Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Setelah Caesar

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Setelah Caesar, sakit pinggang yang bunda rasakan setelah melahirkan caesar itu merupakan hal yang lumrah dan normal. Mungkin banyak sekali yang merasa khawatir dan takut mengalami bahaya operasi caesar, karena merasakan sakit pinggang yang sampai tak tertahankan. Namun jika ibu tidak tahu apa penyebab dan cara mengatasinya maka bisa jadi sangat khawatir. Berikut ini semua pembahasan mengenai sakit pinggang setelah melahirkan caaesar pertama kali, termasuk penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Sakit Pinggang Setelah Caesar

Apa penyebabnya? Sakit pinggang pasca melahirkan secara caesar ini disebabkan karena dampak yang terakumulasi sejak masa kehamilan bunda. Nyeri atau sakit pinggang yang bunda rasakan karena selama kehamilan, tulang belakang harus menanggung beban yang cukup berat. Karena tulang belakang harus menyangga kehamian dan tentu saja walau bunda sudah melahirkan efek nyeri itu masih ada.

Selain disebabkan karena pengaruh kehamilan. Sakit pinggang yang bunda rasakan itu bisa juga disebabkan karena adanya faktor hormonal setelah melahirkan yang menyebabkan sendi-sendi jadi tidak stabil dan jadi nyeri sehingga bunda mengalami sakit pinggang. Bunda tidak perlu khawatir karena sakit pinggang atau nyeri yang bunda rasakan ini normal dan bisa pulih dalam waktu beberapa bulan lagi. Dan biasanya jika sakit pinggang tidak berlangsung lama maka itu bukan bagian dari resiko operasi caesar.Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Setelah Caesar

Baca Juga :  12 TANDA-TANDA MELAHIRKAN BAYI SANGAT DEKAT

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Setelah Caesar

  1. Hindari aktifitas berat
    Pemulihan rahim pasca caesar sekaligus pemulihan sakit pinggang yang harus bunda lakukan adalah dengan menghindari aktifitas yang berat. Sebaiknya selama 6 minggu pasca operasi caesar, bunda istirahat total terlebih dahulu. Hindarilah aktifitas yang berat dan melelahkan karena itu bisa menyebabkan sakit pinggang bunda jadi makin parah. Selain untuk mengatasi sakit pinggang, berhenti beraktifitas berat juga bisa membantu dalam pemulihan Rahim. Karena setelah bunda melakukan operasi caesar tentu saja Rahim masih lemah dan butuh pemulihan. Jadi jangan memaksakan aktifitas yang berat ya bunda, terutama langsung kembali bekerja segera setelah melahirkan caesar. Hal itu bisa mendatangkan banyak resiko di masa depan.
  2. Minum obat
    Tips yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang setelah melahirkan caesar adalah dengan minum obat pereda nyeri. Rasa nyeri yang Anda alami setelah melahirkan itu tentu saja membuat bunda menjadi tidak mood seharian dan harus menahan rasa sakit atau nyeri. Hal itu tentu saja membuat Anda menjadi tidak nyaman ya. Jika bunda ingin sakit pinggang segera sembuh maka bunda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri misalnya saja acetaminofen. Pastikan jika bunda mengkonsumsi antibiotik untuk ibu menyusui ya. Karena ibu yang hamil dan menyusui tidak boleh minum obat yang sembarangan, kami menyarankan supaya Andan berkonsultasi dahulu kepada dokter apakah obat sakit pinggang yang akan Anda konsumsi itu aman atau tidak ya.
  3. Berendam dengan air hangat
    Berendam dalam air hangat ternyata bisa membantu untuk menagatasi berbagai masalah nyeri seperti misalnya nyeri punggung dan juga nyeri pinggang. Jika kalian merasa sakit pinggang dan sakit pungung pasca operasi caesar maka kami menyarankan supaya mandi dan berendam dalam air hangat. Karena dengan berendam di dalam air hangat akan membantu melegakan sakit pinggang. Kabar baiknya, berendam dengan air hangat tidak hanya bisa menyembuhkan sakit pinggang saja. Ternyata berendam di dalam air hangat bisa membantu untuk mengatasi stress juga. Berendam dalam air hangat ternyata memiliki banyak manfaat dan bunda harus mencobanya.
  4. Melakukan olahraga
    Tips yang selanjutnya adalah dengan mulai melakukan olahraga untuk ibu menyusui. Sebelum melakukannya bunda harus berkonsultasi dahulu kepada dokter ya apakah sudah boleh atau belum. Kami menyarankan agar bunda berolahraga setelah 6 minggu pasca operasi caesar dan pastinya dengan seizin dokter. Lakukan olahraga ringan seperti melakukan pemanasan atau rajin jalan kaki dan olahraga yang aman untuk ibu menyusui. Tujuan bunda melakukan olahraga ini adalah untuk menguatkan kembali otot di perut dan juga membantu memulihkan tulang belakang sehingga bunda tidak mengalami sakit pinggang lagi.
  5. Terapi relaksasi

Mungkin saja sakit pinggang setelah melakukan operasi caesar juga bisa terjadi karena tubuh yang sangat lelah saat merawat bayi yang baru lahir. Untuk mengatasinya maka lebih baik ibu mencoba terapi relaksasi. Terapi ini bisa berupa pijatan lembut pada area belakang tubuh termasuk dengan akupresure dan jenis terapi lain. Namun terapi ini harus dilakukan profesional agar lebih tepat dan tidak terjadi komplikasi.

Nah itu dia beberapa informasi penting yang bisa kami sampaikan kepada bunda mengenai sakit pinggang setelah melahirkan caesar pertama kali. Namun jika bunda mengikuti cara-cara di atas maka bunda akan segera membaik. Dan jika rasa sakit berkelanjutan maka lebih baik untuk segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

Tags: Cara Mengatasi Sakit Pinggang Setelah Caesar Penyebab Sakit Pinggang Setelah Caesar

Related Post "Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Setelah Caesar"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup