5 Faktor Kehamilan yang Mengharuskanmu Istirahat Total di Rumah

5 Faktor Kehamilan yang Mengharuskanmu Istirahat Total di Rumah, menjalani masa kehamilan, wanita harus berhati-hati dan menjaga kesehatan dengan baik. Namun terkadang, meski sudah menjaga kesehatan dengan baik, ada masalah-masalah kesehatan tak terduga yang membuat ibu hamil harus istirahat dan menghindari kegiatan fisik selama beberapa waktu.

5 Faktor Kehamilan yang Mengharuskanmu Istirahat Total di Rumah

1. Risiko melahirkan prematur
Jika kamu dinyatakan melahirkan sebelum usia kehamilan 37 minggu, ini termasuk melahirkan prematur. Risiko melahirkan prematur untuk bayi adalah kurang berkembangnya paru-paru, dan berdarahnya pembuluh darah di mata, otak dan perut. Selain itu ibu hamil jangan sampai kekurangan cairan atau dehidrasi. Karena dehidrasi bisa memperparah risiko melahirkan prematur.

2. Cervical Incompetence
Ini adalah kondisi komplikasi di mana serviks terbuka lebar terlalu cepat sebelum waktunya. Kondisi ini memperbesar kemungkinan keguguran atau persalinan prematur. Ketika kondisi normal, seharusnya serviks tidak melebar hingga usia kandungan tua, namun ini bisa terjadi pada trimester kedua atau awal trimester ketiga. Itulah mengapa dokter akan menyarankan istirahat total.

3. Risiko keguguran
Ada banyak penyebab risiko keguguran dialami ibu hamil, entah karena kondisi kesehatan memburuk seperti stres, kecelakaan dan lain sebagainya. Risiko keguguran bisa terjadi di trimester pertama. Jika enzyme pendarahan selama hamil, risiko keguguran makin besar. Inilah mengapa bed rest dibutuhkan untuk mencegah keguguran.

4. Preklamsia/Hipertensi
Beberapa wanita mengalami hipertensi kehamilan atau disebut juga preklamsia. Naiknya tekanan darah bisa merusak plasenta, menurunnya suplai darah ke bayi melalui plasenta dan meningkatkan risiko stroke untuk ibu. Ketika istirahat total, diharapkan ibu akan mengalami penurunan tekanan darah sehingga bayi di dalam kandungan dan ibu bisa diselamatkan.

5. Plasenta previa
Kondisi plasenta previa adalah ketika sebagian atau seluruh plasenta menutupi mulut rahim. Ketika plasenta menutupi bagian bawah rahim, berarti juga menutupi jalan lahirnya bayi. Ibu hamil kemungkinan akan mengalami pendarahan dan ini berisiko besar, baik untuk keselamatan bayi maupun ibu.

Nah, itu faktor yang menyebabkan ibu hamil mengharuskan istirahat total di rumah. Semoga hal ini tidak terjadi saat kamu hamil dan kandungan tetap sehat.

Tags: Risiko melahirkan prematur