Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Makanan Bergizi untuk Ibu HamilMakanan Bergizi untuk Ibu Hamil, makanan yang bergizi memang sangat penting bagi ibu hamil. Karena sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada dilamnya. Makanan yang di konsumsi ibu hamil harus mengandung gizi yang cukup atau seimbang, artinya makanan yang dikonsumsi harus dapat memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan baik dari segi jenis, kualitas dan kuantitasnya. Berikut

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

  • Pisang

Buah pisang sangatlah baik untuk di konsumsi ibu hamil muda. Karena pisang bisa membantu mengurangi rasa mual yang biasa di alami oleh ibu hamil muda.

  • Bayam

Bayam termasuk sayuran hijau yang baik untuk ibu hamil muda karena banyak sekali mengandung asam folat. Asam Folat yang memadai diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf.

  • Kacang-kacangan

Yang perlu di ketahui ibu hamil muda bahwa kacang-kacangan mengandung banyak sekali protein dan juga serat, oleh karenanya dapat membatu mengatasi rasa sembelit yang juga biasa di rasakan oleh ibu hamil trimester pertama. Hampir 60 persen wanita hamil merasakan yang namanya sembelit. Penyebab sembelit tersebut meliputi tekanan rahim yang semakin besar, hormon progesteron yang memperlambat gerak pencernaan, dan suplemen zat besi.

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

  • Telur

Kuning telur menjadi makanan yang bergizi untuk ibu hamil, karena Kuning telur mengandung kolin. Nutrisi yang sangat berperan penting dalam perkembangan otak janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu juga meningkatkan otak sang ibu. Ibu hamil harus mendapatkan sekitar 450 mg choline setiap harinya. Dan jika sang ibu tidak menyukai telor juga dapat di ganti dengan mengkonsumsi daging sapi atau kacang kedelai.

  • Alpukat

Ibu hamil trimester dua dianjurkan mengonsumsi alpukat, karena Alpukat adalah sumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan vitamin b6. Diperkaya juga dengan lemak tak jenuh yang sehat, yang merupakan lemak “baik” yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Alpukat telah diketahui dapat membantu mengurangi morning sickness dan membantu pertumbuhan otak bayi dan pertumbuhan jaringan.

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

  • Pepaya

Buah pepaya juga mengandung banyak sekali vitamin c dan asam folat. Oleh karena itu pepaya merupakan cara alami untuk mengatasi rasa sembelit yang sering di alami oleh ibu hamil, terutama pada trimester ketiga. Namun, wanita hamil hanya boleh makan pepaya matang, karena pepaya yang masih mentah kebanyakan mengandung pepsin yang terdapat pada getahnya, yang dapat menyebabkan kontraksi.

  • Kacang

Rasa yang kurang nyaman saat kehamilan menginjak trimester ketiga. Di anjurkan untuk makan kacang-kacangan adalah sumber macromolecule dan lemak yang sehat untuk jantung. Karena semua jenis kacang-kacangan memiliki banyak sekali protein dan lemak sehat.

  • Lemak Ikan

Lemak ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat membantu jantung dan menguatkan kesehatan otak. Bahkan malah di anjurkan untuk mengkonsumsi ikan sampai 12 ons per minggu, dianggap sangatlah aman untuk ibu hamil.

Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk setiap harinya sampai tiba masa kelahiran sang bayi. Namun juga sebaiknya disertai dengan makanan yang lain juga, asal bukan makanan yang di pantangan untuk ibu hamil.

Baca Juga :  5 MAKANAN & MENU SEHAT IBU HAMIL YANG TERBAIK

Tags: Makanan Bergizi Ibu Hamil