Pertumbuhan Janain yang Terhambat Bisa Menyebabkan Kematian Janin

Pertumbuhan Janain yang Terhambat Bisa Menyebabkan Kematian JaninPertumbuhan Janain yang Terhambat Bisa Menyebabkan Kematian Janin. Kecukupan gizi pada dan nutrisi janin memang sangat diperlukan bagi ibu hamil. Terdapat dua jalur utama pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk janin yaitu jalur nutrisi (pembuluh darah ibu) dan komposisi nutrisinya.

Konsultan Fetomaternal dari RSAB Harapan Kita menjelaskan pembuluh darah memegang peran penting dalam menyalurkan oksigen dan nutrisi dari ibu ke janin. Sehingga harus dipastikan pembuluh darah ibu hingga ke pembuluh darah perifer harus dalam kondisi sehat (tidak menyempit).

Pertumbuhan Janain yang Terhambat Bisa Menyebabkan Kematian Janin

Umumnya kelainan pembuluh darah saat hamil disebabkan karena hipertensi. Hipertensi adalah penyebab utama gangguan pertumbuhan janin dan preeklamspia. Inilah mengapa 70 persen kematian bayi diakibatkan pertumbuhan janin terhambat. Serta 26 persen bayi meninggal diakibat adanya gangguan pada pertumbuhan janin.

Baca Juga :  Tips Ngidam Sehat, Tidak Semua Keinginan di Penuhi Bagi Mom

“PJT sendiri dapat berdampak sangat fatal pada janin, padahal kejadian ini dapat dicegah. Jika kelainan dikenali sebelum usia 34 minggu”.

Jika PJT terdeteksi di minggu 34, maka dokter kandungan menyarankan memilih untuk dilahirkan dini. Karena jika dibiarkan dalam uterus, maka janin tidak akan mendapat asupan makanan secara maksimal sehingga berisiko janin meninggal karena hipoksia (kekurangan oksigen di otak).

Pertumbuhan janin dapat dipantau dengan kurva pertumbuhan, pemeriksaan air ketuban dan ukuran lingkar perut janin. “Bahaya PJT dapt mengakibatkan janin meninggal, janin kejang-kejang karena kurang oksigen, retardasi mental janin dan jika dilahirkan saat dewasa akan berisiko diabetes dan hipertensi,” tambahnya.

Nah moms, untuk mencegah PJT salah satu upaya mendapatkan kehamilan sehat, menurut ahli kandundungan ialah dengan memelihara kesehatan pembuluh darah ibu atau calon ibu. Jika ibu memiliki penyakit hipertensi dan diabetes, maka harus langsung di tanggulangi penyakitnya.

Related Post "Pertumbuhan Janain yang Terhambat Bisa Menyebabkan Kematian Janin"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal