Penyebab Telat Haid 10 Hari pada Remaja

Umumnya remaja akan mengalami menstruasi pertama kali pada usia 12 tahun atau 14 tahun. Menstruasi atau haid akan menjadi pertanda bahwa anak remaja Anda sudah dewasa dan mengalami berbagai tanda kedewasaan pada organ reproduksi. Siklus menstruasi pada remaja umumnya masih sangat normal yaitu antara 28 hari. Namun terkadang remaja juga bisa mengalami penyebab wanita telat datang bulan selama lebih dari 10 hari. Namun telat haid 10 hari normalkah pada remaja dan apa penyebabnya? Simak informasinya berikut ini.

Normal atau Tidak?

Masalah haid yang tidak teratur pada remaja dianggap hal yang wajar secara medis. Namun jika periode menstruasi menjadi sangat lambat maka itu dianggap hal yang tidak baik. Ketika remaja memiliki siklus haid normal 28 hari dan kemudian telat selama 10 hari, maka itu hal yang tidak normal. Biasanya remaja mengalami terlambat haid pada periode antara 35 sampai 40 hari. Jika pada bulan berikutnya haid juga tidak datang maka itu bukanlah hal yang normal. Anda perlu segera membawa anak remaja Anda untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan untuk menemukan penyebabnya.

Baca Juga :  Proses Mitoni, Ritual Tujuh Bulanan dalam Adat Jawa

Penyebab Telat Haid 10 Hari pada Remaja

  1. Variasi lama haid
    Pada bulan pertama maka rejama bisa mengalami haid selama 2 atau tiga hari saja dengan sangat lancar. Namun pada bulan berikutnya mungkin akan terjadi selama lebih dari 7 hari dan tidak lancar. Masalah ini juga akan menjadi penyebab nyeri haid berlebihan yang membuat remaja menjadi tertekan. Sebenarnya variasi masa haid dianggap hal yang normal karena organ reproduksi remaja memang sedang tumbuh. Ini hal yang dianggap wajar asalkan remaja tidak mengalami rasa sakit yang berlebihan.Penyebab Telat Haid 10 Hari pada Remaja
  2. Adanya perubahan hormon
    Ketika remaja maka tubuh akan berkembang dan diikuti dengan banyaknya perubahan hormon yang sangat jelas. Biasanya terkadang anak mengalami menstruasi yang lancar dan terkadang juga tidak. Setelah adanya ciri ciri anak mau menstruasi pertama pada anak maka biasanya saat itu perubahan hormon akan dimulai. Kemudian dengan pengaruh berbagai aktifitas anak dan tingkat stres maka hormon akan berubah dan ini membuat menstruasi terlambat sangat lama.
  3. Akibat olahraga berlebihan
    Jika anak remaja Anda dididik menjadi atlit maka mereka akan melakukan latihan secara rutin. Proses ini ternyata bisa menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Bahkan dengan melakukan cara menghitung siklus haid dengan kalender, maka kemungkinan menstruasi tidak akan terjaga. Latihan akan mendorong perubahan hormon yang sangat cepat, yang kemudian juga berpengaruh pada organ reproduksi. Akhirnya menstruasi menjadi tidak teratur.
  4. Stres
    Stres pada remaja juga menjadi pemicu haid yang tidak teratur. Jika sudah datang haid maka biasanya akan merasa sangat sakit. Stres akan mengacaukan sistem hormon yang normal dalam tubuh remaja. Biasanya remaja sering mengalami stres karena pengaruh lingkungan di sekolah, tuntutan di sekolah, masalah dengan orang tua atau keluarga dan berbagai masalah lain. Remaja putri cenderung menyimpan perasaan mereka karena ini tahap awal menjadi dewasa. Akhirnya mereka tidak haid teratur yang juga termasuk dalam macam-macam gangguan haid.
  5. Anorexia
    Remaja yang memiliki berat badan berlebihan biasanya akan mendapatkan tekanan termasuk di lingkungan sekolah. Karena itu mereka merasa malu dan ingin menurunkan berat badan. Cara diet yang dilakukan remaja sering sangat ekstrim sehingga ini juga akan memicu gangguan makan seperti anorexia. Kemudian masalah ini akan membuat haid menjadi tidak teratur. Bahkan jika sudah parah maka bisa saja tidak haid selama beberapa bulan.
  6. Pengaruh aktif atau dewasa lebih cepat
    Saat ini memang jaman berkembang dengan pesat. Remaja terlihat dewasa lebih cepat. Segera setelah anak mengenal lingkungan yang bebas maka mereka tertarik untuk melakukan tindakan orang dewasa. Berbagai tindakan ini akan menyebabkan hormon berubah dengan cepat dan kemudian memicu haid tidak normal. Bahkan masalah ini juga bisa berhubungan dengan kehamilan yang tidak disadari karena dianggap pergaulan yang biasa.
Baca Juga :  5 Tip Untuk Wanita yang Haidnya Tidak Teratur

Jadi telat haid 10 hari normalkah pada remaja? Kalian bisa membaca kembali bagaimana siklus menstruasi yang normal untuk remaja putri. Bahkan kalian bisa menganalisa penyebabnya dan temukan solusi yang paling tepat untuk mengatasinya.

Tags: Penyebab Telat Haid 10 Hari pada Remaja