Penyakit yang Disebabkan Kekurangan Gizi pada Bayi

Nutrisi menjadi salah satu hal paling penting untuk tubuh. Nutrisi mengendalikan semua sistem tubuh sehingga tubuh bisa berfungsi dengan baik. Salah satu dampak yang paling mudah terjadi ketika anak-anak kekurangan gizi adalah tubuh yang lebih mudah terkena berbagai jenis penyakit. Tubuh tidak memiliki sistem kekebalan yang baik sehingga berbagai jenis penyakit mudah menyerang. Berikut ini beberapa penyakit karena kekurangan gizi :

Penyakit yang Disebabkan Kekurangan Gizi pada Bayi

1. Anemia

Jenis penyakit ini disebabkan akibat kekurangan vitamin B12. Penyakit ini menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah dan tidak bisa melakukan berbagai aktivitas. Anemia bisa terjadi ketika sel darah merah tidak memiliki banyak oksigen sehingga menyebabkan jaringan tubuh menjadi lebih lemah. Ada berbagai kondisi tertentu yang sering menyebabkan anemia pada bayi seperti kelainan sel darah merah. Anemia bisa sangat berbahaya pada bayi bahkan resiko mental dan fisik yang bisa berdampak hingga dewasa.

Baca Juga :  Cara Tes Kehamilan Menggunakan Pasta Gigi

2. Marasmus

Merupakan penyakit yang disebabkan karena kekurangan protein dan kalori. Penyakit ini sering terjadi pada balita yang berumur di bawah satu tahun. Penyebab yang di timbulkan oleh penyakit ini salah satunya adalah akan menjadikan tubuh semakin kurus, berat badan kurang dan menjadikan aktifitasnya tidak normal.Penyakit yang Disebabkan Kekurangan Gizi pada Bayi

3. Kwashiorkor

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang kekurangan vitamin dan mineral. Penderita lebih rentan terkena berbagai penyakit yang disebabkan karena infeksi, bahkan setelah mendapatkan vaksin tertentu.

4. Gondok

Gondok merupakan penyakit yang disebabkan karena kekurangan yodium. Gejala gondok menyebabkan ciri yang sangat khas sehingga bisa menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Penyakit ini paling sering terjadi pada negara-negara yang tidak memiliki kandungan yodium dalam tanah.

Baca Juga :  Penyebab Keputihan Gatal dan Bau Paling Sering Terjadi

5. Beri-Beri

Penyakit akibat kekurangan gizi pada bayi yakni vitamin B1. Penyakit ini akan menyerang saraf dan bisa menyebabkan berbagai penyakit komplikasi. Penyakit ini akan menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah dan tidak bisa melakukan berbagai kegiatan. Perawatan dilakukan dengan menambahkan nutrisi yang mengandung vitamim B1.

6. Pellagra

Penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin B3. Penyakit akibat kekurangan gizi pada balita ini, juga bisa disebabkan karena perubahan metabolisme protein dalam tubuh.

7. Rakhitis

Penyakit yang disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan vitamin D. Akibatnya maka tubuh tidak bisa menyerap kalsium dengan baik, sehingga akan mengganggu pada perkembangan tulang. Vitamin D bisa di dapatkan dari sinar matahari di pagi hari.

Baca Juga :  Penyakit yang Bisa Menyebabkan Kalian Susah Hamil

Dampak yang ditimbulkan oleh bayi yang kekurangan gizi sangatlah besar. Maka dari itu sebagai orang tua harus menjaga dan merawat anaknya dengan penuh ketelitian karena bayi sangatlah rawan untuk terkena penyakit. Oleh karenanya harus mengikuti yang namanya program untuk mengontrol berat badan, tinggi badan dan berbagai faktor lain yang menunjukkan anak-anak tumbuh dengan sehat dan baik.

Mungkin itu yang dapat kami berikan mengenai penyakit yang disebabkan karena kekurangan gizi pada bayi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sang bunda.

Tags: Penyakit yang Disebabkan Kekurangan Gizi pada Bayi

Related Post "Penyakit yang Disebabkan Kekurangan Gizi pada Bayi"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut