Keluar Gumpalan Darah Saat Hamil 6 Minggu : Bahaya atau Tidak – Penyebab dan Cara Mengatasi

Keluar Gumpalan Darah Saat Hamil 6 Minggu : Bahaya atau Tidak – Penyebab dan Cara Mengatasi
Berbagai penyebab pendarahan saat hamil memang mengkhawatirkan. Seringkali pendarahan saat hamil harus memaksa ibu untuk mendapatkan tindakan kuret karena keguguran. Hampir semua ibu hamil yang mengalami pendarahan berpikir jika itu awal dari keguguran. Kecuali jika itu terjadi sebelum ibu mendapatkan tanda positif atau saat proses implantasi dimana sel telur yang sudah dibuahi sel sperma menempel pada dinding rahim. Berikut ini Kami akan menyampaikan mengenai informasi keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu yang lengkap dengan bahaya, penyebab dan cara mengatasinya.

Bahaya atau Tidak?

Bekuan darah atau gumpalan darah adalah masalah yang sangat serius saat kehamilan baru masuk trimester pertama. Dalam pemeriksaan kehamilan trimester 1 maka dokter akan mencari tanda-tanda jika ada masalah pada janin ibu. Adanya gumpalan darah yang keluar biasanya terjadi ketika tubuh mengirim trombosit untuk memblokir laju aliran darah. Kemudian darah akan membentuk gumpalan yang bisa melindungi saat persalinan. Gumpalan darah yang keluar selama hamil bisa jadi itu tanda bahaya atau tidak sama sekali. Jadi yang bisa menentukan apakah kondisi ibu sedang dalam tahap bahaya atau kondisi yang normal adalah dokter Anda. Jangan segan untuk segera melakukan pemeriksaan ketika ibu mengalami keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu.

Baca Juga :  15 TIPS USIA KEHAMILAN 7 BULAN YANG PENTING

Penyebab

  • Menderita penyakit tertentu sebelum hamil
    Adanya kondisi medis tertentu bisa menyebabkan ibu mengalami gumpalan darah saat hamil. Ini bisa terjadi saat awal trimester atau akhir trimester. Biasanya ibu yang sudah lama istirahat di tempat tidur karena terkena bahaya morning sickness mungkin juga bisa mengalami gumpalan darah ini. Ini memang kondisi yang aneh sehingga mungkin tidak terjadi pada semua ibu hamil.Keluar Gumpalan Darah Saat Hamil 6 Minggu : Bahaya atau Tidak – Penyebab dan Cara Mengatasi
  • Duduk terlalu lama
    Ibu hamil juga bisa mengeluarkan gumpalan darah karena duduk terlalu lama. Kemudian jika cara duduk ibu salah maka resiko ini juga meningkat. Misalnya seperti duduk dengan kaki disilangkan selama beberapa jam dan tidak bergerak sama sekali. Atau duduk dengan posisi yang sama selama beberapa jam yang bisa menyebabkan bahaya duduk terlalu lama bagi ibu hamil.
  • Ibu mungkin dehidrasi
    Salah satu bahaya dehidrasi bagi ibu hamil adalah bisa menyebabkan keluarnya gumpalan darah. biasanya ini kondisi dehidrasi yang sudah lama sehingga ibu benar-benar kurang cairan. Dehidrasi sangat berbahaya untuk ibu sehingga mungkin ibu tidak memiliki sirkulasi darah yang cukup untuk tubuh dan janin dalam rahim.
  • Gangguan hati dan ginjal
    Penyakit seperti gangguan hati dan ginjal juga bisa membuat ibu mengeluarkan gumpalan darah selama hamil 6 minggu. Kondisi ini berhubungan dengan fungsi hati dan ginjal yang memang tidak baik sehingga aliran darah dalam tubuh ibu tidak lancar. Akhirnya juga bisa menggangu kesehatan janin Anda.
  • Adanya gangguan kehamilan
    Gumpalan darah juga bisa menjadi masalah yang sangat serius selama hamil. Terlebih kehamilan ibu memang masuk di awal trimester sehingga mungkin saja gumpalan darah keluar saat hamil. Ini bisa berhubungan dengan masalah seperti: keguguran di awal kehamilan, gejala kehamilan ektopik, kehamilan mola, infeksi pada janin dan penyakit pada janin yang membuat janin tidak bisa bertahan.
Baca Juga :  BAYI TERLILIT TALI PUSAT, BISA MELAHIRKAN NORMAL?

Cara Mengatasi

  • Jika karena masalah pembekuan darah
    Dokter biasanya akan mengatasi gumpalan darah sesuai dengan penyebabnya. Jika ibu mengalami gumpalan darah karena pembekuan darah maka dokter akan memberikan obat untuk membantu proses pembekuan darah bisa normal lagi. Jenis obat yang aman untuk ibu dan janin.
  • Pemberian obat antikoagulan
    Dokter juga bisa saja memberikan suntikan antikoagulan pada perut ibu. Ibu tidak perlu khawatir karena ini biasanya tidak berbahaya untuk janin ibu. Jarum biasanya sangat pendek dan akan mempengaruhi lapisan tipis dibawah jaringan lemak dan kulit. Kemudian obat bisa bekerja untuk mengatasi gumpalan darah agar bisa berhenti dan kondisi kehamilan ibu normal.
  • Perawatan di rumah sakit
    Perawatan di rumah sakit atau bed rest mungkin sangat diperlukan jika kondisi ibu memang sangat lemah. Biasanya ini akan membuat dokter bisa memantau kondisi ibu secara bertahap. Ibu mungkin tidak diijinkan untuk banyak bergerak karena gerakan bisa memicu kontraksi yang bisa menjadi keguguran.
  • Tindakan kuret
    Dokter juga bisa melakukan kuret jika gumpalan darah itu merupakan tanda keguguran dan dampak kehamilan yang tidak normal. Kuret perlu dilakukan untuk membersihkan semua sisa janin dan darah yang masih melekat pada lapisan dinding rahim. Ibu biasanya membutuhkan waktu istirahat sebentar setelah kuret di rumah sakit dan selanjutnya bisa pulang di hari yang sama.
  • Tindakan medis lain
    Jika gumpalan darah disebabkan karena kondisi medis kehamilan seperti kehamilan mola atau kehamilan ektopik maka dokter biasanya memberikan solusi berupa tindakan operasi. Operasi dilakukan untuk mengangkat janin yang ada di tuba falopi juga mengangkat indung telur agar ibu masih bisa hamil lagi dan tidak terjadi komplikasi.
Baca Juga :  8 MANFAAT AIR KELAPA UNTUK IBU HAMIL

Mungkin hanya itu yang dapat kami ketahui mengenai keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu. Semoga bisa bermanfaat untuk ibu – ibu hamil, sehingga ibu hamil bisa tahu apakah kondisi ini berbahaya atau tidak. Semua memang sangat tergantung dengan penyebabnya sehingga dokter bisa menemukan cara yang tepat untuk mengatasi.

Tags: Keluar Gumpalan Darah Saat Hamil 6 Minggu

Related Post "Keluar Gumpalan Darah Saat Hamil 6 Minggu : Bahaya atau Tidak – Penyebab dan Cara Mengatasi"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
6 Ciri Ciri Hamil Anak Kembar Yang Tidak Anda Duga
6 Ciri Ciri Hamil Anak Kembar memang