Mengetahui Masa Subur Pria

Mengetahui masa Subur Pria, penting terutama bagi laki-laki yang telah memiliki istri dan berencana untuk segera memiliki momongan. Seorang pria dianggap subur jika spermanya mampu membuahi sel telur milik perempuan dan menjadikan wanita itu hamil. Masa subur pria susah di tebak, namun dengan mengetahui kapan kiranya masa subur pria, mari langsung saja kita simak di bawah ini :

Mengetahui masa Subur Pria

Meski berbeda dengan perempuan, sebenarnya masa subur pria juga bisa ditentukan, hanya saja tidak rutin satu bulan sekali seperti perempuan. Pada laki-laki, dikatakan sedang berada dalam masa subur adalah lebih kepada waktu. masa subur pria adalah di pagi hari atau pada saat musim dingin atau musim di mana suhu udara lebih rendah dari biasanya sebab testis sendiri sangat sensitif terhadap suhu ruang. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas sperma yang dihasilkannya.

Baca Juga :  5 NUTRISI AGAR BAYI CERDAS SEJAK DALAM KANDUNGAN

Umumnya, jumlah sel sperma yang dikeluarkan saat pagi hari di musim dingin dapat menghasilkan lebih banyak. Karenanya, disarankan untuk melakukan hubungan di pagi hari saat musim dingin untuk meningkatkan peluang pembuahan. Di daerah tropis, masa subur pria biasanya pada saat pagi hari di mana suhu udara terbilang masih rendah terutama saat musim hujan.Mengetahui masa Subur Pria

Sperma hasil ejakulasi biasanya mampu bertahan di dinding rahim wanita selama kurang lebih 2 sampai 3 hari, bahkan ada yang sampai satu minggu walaupun jarang terjadi. Untuk itu semakin banyak sperma yang dikeluarkan, maka kemungkinan yang masih bertahan selama selang waktu tersebut juga masih banyak, sehingga memperbesar kemungkinan untuk terjadinya pembuahan.

Tingkat Kesuburan Pria

Sperma diproduksi semenjak laki-laki mulai memasuki usia pubertasnya (sekitar 12-13 tahun) dan masih berlanjut sampai usia lanjut sekalipun. Artinya, sampai usia tua sekalipun laki-laki masih mampu memproduksi sperma yang kemungkinan besar bisa membuahi sel telur perempuan. Hal paling mendasar untuk menentukan apakah seorang pria itu subur atau tidak ialah dengan memerhatikan kualitas sperma yang dihasilkannya. Cara menentukan kualitas sperma yang paling tepat memang dengan melakukan tes atau uji laboratorium terhadap sperma itu sendiri. Uji laboratorium terhadap sperma meliputi volume, pH, warna, jumlah dan bentuk spermatozoa, gerak sperma, bahkan sampai baunya.

Baca Juga :  6 CARA MUDAH MENGETAHUI MASA SUBUR

Sperma yang normal dan sehat akan menunjukkan hasil sebagai berikut:

  1. Volumenya 2 milliliter atau lebih.
  2. Jumlah spermatozoa sekitar 20.000.000 per milimeter
  3. Gerakannya gesit dan baik, paling sedikit sekitar 30 minutes dari seluruh sperma yang dikeluarkan harus bisa bergerak dengan cepat.
  4. Minimal memiliki 30 minutes sperma yang berukuran normal dari keseluruhan yang dikeluarkan saat ejakulasi
  5. Tingkat keasaman (pH) berada pada kisaran 7,2 sampai 8
  6. Berwarna kelabu pucat
  7. Memiliki bau yang khas
  8. Pada pria dewasa, volume normal cairan sperma yang dikeluarkan adalah sekitar 2 sampai 5 milliliter atau jika ditakar secara kasar adalah kurang lebih satu sampai dua sendok makan.

Nah itu tadi beberapa cara untuk mengetahui masa subur pria. Semoga bermanfaat untuk kalian semua khususnya bagi suami istri yang sedang ingin memiliki keturunan.

Tags: Masa Subur Pria

Related Post "Mengetahui Masa Subur Pria"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut