10 Penyebab Keguguran saat Hamil Muda

10 Penyebab Keguguran saat Hamil Muda, banyak ibu hamil yang bertanya-tanya mengapa hamil muda begitu rentan keguguran. Memang keguguran tidak hanya terjadi pada saat hamil muda saja, namun ada juga yang usia kandunganya sudah menginjak usia 22 minggu masih ada yang keguguran. Jadi wajib sekali bagi ibu hamil untuk mengetahui hal apa saja yang bisa menimbulkan keguguran.

Ibu hamil dengan kehamilan pertama biasanya baru memiliki sedikit pengetahuan tentang kehamilan. Berikut beberapa penyebab keguguran :

10 Penyebab Keguguran saat Hamil Muda

1. Kondisi Rahim Yang Lemah
Rahim dengan kondisi ini sangat sulit dan biasanya sangat rewel ketika mengalami kehamilan. Hal ini dikarenakan dinding rahim tempat embrio menempel terlalu rentan dan lemah untuk bisa menopang berat embrio. Oleh karenanya, wanita dengan kondisi seperti ini harus banyak beristirahat saat usia kandungan menginjak 22 minggu.

2. Kondisi Ibu Hamil Tidak Fit
Kondisi cuaca yang ekstim juga harus di waspadai untuk ibu hamil, karenan dapat menimbulkan tubuh sang ibu hamil tidak fit. Hal itulah yang menyebabkan kondisi kesehatan ibu hamil mudah terganggu terutama saat cuaca seperti ini. Jika kondisi ibu hamil tidak segera pulih maka kehamilannya akan rentan keguguran.

Baca Juga :  Bahaya Batuk Buat Ibu Hamil dan Janin

10 Penyebab Keguguran saat Hamil Muda

3. Kehamilan Yang Tidak Diketahui
Banyak ibu hamil pertamanya baru akan sadar saat usia kandungannya menginjak usia tiga bulan. Jika ibu hamil tidak tahu kalau dirinya sedang hamil. Penyebab ketidaktahuan ibu hamil itu adalah ibu hamil sejak awal menikah menggunakan pil KB. Efek samping dari pil KB bisa membuat seorang ibu hamil tidak mengalami menstruasi, sedangkan tanda kehamilan juga tidak menyebabkan seorang wanita menstruasi.

4. Menderita Penyakit Tertentu
Wanita yang menderita penyakit tertentu juga dapat menimbulkan keguguran. Jadi sebaiknya sebelum merencanakan pernikahan atau kehamilan wanita memeriksakan dirinya ke dokter. Apakah kondisi rahimnya bagus, sel telurnya bagus dan tentunya apakah wanita tersebut memiliki penyakit tertentu.

5. Usia

Wanita yang rentan untuk keguguran adalah wanita yang mengandung di usia 35 tahun ke atas. Oleh sebab itu, wanita yang akan hamil kembali saat usia kalian 35 ke atas harap konsultasikan ke dokter. Hal ini tidak hanya buat kehamilannya yang pertama saja akan tetapi untuk kehamilan yang ke sekian kalinya juga berpengaruh.

Baca Juga :  Tips Menjaga Kecantikan Wanita saat Hamil

6. Usia Di Bawah 20 Tahun
Sudah dianjurkan untuk anak remaja agar tidak menikah di usia muda. Larangan tersebut bukan karena tanpa alasan namun memiliki alasan yang kuat. Alasannya adalah bahaya hamil di usia muda, dinding rahim belum terlalu kuat untuk menopang embrio. Selain itu rahim juga belum siap untuk menerima kehamilan.

7. Infeksi
Wanita yang memiliki infeksi HPV atau infeksi jamur akan rentan terkena keguguran. Infeksi HV bisa menyerang kandungan sehingga menyebabkan keguguran atau lahir prematur. Sedangkan infeksi jamur yang menempel pada lapisan rahim bisa masuk dan menyerang rahim akibatnya janin akan mudah gugur.

8. Jarak Kehamilan Yang Dekat
Jarak kehamilan minimal adalah dua tahun dari kehamilan sebelumnya. Jika terjadi kurang dari itu janin akan mudah gugur karena kondisi rahim belum pulih benar. Untuk itu dokter menyarankan agar jarak melahirkan dan hamil kembali paling tidak 2 tahun. Untuk mengrhindar dari berbagai masalah kehamilannya.

Baca Juga :  5 Tip Untuk Wanita yang Haidnya Tidak Teratur

9. Pernah Keguguran
Jika anda adalah seorang wanita yang pernah mengalami keguguran akan rentan untuk terkena keguguran kembali. Hal ini dikarenakan kondisi fisik dan rahim anda mendukung untuk terjadinya hal tersebut. Jika anda pernah mengalami riwayat ini sebaiknya menceritakan secara detil pada dokter kandungan.

10. Gaya Hidup
Gaya hidup tidak sehat yang dilakukan wanita akan memicu keguguran dua kali lipat dibandingkan dengan wanita yang menerapkan pola hidup sehat. Gaya hidup yang menyebabkan keguguran adalah :

Merokok
Mengkonsumsi Alkohol.
Mengkonsumi obat-obatan misal obat tidur, heroin dan narkoba.
Bergadang setiap hari.

Penyebab keguguran di atas wajib anda hindari agar janin sehat dan lahir dengan selamat. Kalian harus menghindari penyebab keguguran diatas karenan, agar kandungan yang ada dalam perut tidak terjadi keguguran.

 

Tags: 10 Penyebab Keguguran