Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita, Agar Cepat Hamil

Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita, Agar Cepat HamilUntuk menentukan waktu yang tepat dan baik untuk mendapatkan momongan ataupun menundanya. Kalian harus mengetahui masa subur pada perempuan yang baik. Karena itu sangat pentik untuk seorang wanita untuk tahu bagaimana cara menghitung masa subur wanita yang benar. Agar tidak salah untuk menghitung masa subur seorang wanita maka langsung saja kita simak di bawah ini

Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita, Agar Cepat Hamil

1. Cara menghitung masa subur haid tidak teratur pada perempuan
Cara menghitung masa subur pada perempuan dengan siklus haid teratur jelas berbeda dengan cara menghitung pada perempuan dengan siklus haid tidak teratur. Bagi kalian yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, cara menentukan masa suburnya agak sedikit rumit, karena harus mengetahui siklus menstruasi minimal 6 bulan terakhir.

Satu siklus menstruasi dihitung dari hari pertama kalian menstruasi sebelumnya sampai dengan hari pertama kalian menstruasi berikutnya. Setelah itu, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan masing-masing siklus menstruasi selama 6 kali berturut-turut dan kemudian lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

Misalnya: siklus menstruasi kalian selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan melihat contoh tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai di sini sudah bisa mengetahui masa subur kalian kan.

Juga kalian dapat menghitung masa subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat berada pada posisi paling subur.

Ketahui siklus terpanjang. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat paling subur.

2. Cara menghitung masa subur pada perempuan dengan siklus haid teratur
Bisa juga menggunakan cara menghitung masa subur dengan kalender maupun online, karena cara ini praktis dan mudah. Perhitungan dimulai pada hari pertama menstruasi, saat dinding rahim meluruh dan menjadi darah. Pada masa menstruasi, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Proses ini disebut ovulasi.

Proses ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi.

Masa subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi.

Pada umumnya rata-rata perempuan mengalami masa subur antara hari ke 10 sampai hari ke 17 (setelah hari pertama menstruasi).

Pada umumnya, yang menjadi tantangan adalah lama masa menstruasi perempuan bisa berubah dari waktu ke waktu. Keadaan ini mengakibatkan proses ovulasi bisa menjadi berbeda sepekan lebih cepat atau lebih lambat pada periode selanjutnya.

Selain ditentukan oleh proses ovulasi, terjadinya kehamilan juga ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Supaya dapat terjadi proses kehamilan, sel telur yang telah matang ini harus dibuahi dalam waktu 12 – 24 jam.

Karena pendeknya periode 12-14 jam yaitu waktu sel telur yang harus segera dibuahi membuat begitu penting kemampuan untuk bisa mendeteksi di hari-hari apakah perempuan berada pada posisi paling subur. Pada umumnya supaya dapat benar-benar mengerti masa subur, harus menghitung berdasarkan catatan dan analisis menstruasi selama paling tidak 8 bulan terakhir.

Cara menghitung masa subur , dengan siklus menstruasi teratur, mudah saja. Caranya yaitu mengurangi hari pertama haid yang berikutnya dengan 14, lalu kalian akan mengetahui masa suburnya.

Misalnya: Mulai tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, dan itu adalah hari pertama haid berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah masa subur. 30 – 14 = 16, maka masa subur Kalian tanggal 16 Juli.

Demikianlah cara menghitung subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat untuk kalian semua khususnya bagi wanita.

Tags: Agar Cepat Hamil Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita

Related Post "Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita, Agar Cepat Hamil"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut