15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut

15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut – Pada awal kehamilan para ibu muda atau calon ibu yang belum pernah sama sekali mengalami kehamilan yang sebelumnya pasti merasakan banyak kekhawatiran. Berbagai gejala yang umumnya terjadi saat kehamilan juga sedikit banyak membuat calon ibu was-was. Banyak tanda dan gejala yang dirasakan oleh ibu hamil, mulai dari mual, sakit punggung, ngidam, hingga rasa lemas yang terjadi secara terus menerus.

Namun selain itu ada salah satu ciri yang paling sering terjadi saat mau hamil ialah sakit perut. Banyak orang yang menganggap sakit perut merupakan masalah yang serius dalam proses kehamilan, padahal sebenarnya hal itu tidak selamanya benar. Karena setiap sakit perut di bagian tertentu memiliki arti khusus yang berbeda. Agar tidak lagi keliru dan takut saat mengalami sakit perut yang sering terjadi saat hamil, berikut berbagai 15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut.

15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut

  1. Kram perut
    Jadi, kram perut saat hamil muda normalkah? Kram perut merupakan salah satu tanda anda hamil. Keram perut membuat wanita tidak nyaman karena dilanda rasa sakit yang luar biasa. Keram perut saat mau hamil tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan keram perut saaat menjelang menstruasi. Namun biasanya keram perut disusul dengan kemunculan flek atau bercak darah dengan warna yang lebih terang dari pada darah haid, dan hanya tidak banyak hanya sedikit. Biasanya keram perut yang timbul pada kehamilan disebabkan oleh berbagai tekanan mulai dari otot, sendi atau pembuluh darah, namun keram perut juga bisa terjadi setelah berhubungan suami istri.15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
  2. Sakit perut bagian bawah
    Sakit perut di bagian bawah disebabkan oleh kenaikan hormon yang banyak meningkat secara terus menerus selama proses kehamilan. Hal ini akan membuat rasa sakit pada bagian bawah perut dan perasaan tidak nyaman. Biasanya tanda ini juga sering dirasakan seperti ketika akan datang menstruasi, tapi tidak ada darah sampai Anda melewatkan periode selama 1 – 2 minggu.
  3. Sakit perut sembelit
    Sembelit bisa terjadi saat mau hamil sebab hormon juga membuat perut merasa kesulitan buang air besar, sehingga pada akhirnya wanita yang mau hamil biasanya akan merasakan sembelit yang cukup menganggu. Berbagai masalah susah BAB saat hamil ini akan semakin parah jika ibu selalu kurang serat. Jadi pertimbangkan untuk banyak mengkonsumsi serat dari sayuran dan buah.
  4. Sakit perut mual
    Jenis sakit perut lainnya pada awal kehamilan adalah sakit perut yang diakibatkan karena mual. Mual dan perasaan ingin muntah secara terus-menerus akan membuat asam lambung naik dan merasakan sakit pada bagian perut. Tapi perhatikan juga tanda perbedaan mual hamil atau maag sehingga lebih jelas. Mual hamil bisa terjadi sepanjang hari dan biasanya membuat Anda tidak bisa merasa lapar.
  5. Sakit perut dekat kandung kemih
    Hal ini disebabkan karena saat berada dalam kehamilan atau mau hamil, wanita biasanya sering kencing saat hamil. Kantung kemih tertekan sehingga membuat hasrat untuk buang air kecil meningkat. Oleh karena itu jika wanita tidak sengaja menahan pipis akan menimbulkan rasa sakit pada bagian bawah dekat dengan kandung kemih. Untuk mengatasi hal ini anda bisa meminum segelas air putih hangat.
  6. Sakit perut karena gas dalam tubuh
    Sakit perut karena kembung disebabkan oleh penumpukkan gas dalam perut. Gas ini bisa berupa kentut atau sendawa terus menerus. Hal ini terjadi karena hormon yang berfungsi sebagai penenang bagi otot-otot tubuh anda meningkat. Untuk mengatasi masalah sakit perut yang di akibatkan oleh gas kita bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi banyak makanan berserat dan juga konsumsi air putih yang banyak.
  7. Sakit perut nyeri tajam
    Sakit ini terjadi seperti tertusuk-tusuk dan menyebabkan nyeri yang berkepanjangan. Hal ini biasanya wajar dialami oleh ibu yang baru memasuki awal kehamilan atau mau hamil. Untuk jenis penganangan yang bisa dilakukan adalah dengan berbaring sambil menkompres perut dengan es batu.
  8. Sakit perut ligament bundar
    Sakit perut ini adalah jenis sakit yang ringan atau bahkan menusuk dalam waktu yang singkat. Bagian bawah atau di salah satu sisi perut merupakan tempat dimana sakit ini biasa terjadi. Meskipun sakit perut ini jarang terjadi pada awal kehamilan, namun dalam beberapa kasus tidak sedikit wanita yang juga mengalami sakit perut ligament bundar ini.
  9. Sakit perut setelah makan
    Sakit perut setelah makan biasanya terjadi akibat saat berada pada awal kehamilan wanita umumnya merasakan perubahan terhadap suatu makanan tertentu. Hal ini dapat menimbulkan sakit perut. Intinya adalah perut ibu kemungkinan menjadi sangat sensitif sehingga Anda perlu waspada dengan jenis makanan tertentu.
  10. Sakit perut setelah orgasme
    Saat berada dalam masa awal kehamilan, berbagai gejala memang umunya timbul pada calon ibu. Yang mungkin terjadi adalah salah satunya sakit perut setelah orgasme. Hal ini disebaban oleh kontraksi normal atau peningkatan darah ke daerah panggul. Tidak ada yang perlu anda khawatirkan sebab ini merupakan hal wajar dan biasa terjadi di masa awal kehamilan.
  11. Sakit perut karena gangguan pencernaan
    Karena pada awal kehamilan banyak hormon yang meningkat produksinya, maka metabolism tubuh juga sedikit banyak terganggu. Hal ini menyebabkan sakit perut akibat kita tidak cocok mengkonsumsi makanan tertentu yang biasanya jarang terjadi.
  12. Sakit perut kembung
    Hal ini terjadi akibat pelebaran rahim yang terjadi selama awal kehamilan. Organ bagian dalam seperti usus akan terganggu sehingga membuat perut anda menggelembung dan disertai rasa mual. Karena itu ibu juga harus menghindari semua jenis makanan yang bisa menyebabkan perut kembung saat hamil. Ibu hanya perlu mengkonsumsi nutrisi yang benar-benar menyehatkan untuk tubuh.
  13. Sakit perut bagian atas
    Sakit perut bagian atas biasanya diiringi dengan sesak nafas. Hal ini terjadi akibat terjadi perubahan struktur bagian dalam tubuh sejalan dengan perubahan rahim yang terus berkembang sejak awal kehamilan. Sakit perut bagian atas biasanya disebabkan oleh tekanan tulang rusuk yang membuat anda tidak nyaman saat berada di posisi tertentu.
  14. Sakit perut akibat perkembangan rahim
    Sakit perut ini dirasakan di sekitar daerah bawah perut yang menyebabkan kita tidak nyaman dalam beraktifitas. Sakit ini bisa berupa sakit perut pada biasanya dan jelas tidak berbahaya. Dengan adanya perkembangan ini anda justru sebaliknya senang sebab berarti rahim dan proses kehamilan berjalan dengan lancar tanpa kendala. Sebaiknya jika mengalami sakit perut seperti ini hindari mengangkat barang atau benda berat demi menghindari dari kemungkinan keguguran atau masalah pendarahan.
  15. Sakit perut secara umum
    Sakit perut ini biasanya datang secara menyeluruh di semua bagian perut. Hal ini bisa terjadi akibat makanan, virus, atau kepekaan terhadap bahan makanan tertentu yang mungkin saja terjadi di awal kehamilan. Sakit perut yang biasa ini pada awalnya sulit untuk dijelaskan sehingga biasanya ibu tidak tahu jika sedang hamil.
Baca Juga :  TIPS PROGRAM BAYI KEMBAR SECARA ALAMI DAN MEDIS

Jadi jangan takut atau khawatir terlebih dahulu saat mengalami sakit perut mungkin itu Tanda Hamil Muda. Tentunya kita juga harus menjaga gaya hidup yang memiliki peran penting dalam proses awal kehamilan. Kemudian jangan lupa untuk terus melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Tags: 15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut Tanda hamil muda

Related Post "15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
6 Ciri Ciri Hamil Anak Kembar Yang Tidak Anda Duga
6 Ciri Ciri Hamil Anak Kembar memang