Hal-hal yang Dialami Bunda pada Periode Trimester 2

Hal-hal yang Dialami Bunda pada Periode Trimester 2. Kehidupan bunda pada masa trimester II (dua) mulai “normal” kembali. Gangguan-gangguan kehamilan yang terjadi selama trimester I pada umumnya sudah tidak terjadi pada trimester II. Mual-mual di waktu pagi,muntah atau perubahan suasana hati yang kuat,umumnya sudah pulih kembali. Pada masa ini bunda sudah sanggup menjalani kehidupan sehari-hari,mendekatu kondisi sebelum bunda hamil.

gangguan kehamilan yang terjadi selama trimester I Hal-hal yang Dialami Bunda Pada Masa Trimester 2

Pada trimester II,ada beberapa hal yang biasa terjadi pada bunda. Adapun hal-hal yang khas dialami sewaktu kehamilan trimester II itu,antara lain :

a. Tendangan bayi itu… Menggemaskan !

Tendangan bayi? Ya sesuatu bentuk awal terjalinnya komunikasi antara bunda dan janin,sehingga bunda dan calon bayi mempunyai apa yang disebut inner-bonding. Maksudnya,calon bayi dan bunda mulai menjalin ikatan bati sejak di dalam kandungan.

Tendangan-tendangan kecil itu mulai menggemaskan ibu di awal trimester II. Tendangan bayi umumnya tidak begitu terasa ketika bunda sedang sibuk melaksanakan pekerjaan. Pada dikala bunda aktif maka bayi agak berkurang tendangannya. Makara bunda tidak perlu khawatir apabila pada siang hari bunda kurang mencicipi tendangan bayi. Mungkin ia terus menendang-nendang dengan tendangan lembut tapi bunda tidak mencicipi kehadirannya.

Sebenarnya tendangan bayi relatif tetap antara siang dan malam hari,tetapi bunda sanggup lebih mencicipi tendangan tersebut pada dikala malam hari ketika akan berangkat tidur alasannya ialah pada dikala itu bunda dalam keadaan rileks dan tidak melaksanakan kegiatan apapun. Sehingga gerakan yang lembut sekalipun sanggup bunda rasakan. Tendangan-tendangan si calon buah hati,kapan pun waktunya mengajak bunda untuk berkomunikasi dengannya. Makara jangan sia-sia kan waktu bunda ya untuk berkomunikasi dengan calon buah hati bunda. Bunda sanggup mengajaknya berbicara atau mulai mengajak sang ayah untuk mulai dekat dengan makhluk kecil didalam rahim bunda.

Baca Juga :  Menyikapi Dan Mengatasi Gangguan Khas Kehamilan Dengan Baik

b. Meningkatnya minat terhadap Jima’

Memasuki trimester II, minat bunda terhadap jima’ tidak saja mulai kembali normal. Justru pada masa ini minat terhadap jima’ itu justru lebih besar. Beberapa andal bahkan melaporkan bahwa di trimester II merupakan puncak minat istri terhadap jima’ . Meskipun begitu beberapa perempuan masih tetap tidak tertarik melaksanakan jima’. Hal ini terjadi alasannya ialah calon ibu takut mengalami komplikasi atau risiko yang sanggup menyebabkan keguguran maupun ketaknormalan pada bayi nantinya. Dan ketakutan itu sanggup bersumber dari mitos-mitos yang tidak sanggup dipertanggungjawabkan,ataupun dari buku-buku ilmiah. Sebagian buku ilmiah memang memuat problem ini,tetapi saya perhatikan tidak ada alasan ilmiah yang sanggup dipertanggungjawabkan. Dan sejauh yang saya pahami,tidak ada satupun anutan islam yang mutlak melarang untuk berafiliasi seksual selama kehamilan.

c. Punggung pegal

Desakan janin dalam rahim menciptakan punggung menanggung beban yang lebih berat. Punggung kurang relaks sehingga ia gampang pegal dan nyeri. Kondisi yang kurang nyaman ini sanggup meningkat pada trimester III,ketika sentra gravitasi badan tidak berimbang alasannya ialah pembesaran perut kearah depan.

Cara menangani sakit punggung pada dikala hamil yaitu :

  • Tidak duduk terlalu lama
  • Duduk bersandar dengan posisi 600 atau 750
  • Duduk dengan menggunakan sandaran yang pas mengenai punggung
  • Menyelingi dengan berdiri atau berjalan kaki sejenak,jika masih harus duduk untuk waktu yang cukup lama.
  • Tidur dengan posisi 150 atau 300
  • Menggunakan bantal yang lebih banyak pada dikala tidur semoga punggung sanggup lebih relaks
  • Tidur yang lebih baik ialah dengan posisi miring dan satu tangan di letakkandi bawah bantal. Tangan lain bersandar pada pinggul,kaki atas bertumpu pada bantal. Hindari tidur terlentang dengan posisi datar.Ini sanggup menyebabkan ketegangan pada perut,kram pada farji,dan akan menyebabkan punggung terasa lebih sakit.
Baca Juga :  Tanda Awal Kehamilan Untuk Ibu Hamil Dengan Sehat

d. Mual-mual berkurang

Pada masa ini bunda akan mencicipi mual-mual yang bunda alami mulai berkurang dibandingkan pada trimester I, meskipun masih mungkin terjadi. Bunda tetap sanggup berdiri pagi dengan normal asal bunda menjaga dari hal-hal yang memang secara potensial sanggup menyebabkan mual-mual terjadi lagi, contohnya perut terlalu kosong. Hal ini berbeda dikala pertama mengetahui tanda-tanda kehamilan untuk ibu sehat.

e.Hidung kadang terasa penuh

Memasuki trimester II,gangguan khas yang sanggup bunda alami ialah hidung terasa penuh. Hidung menjadi lebih sensitif bahkan kadang kala terasa geli. Gangguan khas ini sanggup meningkat menjadi pembengkakan pada hidung atau hingga hidung berdarah(mimisan). Tapi bunda tidak perlu khawatir alasannya ialah ini wajar. Hal ini sanggup terjadi akhir peredaran darah yang semakin besar jumlahnya. Gangguan ini tidak perlu perawatan khusus,hanya perlu penanganan kecil dari bunda sendiri.

f. Detak jantung bayi mulai terdengar

Kebahagian bunda ialah ketika mencicipi ada kehidupan yang lengkap dari makhluk mungil dalam dirinya. Detak jantung bayi mulai terdengar sehingga di dalam diri bunda ada dua detak jantung. Detak jantung ini biasanya mulai sanggup didengar pada bulan kelima kehamilan.

g. ASI mulai keluar

ASI kadang kala mulai terasa merembes pada payudara bunda,sehingga payudara lembab. Keluarnya ASI ini mungkin secara terperinci sanggup dirasakan dan mungkin begitu bunda sadari . Ini ialah hal wajar. ASI yang merembes keluar pada dikala ini merupakan penggalan dari colostrums,cairan ASI yang pertama kali keluar dikala bunda pertama kali menyusui. Sekedar informasi,colostrums sangat baik untuk bayi,warnanya agak kuning.

Baca Juga :  5 Ciri-ciri Wanita Sedang Hamil

h. Bayi mulai mendengar bunyi ibu

Bayi mulai sanggup mendengar bunyi bunda dikala kehamilan berusia 4 bulan. Prof.Dr.Hassan Hathout,dalam Revolusi Seksual Perempuan:Obstetri & Ginekologi dalam Perspektif Islam menulis bahwa organ yang pertama kali berkembang pada bayi ialah pendengaran.Maka dari itu pada masa ini bunda harus berilmu dalam menyaring suara-suara yang masuk ke indera pendengaran bunda,karena ini merupakan pendidikan awal dari bunda kepada janin.

Pada masa ini juga bunda harus sering berkomunikasi dengan bayi semoga bunda tidak menjadi gila lagi dengan dia.

Catatan :

Hal-hal yang dialami perempuan yang sedang hamil sanggup berbeda-beda,apabila bunda mengalami gangguan yang tidak biasa bunda sanggup memeriksakannya ke dokter. Dan saya harap hal ini sanggup menjadi rujukan dan sumber wawasan yang gres bagi calon ibu yang akan menghadapi masa kehamilan. Untuk gosip wacana “hal-hal yang dialami bunda pada trimester III” bunda sanggup membacanya di artikel saya wacana Hal-hal yang dialami bunda pada masa trimester III .

Have nice time, Bunda ! Terimakasih telah membaca wacana Hal-hal yang dialami bunda pada masa trimester 2.

Tags: ibu hamil

Related Post "Hal-hal yang Dialami Bunda pada Periode Trimester 2"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut