Bahaya Batuk Buat Ibu Hamil dan Janin

Batuk tidak boleh disepelekan oleh ibu yang sedang hamil, karena batuk bisa membahayakan kehamilan dan juga janin. Batuk akan menjadi bahaya jika menyebabkan gangguan kesehatan bagi ibu hamil misalnya saja infeksi sinus, penyakit paru-paru. Gangguan yang terjadi secara tidang langsung bisa berpengaruh terhadap bayi yang ada didalam kanndungan. Berikut ini berbagai macam bahaya batuk yang bisa terjadi pada ibu hamil :

Bahaya Batuk Buat Ibu Hamil dan Janin

1. Keguguran

Jika sang ibu mengalami batuk pada saat usia kehamilan masih muda bisa mengalami keguguran. Karena suara batu yang keras dan juga tekanan yang di timbulkan akan menimbulkan tekanan di bagian perut. Otomatis bagian diafragma juga akan ikut mengalami tekan, sehingga akan mudah mengalami keguguran.

2. Lahir Prematur

Ibu hamil bisa melahirkan bayi secara pematur dikarenakan suara batuk yang keras akan membuat bayi terdorong ke luar dari rahim. Hal itu bisa terjadi bagi ibu hamil yang memiliki kandungan lemah dan juga serviks lunak. Serviks yang lunak bisa menyebabkan bayi terdorong keluar dari rahim secara tidak sadar.Bahaya Batuk Buat Ibu Hamil dan Janin

Baca Juga :  5 FAKTA GERAKAN BAYI MENENDANG DALAM KANDUNGAN

3. Kematian Janin

Ibu hamil yang mengalami komplikasi batuk bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan mengalami kematian. jika sang ibu hamil mengalami batuk yang diakibatkan oleh penyakit paru-paru. Segeralah sang ibu hamil harus mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Karena jika tidak segera ditangani bisa membahayakan nyawa janin yang ada di dalam kandungannya.

4. Menimbulkan Rasa Nyeri

Batuk yang dialami oleh ibu hamil juga bisa menyebabkan rasa nyeri di perut. Ibu hamil yang mengalami nyeri perut akan merasakan kesakitan, sebab nyeri perut itu akan terasa seperti kontraksi dini. Rasa nyeri di perut bisa diredakan dengan berbaring di tempat tidur dengan posisi tidur yang baik saat hamil. Posisi kepala harus lebih tinggi dibandingkan dengan posisi tubuh.

5. Janin Terkena Infeksi

Ibu hamil yang terkena batuk akibat infeksi, dapat menular ke janin yang ada di dalam kandungannya. Dikarenakan adanya kuman penyebab infeksi itu bisa menembus plasenta dan masuk ke dalam tubuh bayi. Sehingga bayi yang sudah dimasuki kuman infeksi akan ikut terkena infeksi seperti ibunya.

Baca Juga :  2 ASURANSI KEHAMILAN & PERSALINAN DI INDONESIA

6. Rentan Terkena Virus

Virus bisa mudah merasuk ke dalam plasenta bayi, virus itu juga hidup di dalam aliran darah ibu hamil. Saat hamil, sel darah merah ibu dibagi menjadi dua yaitu untuk sang ibu dan bayi yang ada di dalam kandungannya. Tidak heran jika melalui plasenta dan juga melalui aliran darah bayi bisa terkena dengan virus sang ibu.

7. Perubahan Suhu

Batuk bisa membuat perubahan suhu di dalam rahim. Terutama ibu hamil yang mengalami batuk disertai dengan demam bisa membuat ibu hamil memiliki suhu tubuh yang ttinggi. Pada dasarnya bayi tidak boleh dengan suhu tubuh yang tinggi. Sehingga janin yang ada di dalam kandungan bisa mengalami lemas dan ibu yang sedang hamil muda bisa mengalami keguguran.

8. Berat Badan Bayi Rendah

Ibu hamil yang mengalami batuk dalam jangka waktu yang lama dikhawatirkan bisa melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah. Alasannya adalah ketika batuk, nafsu makan ibu hamil cenderung berkurang. Itulah yang bisa menyebabkan ibu hamil bisa melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah.

Baca Juga :  5 POSISI & CARA DUDUK IBU HAMIL YANG BENAR

9. Pendarahan

Batuk yang dialami oleh ibu hamil yang memiliki kandungan lemah dan pernah keguguran. Batuk saat hamil bisa menyebabkan flek bercak darah ibu hamil.

10. Sesak Nafas

Ibu hamil yang mengalami batuk rentan untuk terkena sesak nafas. Karena batuk itu bisa mempersempit saluran pernafasan bagi ibu hamil. Jika ibu mengalami sesak nafas, asupan oksigen di dalam tubuh akan berkurang begitu pula dengan asupan oksigen di dalam tubuh janin yang dikandung oleh ibu. Oksigen sangatlah penting untuk ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Membiarkan ibu hamil tetap mengalami sesak nafas bisa membuat bayi lemas di dalam kandungan.

Tags: Bahaya Batuk Buat Ibu Hamil dan Janin

Related Post "Bahaya Batuk Buat Ibu Hamil dan Janin"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut