Keputihan Merupakan Tanda Awal Kehamilan

Keputihan Merupakan Tanda Awal KehamilanKeputihan Merupakan Tanda Awal Kehamilan, perubahan yang dialami oleh ibu hamil baik secara fisik akan memicu terjadinya keputihan. Salah satunya terjadi perubahan wujud hormon yaitu aliran darah pada area kewanitaaan yang semakin deras. Meskipun keputihan sangat lazim dialami oleh ibu hamil. Ibu hamil ketika memasuki masa persalian dan menjelang proses melahirkan akan mengalami kondisi ini .

Keputihan Merupakan Tanda Awal Kehamilan

Keputihan yang dialami oleh wanita di awal kehamilan karena kelembapan vagina yang semakin meningkat. Kondisi ini karena adanya perubahan hormon estrogen yang terjadi di awal kehamilan dan di trimester akhir menjelang persalinan.

Berikut perbedaannya yang dapat anda amati ketika mengalami keputihan :

  • Berupa Cairan Putih

Ketika anda mengalami keputihan sebagai tanda-tanda kehamilan. Hal yang umum terjadi adalah perubahan hormonal yang dialami oleh tubuh. Keputihan yang terjadi juga tidak menyebabkan gatal atau iritasi. Keputihan ini berfungsi untuk menghindari area kewanitaan menjadi kering.

  • Berupa Cairan Putih Keabu-abuan

Hati-hati dengan keputihan ini, adanya sekresi hormon yang akan menyebabkan kelebihan bakteri di area kewanitaan. Keputihan ini biasanya akan terlihat saat buang air kecil dan juga akan memicu gatal-gatal di area kewanitaan. Jika sang ibu merasakan hal seperti itu maka segeralah konsultasi dengan dokter sehingga cepet mendapatkan penanganan.

  • Cairan Putih Kekuningan

Salah satu indikasi bahwa area kewanitaan telah ditumbuhi jamur. Terlebih lagi ketika sedang hamil, akan mengakibatkan produksi estrogen dan progesteron yang semakin meningkat. Sehingga jamur akan cepat sekali berkembang dan akan memicu adanya cairan kekuningan. Untuk itu jika sang ibu yang merasakan kondisi ini semakin parah segera konsultasikan dengan dokter .

  • Cairan Keputihan Berbusa

Terakhir adalah pada saat hamil muda yang mengalami keputihan dengan ciri berbusa. Kondisi ini dipicu karena parasit Trichomonas vaginalis. Segera konsultasikan dengan dokter sehingga tidak menganggu selama proses kehamilan sampai dengan melahirkan.

Untuk itu dapat di simpulkan bahwa keputihan dapat dikatakan sebagai tanda kehamilan yang sehat, ketika anda mengalami keputihan yang bening, tidak berbau, tidak menimbulkan gatal. Bagi sang ibu yang mengalami keputihan dan tidak sewajarnya maka segeralah konsultasi kepada dokter, di khawatirkan akan menganggu kesehatan anda selama kehamilan berlangsung.

Tags: Keputihan Merupakan Tanda Awal Kehamilan