Penyebab Keputihan Gatal dan Bau Paling Sering Terjadi

Penyebab Keputihan Gatal dan Bau, keputihan bisa dibilang sebagai salah satu kondisi yang wajar terjadi pada wanita. Masalahnya keputihan yang parah tentunya akan menjadi permasalahan tersendiri bagi wanita. Kondisi keputihan menjadi parah karena dapat menyebabkan kondisi yang tidak nyaman. Selain itu adanya efek samping lain seperti daerah kewanitaan yang bau dan gatal tentunya juga akan memperparah kondisi ini. Sebagai kaum wanita maka akan sangat penting untuk mengetahui beberapa penyebab keputihan gatal dan bau. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan kepada kalian beberapa informasi yang dapat membantu.

Penyebab Keputihan Gatal dan Bau Paling Sering Terjadi

  • Infeksi bakteri

Apabila kondisi infeksi saluran kemih pada ibu hamil dapat diakibatkan oleh adanya bakteri maka kondisi keputihan yang gatal dan bau juga bisa diakibatkan oleh bakteri. Bakteri – bakteri ini apabila tidak segera dibersihkan akan menyebar luas dan bisa menyebabkan adanya gangguan yang lebih parah.

  • Infeksi jamur
Baca Juga :  Jenis Jus yang Meningkatkan Kesuburan Rahim Agar Cepat Hamil

Karena pada dasarnya keputihan diakibatkan oleh adanya infeksi jamur. Maka keberadaan jamur yang membuat kondisi daerah kewanitaan menjadi berbeda baik dalam hal pH ataupun lainnya. Selain itu juga bisa menyebabkan kondisi keputihan yang gatal dan bau. Banyak juga sabun daerah kewanitaan yang menawarkan fungsi untuk membantu keseimbangan pH daerah kewanitaan untuk mencegah adanya jamur.Penyebab Keputihan Gatal dan Bau

  • Radang panggul

Dapat sisebabkan oleh kondisi radang panggul. Radang panggul adalah suatu kondisi infeksi bakteri yang menyerang daerah ovarium sampai ke serviks atau leher rahim. Kondisi ini biasanya akan diikuti dengan adanya nyeri pinggang saat hamil atau bahkan pada saat tidak hamil.

  • HPV

Penyebab keputihan gatal dan bau adalah HPV. HPV atau yang dikenal juga dengan Human papillomavirus adalah virus yang dapat menyebabkan tumbuhnya kutil. Ada sekitar 100 jenis HPV dan 40 diantaranya akan menyerang daerah kulit kelamin yang menimbulkan adanya kutil kelamin. Virus akan sangat mudah menyerang tubuh dengan sistem kekebalan yang rendah, oleh karena itu kenali juga berbagai virus lainnya seperti virus zika pada ibu hamil.

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Kualitas Sperma
  • Penggunaan sabun kewanitaan

Penggunaan sabun kewanitaan yang mengandung pewangi secara rutin juga bisa menyebabkan keputihan yang gatal dan bau. Adanya pewangi atau parfum sebagai salah satu kandungan sabun kewanitaan sebenarnya sangat tidak dianjurkan.

  • Kurang dijaganya kebersihan

Penyebab utama adanay kondisi keputihan yang gatal dan bau tentunya adalah karena kebersihan tubuh tidak terjaga dengan baik. Selain itu cara membersihkan daerah kewanitaan yang salah juga dapat menjadi penyebab adanya kondisi ini. Mandi minimal 2x dalam sehari dan jangan lupa untuk membersihkan daerah kewanitaan dari bagian depan ke belakang.

  • Stress

Sama seperti bahaya akibat kelelahan pada ibu hamil yang dapaat menurunkan kondisi kesehatan tubuh, stress juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Akibat dari stress yang berkepanjangan maka daya tahan tubuh seseorang akan menurun dan mudah terserang berbagai penyakit.

Baca Juga :  6 PERLENGKAPAN IBU HAMIL YANG PENTING UNTUK DIMILIKI

Jadi itulah beberapa penyebab keputihan gatal dan bau yang bisa saya bagikan kepada Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda mengetahui lebih mengenai kondisi ini. Terima kasih karena telah meluangkan waktu Anda dengan mengikuti website kami dan membaca semua artikel – artikel dari kami. Temukan juga artikel menarik lainnya seperti cara mengatasi keputihan saat hamil muda paling mudah dan juga beberapa artikel lainnya yang tentunya akan sangat menarik dan informatif untuk dibaca.

Tags: Penyebab Keputihan Gatal dan Bau

Related Post "Penyebab Keputihan Gatal dan Bau Paling Sering Terjadi"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut