telinga dan mata ya bunda. Setelah itu bilas dengan pelan sampai busa hilang.
    Setelah itu percikan air ke tubuhnya, kemudian ambil sabun bayi dan gosok secara perlahan ke tubuhnya ya bunda. Bersihkan juga lipatan-lipatannya sehingga bersih. Bilas lagi sampai bersih dan angkat menggunakan handuk lembut.
  4. Langkah yang harus dilakukan setelah memandikan bayi
    Keringkan menggunakan handuk yang lembut sampai benar-benar kering ya bunda. Dengan lembut dan perlahan.
    Oleskan sedikit minyak telon di beberapa bagian tubuhnya seperti misalnya punggung, perut, dan bagian dadanya. Hati-hati saat memberi minyak telon jangan sampai terkena mulut karena ada bahaya bayi minum minyak telon.
    Lalu aplikasikan bedak dengan menggunakan kapas tipis ke badan bayi saja. Jangan teralalu banyak dan berlebihan karena partikel bedak bisa mereka hirup dan menyebabkan sesak napas ya bunda. Salah satu bahaya bedak bayi adalah bisa menyebabkan sesak napas dan sulit bernapas ya bunda.
    Kenakanlah popok dan juga pakaian secara bertahap ya bunda. Pastikan bayi tidak kedinginan dan juga tidak kegerahan ya bunda.
Baca Juga :  PENYEBAB & TANDA TANDA MELAHIRKAN CEPAT

Perawatan Tali Pusat

  • Menjaga tali pusat selalu bersih
    Cara merawat tali pusar bayi sangatlah penting sehingga bunda harus memperhatikannya secara benar ya. Karena tali pusat bayi ini penting dan bisa terkena infeksi bunda. Nah oleh karena itu kami sarankan supaya bunda selalu menjaga kebersihannya ya. Gunakan kapas yang halus dan khusus bayi yang direndam pada air hangat. Kemudian balurkan secara perlahan di tali pusat bayi ya bunda. Gunakan cotton buds yang halus dan khusu untuk bayi untuk mengeringkannya. Bunda harus memperhatiakn cara memandikan bayi baru lahir dan perawatan tali pusat dengan benar ya.
  • Mengganti kasa secara berkala
    Untuk tetap menjaga kebersihan dan kesterilan tali pusar bayi kami sarankan supaya bunda sering menganti kasa tali pusar bayi secara berkala. Sehingga tali pusar bayi bisa selalu kering dan juga tidak dala keadaan lembab. Sehingga bayi bisa terhindar dari berbagai jenis infeksi dan iritasi yang mungkin saja disebabkan karena kasa yang tidak pernah diganti. Unda juga harus menggunakan kapas lembut untuk membersihakn tali pusat bayi ya.
  • Menghindarkan tali pusat dari air
    Tips ketiga yang harus bunda perhatikan adalah dengan menghindarkan tali pusat dari air. Tali pusat atau tali pusar itu harus selalu kering ya bunda. Oleh karena itu setiap kali bunda memandikan si kecil, jangan sampai tali pusat terkena air. Gunakan spons mandi khusus sehingga setiap kali bunda memandikan si kecil tidak sampai terkena tali pusatnya ya bunda. Jika tali pusat belum kering maka jangan merendam bayi di bak bayinya ya.
  • Jangan menarik atau memaksa tali pusat agar lepas
    Tips terakhir adalah jangan menarik atau memaksa tali pusat bayi lepas ya bunda. Hal seperti itu bisa menyebabkan bayi menangis karena merasa kesakitan. Bahkan bisa menyebabkan tali pusat jadi terluka dan infeksi. Cukup biarkan saja supaya tali pusat itu terlepas sendiri ya bunda.
Baca Juga :  4 TIPS IBU HAMIL 9 BULAN AGAR PERSALINAN LANCAR

Nah itu dia beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tips memandikan bayi baru lahir dan perawatan tali pusat. Setelah mandi bunda juga bisa memberikan pijatan lembut karena manfaat pijat bayi yang dilakukan ibu itu bisa memperdekat hubungan dan penting untuk kesehatan bayi Anda.

 

Tags: Tips Memandikan Bayi

Related Post "Tips Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup