Makanan Bernutrisi untuk Ibu Menyusui

Makanan Bernutrisi untuk Ibu MenyusuiMakanan Bernutrisi untuk Ibu Menyusui, ibu menyusui biasanya tidak perlu melakukan perubahan jadwal atau jumlah gizi makanan ketika sedang menyusui. Namun hal yang penting, makanan ibu menyusui harus mampu memberikan nutrisi yang cukup, baik untuk ibu sendiri maupun untuk bayinya.

Makanan Bernutrisi untuk Ibu Menyusui

Beberapa makanan yang dapat dijadikan pilihan untuk mencukupi kebutuhan ibu dan juga sang bayi.

  • Gandum utuh dan beras merah
    Kebutuhan karbohidrat yang bisa didapat dari nasi dan roti tentu saja wajib dipenuhi. Agar tidak semata-mata karbohidrat saja yang masuk, sesekali gantilah menu ini dengan gandum utuh yang lebih kaya serat.
    Gandum utuh juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi ibu dan bayi karena kaya akan asam folat. Anda juga bisa mencampur gandum utuh dengan beras merah untuk menjaga tingkat energi, seperti nasi cokelat bisa dijadikan alternatif karena mampu menyediakan kalori untuk memproduksi ASI dengan kualitas yang tinggi.
  • Telur dan ikan
    Cukupi kebutuhan protein makanan ibu menyusui dengan daging dan telur. Telur mengandung vitamin d yang berperan sebagai pembentuk tulang bayi. Pilihlah telur yang diperkaya DHA untuk mendapatkan kandungan asam lemak esensial yang lebih tinggi.
    Mengkonsumsi ikan, sedikitnya dua porsi seminggu. Karena dengan mengkonsumsi ikan dapat memenuhi kebutuhan protein sang ibu dan juga janin. Pilihlah ikan yang kaya akan DHA, seperti salmon. DHA sendiri selain bagus untuk perkembangan sistem saraf bayi, juga berperan mengurangi stres pasca melahirkan bagi sang ibu.
  • Buah dan sayuran
    Buah dan sayuran memiliki peran penting dalam perkembangan ibu dan anak. Serat dalam kandungan buah dan sayuran sangat baik bagi sistem pencernaan ibu menyusui. Pastikan buah dan sayuran yang Anda konsumsi bebas dari pestisida.
  • Produk susu rendah lemak
    Susu dapat meningkatkan penguatan tulang karena kandungan vitamin d, protein dan vitamin b. Baik yoghurt, susu, keju, dan produk susu rendak lemak lainnya merupakan salah satu sumber kalsium terbaik rule dapat membantu pertumbuhan tulang pada bayi Anda.
    Selain itu, hindari makanan olahan sebanyak mungkin karena biasanya tinggi kalori, penambahan gula dan mengandung lemak tidak sehat.

Tags: Makanan Bernutrisi Ibu Hamil