5 Tips Olahraga Agar Aman Untuk Ibu Hamil

5 Tips Olahraga Agar Aman Untuk Ibu HamilSelama tidak ada masalah khusus, olahraga sangatlah dianjurkan bagi ibu hamil. Selain itu, olahraga juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempermudah proses persalinan nantinya.

Hanya saja memang ada aturan-aturan khusus yang harus dipergunakan dan diikuti oleh ibu hamil. Secara umum ada

5 Tips Olahraga Agar Aman Untuk Ibu Hamil

  1. Jangan Memaksakan Diri
    Dilansir dari thehealthsite.com, lama waktu olahraga dalam sehari tidak lebih dari 30 menit. Selain itu, ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk melatih dengan kondisi kehamilan yang sekarang. Kondisi kehamilan bisa berbeda untuk setiap wanita dan wanita untuk janin.
  2. Lakukan Perlahan
    Untuk amannya melakukan olahraga dengan perlahan. Jangan terburu-buru atau memvorsir tenaga habis-habisan. Baik itu olahraga angkat beban, jogging, atau yoga, lakukan dengan pelan-pelan. Pastikan tubuh juga tetap saat melakukan olahraga tersebut.
  3. Selalu Ambil Jeda Istirahat Saat Olahraga
    Saat hamil, tubuh biasanya akan terasa lebih cepat gerah atau kepanasan. Kondisi atau lingkungan dengan suhu yang sejuk lebih ideal untuk ibu hamil. Selain itu, saat melakukan olahraga, usahakan untuk selalu mengambil jeda istirahat dalam interval tertentu. Karena detak hati biasanya lebih cepat saat hamil.
  4. Selalu Siapkan Air Putih
    Kebutuhan air putih jangan sampai tidak terpenuhi selama olahraga ketika hamil. Selalu siapkan air putih yang cukup setiap kali melakukan olahraga. Jangan sampai dehidrasi, ya.
  5. Pilih Jenis Olahraga yang Memang Bikin Nyaman
    Tak perlu memaksakan diri melakukan olahraga yang memang tak menyenangkan. Jangan sampai malah bikin stres sendiri dan berakibat pada kestabilan emosi. Pastikan ibu memilih jenis olahraga yang bisa membuat nyaman. Kalau sudah nyaman, rutinitas olahraga pasti akan lebih semangat.
Baca Juga :  BAHAYAKAH SERING MENGANGKAT BEBAN BERAT SAAT HAMIL?

Jika dilakukan dengan benar dan cukup, maka saat hamil dapat memberikan banyak manfaat. Demi keamanan dan kenyamanan, saat berolahraga sebaiknya minta didampingi oleh pelatih atau orang yang sudah berpengalaman ya, ibu.

Nah, itu dia 5 Tips Olahraga Agar Aman Untuk Ibu Hamil. Semoga bermanfaat ya bun.

Tags: 5 Tips Olahraga 5 Tips Olahraga Aman Untuk Ibu Hamil

Related Post "5 Tips Olahraga Agar Aman Untuk Ibu Hamil"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal