Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan

6 fakta wanita tampak lebih cantik saat hamil

Image: stardustatkeson.com

Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan – Banyak hal, gejala, dan bencana yang dialami oleh seorang ibu ketika sedang hamil khususnya pada masa awal yaitu ahad pertama, ahad kedua, dan ketiga. Dengan mengetahui beberapa tips dan kiat ini seorang bunda sanggup melihat tingkat kesuburan yang baik dan menjalani masa awal kehamilan dengan sehat. Bagaimana hal-hal yang dialami bunda pada masa awal kehamilan ?

MINGGU PERTAMA

Minggu ini ialah masa yang paling kritis dari masa kehamilan yang lainnya sehingga pada ketika ini bunda perlu menjaga kondisi emosi bunda semoga selalu dalam kondisi tenang. Pada masa ini kandungan bunda masih terlalu muda sehingga masih sangat rentan terhadap gangguan fisik maupun psikis. Tekanan-tekanan emosi juga sanggup mengganggu kehamilan bunda, jadi bunda perlu hati-hati dengan emosi bunda. Bunda perlu mengatur emosi semoga tetap stabil dan tidak membahayakan janin.

Jika bunda mengalami kecemasan atau ketidakbahagiaan yang ekstrem dan terus berlanjut selama masa kehamilan berlangsung ada kemungkinan terjadi perubahan glandular,yang berkaitan dengan emosi,yang menimbulkan gangguan kimiawi pada badan bunda (Sontag,1941). Hal ini juga sanggup mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan bunda, dan menjadikan keganjilan pada anak jikalau tekanan emosi yang ekstrem itu terjadi pada minggu-minggu pertama sesudah berlangsungnya konsepsi,kata Stott(1971).

Trimester I

Selama tida bulan pertama bunda hamil, bunda akan mengalami perubahan-perubahan fisiologi maupun psikis yang kuat.Perubahan-perubahan ini menimbulkan bunda mengalami gangguan khas kehamilan. Gangguan-gangguan khas yang telah saya sebutkan pada artikel Tanda Awal Kehamilan untuk Ibu Hamil dengan Sehat.

Selain gangguan khaskehamilan yang telah saya sebutkan pada artikel sebelumnya,ada beberapa hal lagi yang perlu bunda tahu selama kehamilan pada trimester I ini :

a. Bayi mulai terbentuk

Perlu bunda ketahui, masa ini ialah masa perkembangan yang paling cepat. Pada masa tiga bulan,nuthfah berkembang dan mencapai bentuknya sebagai insan yang “utuh” pada simpulan bulan ke tiga. Bentuk janin pada simpulan  trimester I, sudah menyerupai insan tetapi masih belum sempurna.

b. Ngidam makanan

Perubahan selama trimester I menimbulkan munculnya kebutuhan-kebutuhan terhadap zat-zat tertentu yang dibutuhkan badan untuk kelangsungan kehamilan yang sehat. Ini menimbulkan bunda ngidam terhadap jenis-jenis masakan tertentu. Kebutuhan akan zat tertentu,misalnya ekstra zat besi diikuti perubahan-perubahan suasana hati yang menonjol. Dan kadang menimbulkan bunda ngidam yang aneh-aneh.
Ngidam (craving) merupakan tanda-tanda yang masuk akal bagi perempuan yang sedang hamil pada trimester I. Kadang-kadang sanggup berlanjut hingga trimester III.

c. Pantang makanan

Ada sebagian perempuan yang berpantang terhadap makanan. Ia tidak menyukai jenis-jenis masakan tertentu,meskipun sebelumnya sanggup jadi jenis masakan itu merupakan hidangan favorite bunda. Pantang masakan ini merupakan bentuk lain dari apa yang oleh Trethowan disebut sebagai dulled-taste (selera yang “bodoh”).

Sebaiknya bunda perlu mempertimbangkan kembali pantangannya terhadap makanan,jika masakan itu merupakan hidangan utama dalam keluarga. Sikap bijak tersebut dibutuhkan semoga anggota keluarga yang lain tidak merasa kurang nyaman dengan pantan masakan bunda.

d. Kepala sering berkunang-kunang dan terasa berat
Pada trimester ini bunda akan sering merasa berkunang-kunang terutama jikalau terlalu sering banyak duduk. Hal ini masuk akal dan normal dialami oleh setiap perempuan pada trimester ini,jadi bunda tidak perlu cemas dan khawatir.

e. Praktis mengantuk
Sampai nanti kehadiran bayi dalam rahim bunda benar-benar terasa maka bunda akan sering merasa gampang mengantuk. Hal ini sanggup terjadi alasannya ialah kondisi fisik bunda yang gampang lelah dan malas melaksanakan acara sehari-hari.

f. Lembab pada farji
Memasuki masa kehamilan,gejala khas yang sanggup bunda rasakan ialah meningkatnya kelembaban pada tempat farji (vagina) . Meningkatnya fatwa darah ke tempat farji menimbulkan sekresi meningkat. Akibatnya vagina bunda dalam keadaan basah.

Alternatif yang sanggup bunda pakai jikalau kelembaban sudah mengganggu ialah menggunakan pembalut wanita,sebagaimana yang dipakai pada ketika haid. Hanya saja bunda harus lebih sering menggantinya. Juga harus diperhitungkan apakah penggunaan itu tidak menciptakan fatwa darah terganggu? Misalnya terlalu ketatnya celana dalam, alasannya ialah adanya benda lain (pembalut).Celana dalam yang terlalu ketat juga tidak baik bagi tempat farji bunda. Kaprikornus hindari pemakaian celana dalam yang ketat selama masa kehamilan.

Apabila bunda merasa tidak nyaman menggunakan pembalut,bunda sanggup juga menggunakan celana dalam saja asal bunda harus sering menggantinya setiap waktu terasa lembab.

g. Edema
Pembengkakan ialah hal yang biasa dialami oleh perempuan hamil,terutama pada wilayah betis keatas.Tetapi ada juga edema yang terjadi pada kepingan tangan. Edema terjadi alasannya ialah cairan berlebih dalam tubuh. Bunda tidak perlu khawatir apabila bunda mengalami edema pada trimester I alasannya ialah edema pada masa ini biasanya belum merupakan gangguan berarti bagi bunda. Biasanya edema mulai mengganggu bunda pada usia kehamilan trimester III, alasannya ialah pada usia ini janin mulai membesar dan pembuluh darah pada badan bunda pun juga membesar.

h. Perasaan cemas
Setiap calon ibu niscaya akan mempunyai rasa cemas , apalagi calon ibu yang sedang hamil anak pertama mereka. Kecemasan sanggup keluar dengan sendirinya dari diri bunda tanpa bunda inginkan. Kecemasan itu kemungkinan wacana kondisi janin bahkan kondisi bunda sendiri. Hal itu masuk akal bagi bunda yang sedang hamil tetapi kecemasan yang hiperbola bukan saja menciptakan bunda tidak sanggup menikmati masa kehamilan bunda tetapi juga mempengaruhi perkembangan janin dalam rahim bunda, apalagi kecemasan yang tinggi itu terjadi mulai dari bulan pertama kehamilan.

i. Perubahan tingkah laku
Selama trimester I, perubahan tingkah laris mungkin banyak terjadi pada diri bunda menyerupai perubahan fisiologis bahkan perubahan mood. Bunda mungkin juga tidak menyadari perubahan tingkah laris yang terjadi pada diri bunda.

Tidak problem yang berarti jikalau isteri maupun suami sama-sama memahami perubahan tingkah laris ini. Kesadaran bahwa perubahan tingkah laris merupakan reaksi penyusuaian yang alamiah, mendorong isteri dan suami untuk menyikapinya secara lebih bijak. Itulah tadi hal-hal yang dialami bunda pada masa awal kehamilan.

Catatan :

Hal-hal yang dialami perempuan yang sedang hamil sanggup berbeda-beda, apabila bunda mengalami gangguan yang tidak biasa bunda sanggup memeriksakannya ke dokter. Dan saya harap hal ini sanggup menjadi rujukan dan sumber wawasan yang gres bagi calon ibu yang akan menghadapi masa kehamilan. Untuk gosip wacana “hal-hal yang dialami bunda pada trimester II” bunda sanggup membacanya di artikel saya wacana Hal-hal yang dialami bunda pada masa trimester II .

Have nice time, Bunda !

Baca Juga :  Tips Tetap Berpuasa Untuk Ibu Hamil

Tags: ibu hamil

Related Post "Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut