Tips Melihat Perkembangan Janin Kembar

Tips Melihat Perkembangan Janin Kembar, kehamilan kembar bukanlah perkara yang mudah. Perlu sang ibu ketahui bahwa hamil kembar harus mempunyai usaha yang keras, namun memang sangatlsh banyak seorang ibu hamil ingin memiliki anak kembar. Seorang ibu hamil yang mengetahui bahwa kondisi kehamilannya merupakan hamil kembar pastinya akan merasakan kebahagiaan yang lebih karena akan mendapatkan dua bayi sekaligus dalam satu kandungan. Namun dalam menghadapinya, seorang ibu hamil harus melakukan upaya yang lebih keras baik secara fisik maupun mental.

Kehamilan kembar dapat diketahui melalui ciri – ciri fisik yang terlihat pada ibu hamil. Beberapa ciri fisik tersebut diantaranya seperti mual dan muntah atau morning sickness, kram perut, flek atau pendarahan, nyeri punggung yang lebih kuat. Selain itu kadar HCG dan hasil uji AFP pada ibu hamil juga menunjukan kondisi yang lebih besar dibandingkan pada kehamilan tunggal. Serta emosional ibu hamil yang lebih sensitif dan sangat mudah berubah.

Medapatkan kehamilan kembar harus melakukan berbagai usaha yang lebih ditingkatkan dibanding kehamilan tunggal karena ada dua janin yang terdapat di dalam rahim ibu. Beberapa usaha yang perlu di penuhi adalah nutrisi yang lebih banyak. Beristirahat yang cukup, menghindari aktivitas berat dan yang memiliki pengaruh buruk terhadap kehamilan. Serta berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan atau bidan untuk mengetahui kondisi kehamilan.Tips Melihat Perkembangan Janin Kembar

Baca Juga :  TANDA DAN BAHAYA DEHIDRASI BAGI KEHAMILAN

Secara umum, hamil kembar terbagi menjadi dua yaitu kembar identik yang didapatkan karena satu sel telur dibuahi oleh dua sperma secara bersamaan. Dan kembar tidak identik yang terjadi karena ada dua sel telur yang berhasil dibuahi oleh dua sprema. Selain memahami proses kehamilan kembar. Ibu yang hamil kembar juga perlu mengetahui bagaimana perkembangan janin yang terjadi pada tiap bualannya. Dalam artikel kali ini, akan membahas mengenai Melihat Perkembangan Janin Kembar yang dijelaskan pada uraian di bawah ini.

Tips Melihat Perkembangan Janin Kembar

  1. Memiliki sidik jari
    Perkembangan janin kembar usia 4 bulan yang pertama adalah kondisi dimana bayi sudah memiliki sidik jari masing masing. Pertumbuhan kaki dan tangan yang sudah terbentuk mulai meningkat dengan kemampuan untuk menendang dan saling menyentuh meskipun terhalang plasenta masing masing.
  2. Refleks gerak pada mata
    Kelopak mata yang mulai menutupi mata pada perkembangan janin kembar di usia 3 bulan. Perkembangan tersebut adalah mulai terbentuknya refleks gerak pada mata serta mampu menyipitkan mata dan bibir juga dapat mulai tersenyum.
  3. Jenis kelamin dapat terlihat
    Meskipun sudah dapat terlihat, kepastian jenis kelamin pada janin sangat ditentukan pada pemeriksaan USG apakah bayi dalam posisi yang dapat memperlihatkan jenis kelaminnya atau tidak.
  4. Pergerakan bayi sudah mulai terasa
    Pada usia kehamilan kembar 4 bulan, pergerakan bayi sudah dapat dirasakan oleh ibu hamil. Janin yang sudah dapat bergerak ini dapat menjadi sebuah acuan sebagai tanda kondisi kesehatan yang baik pada bayi ketika ibu hamil merasakan adanya kondisi pergerakan di perutnya.
  5. Rambut mulai terbentuk di kepala
    Mulai terbentuknya rambut pada kepala masing masing janin. Pada USG 4 D juga dapat terlihat kerut – kerut pada kulit janin yang menandakan bahwa pertahanan tubuh bagian luarnya sudah mulai terbentuk dengan baik.
  6. Berkembangnya indera pendengaran
    Telinga yang sudah terbentuk pada janin usia 3 bulan akan berkembang dengan kemampuan janin pada usia 4 bulan untuk mendengarkan. Dengan berkembangnya indera pendengaran pada janin berusia 4 bulan tersebut menjadikan ibu hamil sudah dapat melakukan interaksi dan berbicara dengan janin di dalam kandungannya. Selain itu, janin usia 4 bulan juga mulai dapat memberikan respon terhadap suara yang muncul dari luar rahim ibu.
  7. Janin juga sudah mulai untuk bernafas karena paru – paru yang ada pada tubuhnya mulai terbentuk.
  8. Syaraf otak janin sudah mulai berkembang dan bagian wajahnya juga sudah mulai terbentuk. Sehingga melalui pemeriksaan USG wajah sudah dapat terlihat meskipun masih samar – samar.
  9. Tubuh janin kembar mulai membesar mengikuti ukuran kepala.
  10. Sistem pencernaan janin mulai berfungsi sehingga dapat menelan air ketuban.
Baca Juga :  8 TIPS IBU HAMIL DALAM PERAWATAN KECANTIKAN

Itulah beberapa Tips Melihat Perkembangan Janin Kembar yang perlu diketahui oleh ibu hamil sebagai bahan informasi bahwa kondisi kehamilannya dalam keadaan yang sehat dan baik baik saja. Semoga bisa bermanfaat untuk ibu hamil kembar maupun yang hamil tunggal juga. Apabila ada hal yang ataupun gangguan lain bisa langsung konsultasikan ke dokter spesialis kandungan.

Tags: Tips Melihat Perkembangan Janin Kembar

Related Post "Tips Melihat Perkembangan Janin Kembar"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut