Manfaat Minum Susu Hamil

Manfaat Minum Susu Hamil, salah satu cara untuk memenuhi gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan adalah dengan mengkonsumsi susu ibu hamil. Ada banyak jenis susu khusus ibu hamil mulai dari susu untuk awal kehamilan sampai selama masa kehamilan. Susu ini memiliki desain bahan khusus yang akan membantu tubuh ibu menjadi lebih sehat selama hamil. Namun beberapa ibu masih ragu, apakah harus selalu minum susu ini selama hamil? berikut ini penjelasan mengenai minum susu hamil sampai usia kandungan berapa bulan dan manfaatnya.

Minum Susu Hamil Sampai Usia Kandungan Berapa Bulan?

Banyak ibu hamil yang merasa takut untuk minum susu sampai akhir kehamilan menjelang persalinan. Semua itu terjadi karena ibu percaya bahwa minum susu terus menerus selama hamil bisa menyebabkan bayi besar dalam kandungan. Akibatnya ibu juga merasa takut jika harus melahirkan secara caesar. Namun ternyata susu hamil bisa dikonsumsi dari mulai awal kehamilan sampai akhir kehamilan dengan syarat ibu cukup sehat. Ibu yang mengalami obesitas dan gestational diabetes sebaiknya minum susu hamil sesuai syarat dokter. Jadi tidak ada batasan kapan harus berhenti minum susu hamil selama ibu hamil.

Manfaat Minum Susu Hamil

  1. Mendukung pertumbuhan janin
    Hal yang paling menyenangkan untuk ibu hamil adalah ketika bisa menikmati perkembangan janin 1 bulan sampai lahir dengan selamat dan sehat. Susu hamil sudah dirancang khusus untuk ibu hamil agar sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Susu hamil mengandung nutrisi seperti vitamin D, protein, kalsium dan bahan lain yang akan menjaga pertumbuhan janin yang sehat.Manfaat Minum Susu Hamil
  2. Menjaga kesehatan tulang ibu dan janin
    Janin yang sedang tumbuh dalam rahim ibu akan menyerap kalsium dari tubuh ibu dan nutrisi yang dialirkan melalui plasenta. Inilah yang akan menyebabkan janin bisa memiliki tulang yang sehat dan kuat sesuai perkembangan yang normal. Kemudian tubuh ibu akan membutuhkan jumlah kalsium yang lebih tinggi. Dan inilah yang akan membuat ibu hamil terhindari dari akibat ibu hamil jarang minum susu hamil.
  3. Menjaga pertumbuhan bayi
    Salah satu cara meningkatkan berat badan janin adalah dengan mengkonsumsi susu hamil selama kehamilan. Susu hamil dirancang mengandung protein khusus yang akan membantu menguatkan rahim agar tidak mengalami keguguran, meningkatkan aliran darah dari tubuh ibu ke janin dan membantu menjaga jaringan tubuh janin. Konsumsi susu yang mengandung protein inilah yang akan membuat pertumbuhan janin menjadi normal.
  4. Mencegah penyakit rakhitis neonatal
    Susu hamil dengan berbagai merek juga sangat penting untuk menjaga agar bayi lahir tidak terkena rakhitis neonatal. Ini adalah penyakit yang akan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah dan juga penyakit tulang rapuh akibat kekurangan vitamin D. Karena itu ketika ibu hamil minum susu maka tubuh ibu bisa mendapatkan bantuan vitamin D sampai lebih dari 60 persen.
  5. Mengatasi morning sickness
    Morning sickness memang sangat biasa dialami oleh ibu hamil di awal trimester pertama. Untuk mengatasinya maka bisa minum susu hamil khusus untuk ibu hamil trimester satu. Susu hamil ini biasanya tidak mengandung lemak dan dirancang untuk membantu mengatasi mual dan muntah. Bahkan susu hamil ini juga penting untuk mencegah maag pada awal kehamilan.
  6. Mencegah stres
    Susu hamil ternyata juga sangat penting untuk mencegah stres pada ibu hamil. Hal ini disebabkan karena susu akan membuat perut ibu menjadi lebih nyaman. Ibu tidak akan kehilangan cairan yang terlalu banyak akibat terus muntah. Kemudian susu bisa membuat perasaan ibu menjadi lebih tenang karena berbagai enzim di dalamnya.
  7. Menjaga kesehatan sel tubuh
    Susu hamil ternyata juga sangat penting untuk menjaga kesehatan sel tubuh dengan baik. Susu hamil mengandung asam amino yang sangat kaya. Berbagai jenis asam amino ini bisa membuat ibu menjadi lebih nyaman dan juga mendukung pertumbuhan janin. Susu juga mengandung vitamin E yang bisa menjadi sumber antioksidan. Ini termasuk bahan yang akan menurunkan resiko kanker pada ibu dan janin.
  8. Baik untuk mata dan perkembangan mata janin
    Susu hamil sering menjadi nutrisi yang akan mencegah janin agar tidak lahir cacat. Terutama cacat yang terjadi pada bagian mata. Susu hamil mengandung vitamin A yang penting untuk mata. Ketika vitamin ini masuk ke dalam tubuh maka akan menjaga agar semua organ mata ibu sehat selama hamil sampai melahirkan. Dan tentu saja akan membuat janin tumbuh dengan kesehatan mata yang baik.
  9. Menjaga sistem kekebalan tubuh
    Jika ibu hamil sering mengkonsumsi susu kambing maka itu sangat baik untuk ibu dan janin. Jenis susu ini akan bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga agar ibu hamil tidak mudah sakit. Biasanya ada jenis susu hamil yang terbuat dari susu kambing. Namun sebaiknya susu sudah diolah menjadi susu bubuk dan melewati proses pasteurisasi.
  10. Menjaga kesehatan jantung ibu dan janin
  11. Menjaga kolesterol tubuh
  12. Mencegah cacat janin
Baca Juga :  8 TIPS IBU HAMIL DALAM PERAWATAN KECANTIKAN

Jadi Anda sudah tidak ragu dengan minum susu hamil sampai usia kandungan berapa bulan dan manfaatnya bukan? Susu hamil tidak perlu dihindari sampai melahirkan. Anda hanya perlu mengatur porsi minumnya saja agar tidak berlebihan.

Tags: Manfaat Minum Susu Hamil

Related Post "Manfaat Minum Susu Hamil"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal