Tanda Awal Kehamilan Untuk Ibu Hamil Dengan Sehat

Tanda Awal Kehamilan Untuk Ibu Hamil Dengan Sehat – Wanita sering tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil pada ahad keempat, kelima, bahkan kesepuluh. Dokter juga kadang kala tidak bisa menentukan,apakah seorang perempuan itu sudah hamil atau belum,ketika usia kehamilan gres menginjak ahad keenam.

Sebenarnya,kapan kehamilan itu sudah mulai bisa dikenali tanda-tandanya? Tanda-tanda kehamilan,biasanya mulai muncul pada ahad pertama atau kedua,setelah konsepsi berlangsung. Tanda-tanda awal kehamilan itu mencakup :

1. Hilangnya periode haid

Jika bunda sudah waktunya haid , tapi ternyata tamu bulanan ini tidak datang,kemungkinan besar ini merupakan tanda-tanda kehamilan. Setiap perempuan memiliki siklus haid yang tiba setiap bulannya. Haid tidak datang, lantaran ovum telah dibuahi oleh sperma suami. Apabila bunda mengalami telat tiba bulan,segeralah periksa memakai alat test kehamilan atau pergi  ke dokter kandungan untuk memeriksakan kondisi kandungan bunda,apakah positif hamil atau tidak.

2. Haid dengan pendarahan sedikit

Pada bulan pertama masih mungkin bunda mengalami haid, tetapi yang bisa mengindikasikan bahwa perempuan tersebut hamil ialah pendarahan yang sedikit dari biasanya. Kemungkinan lain yang bisa mengindikasikan ialah masa haid bunda yang lebih pendek daripada biasanya.Mungkin haid hanya berlangsung selama satu hari atau bahkan cuma beberapa jam. Tetapi bunda tidak perlu khawatir lantaran kondisi ibarat ini normal terjadi.

Tetapi,jika ibu masih mengalami pendarahan pada kehamilan usia 10 ahad maka bunda sebaiknya memeriksakan diri kepada dokter andal kandungan dan kebidanan (obsetri dan genekologi).

3. Pembengkakan dan Pelembutan payudara

Pembengkakan dan pelembutan payudara biasanya terjadi dua ahad sehabis konsepsi.Pembengkakan mungkin terjadi pada tempat areola(daerah putting dan sekitarnya) atau pangkal payudara bunda. Bisa juga mencakup dada secara umum,sedangkan pelembutan payudara mencakup wilayah payudara secara umum.

Tetapi, apabila ibu hamil merasa nyeri pada serpihan payudara jawaban pembengkakan, bunda bisa mengkompresnya dengan air hangat secara rutin.

4. Frekuensi kencing meningkat

Perkembangan nuthfah menjadi ‘alaqah menciptakan rahim membesar dan mendesak kandung kemih bunda sehingga menjadikan kandung kemih bunda gampang penuh. Ini menimbulkan frekuensi kencing pada perempuan hamil meningkat.

Wanita yang mengalami stress juga akan sering kencing dibandingkan perempuan normal. Terjadinya stress ketika kehamilan juga akan mempengaruhi kondisi janin dalam rahim bunda,jadi hindari stress ya bunda.

Urine biasanya menjadi alat test bagi dokter untuk melihat : apakah perempuan itu sudah hamil atau belum? Urine juga sanggup menjadi petunjuk yang akurat semenjak kehamilan bunda berusia 14 hari.
Tetapi dokter kadang kala masih gagal memilih apakah perempuan itu sudah positif hamil,meskipun kehamilan itu sudah mencapai usia 10 minggu. Beberapa faktor yang menimbulkan kegagalan itu adalah:

  • Urine terlalu hangat,
  • Konsentrasi urine tidak memadai,
  • Kontaminasi lantaran medikasi atau kontaminasi oleh media pengetesan.

Urine pada perempuan hamil biasanya akan lebih jernih,tetapi jikalau urine bunda cenderung menguning dan mengeluarkan amis yang lebih tajam atau tidak amis khas urine, segeralah bunda mengkonsultasikan kepada dokter. Mungkin terjadi infeksi pada urethra. Kalau tidak, mungkin kasus apocrine(kelenjar penghasil bau) yang lebih aktif.

5. Kelelahan

Baca Juga :  5 Makanan yang Bisa Membantu ASI Melimpah

Pada trimester I, bunda akan sering merasa lelah dan gampang mengantuk , tetapi bunda tidak perlu khawatir lantaran hal tersebut masuk akal terjadi pada perempuan yang sedang hamil. Beberapa perempuan juga mungkin akan menjadi malas untuk melaksanakan aneka macam acara sehingga cenderung suka tidur pada kehamilan trimester I. Tetapi bunda juga perlu menjaga perilaku tidur yang berlebih lantaran kurang baik bagi kondisi bunda. Bunda masih sanggup melaksanakan aktifitas sehari-hari ibarat biasa tetapi jangan berlebih , apabila bunda mulai merasa lelah bunda sebaiknya berhenti dan istirahat sebentar biar mempengaruhi kondisi janin.

6. Morning Sickness

Isitilah morning sickness banyak dipakai untuk membuktikan adanya gangguan berupa mual-mual dan kepala berkunang-kunang. Morning sickness biasa terjadi pada perempuan hamil, jadi apabila bunda mencicipi morning sickness kemungkinan besar bunda sedang mengandung atau hamil. Meskipun demikina morning sickness tidak hanya terjadi pada waktu pagi hari, terkadang morning sickness terjadi sehabis makan malam bahkan sebagian mengalami morning sickness hampir sepanjang hari.

Sampai ketika ini yang saya ketahui tidak ada obat-obatan yang bisa menghilangkan morning sickness pada perempuan hamil lantaran kondisi ibarat ini memang masuk akal dan normal terjadi pada wanita. Apabila bunda mengalami morning sickness minum lah air hangat untuk mengurangi mual pada diri bunda.

7. Merasa kram

Banyak perempuan yang sanggup mencicipi kram pada serpihan perut atau farji pada ketika hamil. Kaprikornus apabila bunda mencicipi kram pada serpihan tersebut yang terlalu sering periksakan diri bunda ke dokter lantaran kemungkinkan bunda mengalami kehamilan atau kemungkinan ada penyakit lain yang menganggu diri bunda.

8. Perubahan pada pencernaan

Perubahan pada pencernaan mengindikasi terjadinya kehamilan pada sebagian wanita. Wanita hamil biasanya menjadi malas makan atau porsi makan yang jauh berkurang. Tetapi ada juga perempuan hamil yang mencicipi sebaliknya yaitu porsi makan yang banyak jauh dari porsi makan biasanya.

Untuk bunda yang merasa malas makan alangkah baiknya memperhatikan kebutuhan gizikarena hal tersebut sanggup mempengaruhi tumbuh kembang janin pada rahim bunda. Untuk mengantisipasinya alangkah baiknya bunda sering makan walaupun dengan porsi yang amat sedikit.

9. Perubahan rahim
Ada beberapa perubahan yang terjadi pada rahim bunda semenjak kehamilan mulai berlangsung,yaitu perubahan warna lisan rahim bunda : dari pink pucat menjadi kebiru-biruan. Perubahan warna ini disebabkan oleh meningkatnya sirkulasi darah pada diri bunda.

10.Perubahan suasana hati
Berdasarkan studinya terhadap sekelompok perempuan dan ibu yang sedang hamil pada trimester I,Myra Leifer (1977) mengatakan bahwa perempuan hamil sering mengalami perubahan suasana hati . Wanita dengan kepribadian yang kurang stabil biasanya akan lebih mencemaskan keselamatan dirinya. Pikiran negative akan seketika timbul dari pikiran perempuan tersebut. Seperti pola “apakah saya akan anggun lagi sehabis melahirkan?” atau “ apakah suamiku akan setia padaku sehabis melahirkan nanti?”. Sebaliknya perempuan dengan kepribadian yang stabil akan lebih mencemaskan bayi yang ada dalam kandungannya. Wanita stabil akan lebih mencari info-info wacana kehamilan yang baik bagi ibu dan anak.

Baca Juga :  Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan

Perhatian dan sumbangan dari suami juga keluarga akan menstabilkan emosi perempuan yang sedang hamil. Hal ini sanggup meyakinkan bunda biar siap dalam proses mangandung hingga melahirkan nanti.

Catatan :
Tanda-tanda kehamilan pada setiap perempuan bisa berbeda-beda.Informasi-informasi ini saya harapkan sanggup menciptakan suami dan istri lebih siap dalam menghadapi proses kehamilan  karena perubahan-perubahan yang terjadi pada ketika hamil perlu disikapi dengan bijak.

Sumber Terpercaya dari Dokter Spesialis Kehamilan dan Buku Kesehatan. Published on Tanda Awal Kehamilan Untuk Ibu hamil dengan Sehat.

Tags: ibu hamil

Related Post "Tanda Awal Kehamilan Untuk Ibu Hamil Dengan Sehat"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal