Cara Mengatasi Telat Datang Bulan 1 Minggu Karena Stres

Salah satu penyebab haid tidak teratur adalah ketika Anda mengalami stres. Hal ini paling sering terjadi pada remaja dan wanita dewasa. Atlit dan wanita yang bekerja sangat keras kemungkinan akan mengalami masalah ini. Biasanya terlambat datang bulan tidak terlalu lama tapi sekitar 1 minggu saja. Meskipun ini hanya terlambat 1 minggu ternyata memang sangat tidak nyaman. Karena itu kami akan memberikan cara mengatasi telat datang bulan 1 minggu karena stres, seperti berikut ini.

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan 1 Minggu Karena Stres

  1. Mandi dan berendam dengan garam epsom
    Stres sering menyebabkan terlambat datang bulan karena itu akan mengacaukan sistem hormon. Ini akan menjadi salah satu dari macam-macam gangguan haid yang sangat tidak nyaman untuk remaja. Untuk mengatasinya maka cobalah mandi atau berendam dengan garam epsom. Garam akan membuat tubuh menjadi lebih santai dan kemudian membuat hormon Anda kembali normal. Langkah ini bisa langsung Anda lakukan setelah menemukan gejalanya.
  2. Tidur dan bangun tidur tepat waktu
    Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup maka hormon stres akan meningkat dengan cepat. Dan ini akan membuat masalah menstruasi menjadi lebih buruk. Untuk mengatasinya maka Anda bisa mencoba tidur tepat waktu dan bangun di waktu yang sama. Misalnya Anda tidur jam 10 malam dan bangun pada jam 5 pagi. Lakukan terus menerus sampai ada tanda menstruasi akan datang.Cara Mengatasi Telat Datang Bulan 1 Minggu Karena Stres
  3. Jangan minum kopi
    Mungkin Anda berpikir jika kopi bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang. Kemudian Anda bisa bersantai dan tidak memikirkan terlambat datang menstruasi. Namun kopi memberi dampak buruk seperti bahaya kopi bagi ibu hamil. Hormon dalam tubuh Anda menjadi tidak seimbang dan level stres juga akan meningkat. Jika sudah seperti ini maka cobalah berhenti minum kopi dan ganti dengan jus yang menyehatkan.
  4. Coba minum jus wortel
    Stres bisa membuat hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Untuk mengatasi masalah hormon ini Anda juga bisa minum jus wortel. Wortel mentah mengandung komponen seperti vitamin A, K, C, B6, kalium, serat, folat, dan tembaga. Semua bahan ini akan mengembalikan kadar hormon yang tidak seimbang. Wortel juga mengandung zat besi yang bisa membuat siklus menstruasi kembali normal. Karena itulah manfaat wortel untuk ibu hamil dan janin bahkan sangat menyehatkan.
  5. Gel lidah buaya setiap pagi
    Jika Anda merasa sudah sakit perut seperti kram tanda menstruasi namun menstruasi tidak datang maka ini tanda masalah hormon yang sangat serius. Untuk mengatasi masalah ini maka cobalah mengkonsumsi gel lidah buaya sebanyak satu sendok, tambahkan madu dan makan sebelum makan pagi. Gel lidah buaya mengandung komponen seperti asam amino, asam salisilat, asam folat, vitamin A, B12, C dan E. Semua bahan ini akan menjaga organ reproduksi bekerja secara normal.
  6. Minum teh jahe
    Jahe adalah bahan penuh khasiat yang sangat baik untuk masalah terlambat menstruasi. Ini juga sudah terbukti dengan adanya manfaat jahe untuk ibu hamil untuk mengatasi berbagai keluhan. Jahe mengandung bahan seperti vitamin C, magnesium, kalium, mangan dan tembaga. Bahan ini akan menjadi zat yang bisa melancarkan sistem peredaran darah, membersihkan racun dan membuat mentruasi Anda menjadi lebih lancar.
  7. Makan pepaya masak
    Pepaya juga sangat baik untuk masalah terlambat menstruasi karena stres. Pepaya mengandung bahan seperti papain yang akan merangsang rahim bekerja lebih baik. Pepaya akan membuat otot rahim menerima rangsangan dengan baik kemudian membuat menstruasi menjadi lebih lancar. Semua itu karena pepaya mengandung bahan seperti vitamin C, folat, karoten, vitamin B, magnesium, serat, kalium, tembaga dan asam pantotenat.
  8. Minum serbuk biji madu kering dan madu
  9. Minum jus anggur
  10. Minum susu dan kunyit
  11. Cobalah yoga
  12. Minum teh biji adas
Baca Juga :  Jenis-jenis Minuman yang Harus di Konsumsi Ibu Hamil

Jadi seperti inilah cara mengatasi telat datang bulan 1 minggu karena stres. Memang ini kondisi yang wajar namun jika terjadi terus menerus maka hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Bahkan dampak buruknya bisa berpengaruh pada kesuburan. Jadi cobalah untuk memilih salah satu cara yang nyaman untuk Kalian.

Tags: Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Related Post "Cara Mengatasi Telat Datang Bulan 1 Minggu Karena Stres"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut