Tips Mengatasi Lapar di Malam Hari untuk Ibu Hamil

Tips Mengatasi Lapar di Malam Hari untuk Ibu HamilTips Mengatasi Lapar di Malam Hari untuk Ibu Hamil, wajar jika ibu hamil merasa lapar sepanjang hari. Tidak peduli seberapa banyak atau seberapa sering makanan masuk ke dalam mulutnya.

Sebenarnya ibu hamil belum membutuhkan asupan kalori ekstra selama enam bulan pertama, karena tubuh justru menjadi lebih efisien dalam membagi dan mengeluarkan energi. Namun, ketika kandungan berada di tiga bulan terakhir, sang ibu baru membutuhkan tambahan 200 kalori sehari.

Karena tubuh bekerja lebih keras dalam mengubah asupan kalori menjadi energi, jangan heran jika Anda terbangun di malam hari karena lapar. Rasa mual karena perut kosong juga kerap menyertai rasa lapar ini.

Baca Juga :  Penyakit yang Bisa Menyebabkan Kalian Susah Hamil

Daripada memaksakan tidur dengan perut lapar, coba ambil beberapa makanan ringan. Pastikan kulkas dan lemari penuh dengan camilan sehat dan mudah disajikan, misalnya:

Tips Mengatasi Lapar di Malam Hari untuk Ibu Hamil?

  • Sepotong roti panggang atau roti gandum
  • Buah dan sayuran segar
  • Telur rebus
  • Keju
  • Buah kering

Bagi Anda yang cenderung memiliki gangguan pencernaan di malam hari, hindari konsumsi buah yang rasanya asam sebelum tidur.

Untuk makan siang, pilih roti gandum atau beras merah daripada roti putih atau nasi putih. Makanan yang mengandung gandum lebih mengenyangkan dan memiliki lebih banyak serat untuk mencegah sembelit. Hindari konsumsi lemak atau makanan pedas dan permen. Pasalnya, makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sedangkan permen tidak mengenyangkan.

Baca Juga :  Jenis Jamu Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Jika rasa lapar datang tengah malam, pilihlah makanan sehat yang dapat memuaskan rasa lapar. Coba minum susu, teh herbal, semangkuk sereal dengan susu, roti panggang dengan selai kacang, atau beberapa biskuit dengan keju.

Beberapa makanan mengandung asam amino pemicu rasa kantuk alami principle disebut tryptophan. tryptophan dapat ditemui pada daging kalkun, pisang, dan jenis ikan tertentu. Namun, jangan tergoda untuk mengonsumsi suplemen tryptophan karena ini tidak aman untuk kehamilan.

Tags: Tips Menghindari Lapar

Related Post "Tips Mengatasi Lapar di Malam Hari untuk Ibu Hamil"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut