5 TIPS MEMPERLANCAR PERSALINAN ATAU MELAHIRKAN NORMAL

5 tips memperlancar persalinan atau melahirkan normal ini penting untuk Bunda yang sedang menanti tibanya waktu melahirkan. Atau mungkin diantara pembaca ada yang mempunyai teman ataupun saudara yang saat ini sedang hamil trimester 3, silahkan share beberapa tips sederhana ini kepada mereka.

Menanti masa persalinan merupakan salah satu moment yang ditunggu sekaligus membuat para calon Bunda, terutama yang baru akan melahirkan anak pertama, merasa senang sekaligus deg degan. Semoga saja 5 tips memperlancar persalinan atau melahirkan normal ini bisa membantu hadirnya si buah hati seperti yang diharapkan.

Perbanyak jalan kaki

Memang saat memasuki trimester terakhir, perut Bunda yang semakin besar akan mengakibatkan Bunda semakin kesulitan beraktivitas, rasanya ingin lebih banyak tidur & duduk saja, namun sebenarnya hal tersebut kurang baik karena yang diperlukan untuk memperlancar persalinan atau melahirkan normal justru dengan memperbanyak gerakan, salah satunya yang mudah adalah dengan jalan kaki, tentu saja ini pengecualian bagi kondisi kehamilan Bunda yang sudah sangat turun.

5 tips memperlancar persalinan atau melahirkan normal

Image: www.colourbox.com

Berjalan kaki bisa memperkuat otot kaki Bunda, menjaga kenaikan bobot tubuh agar wajar, juga akan membuat tidur menjadi nyenyak bagi ibu yang sedang hamil besar. Hal tersebut sangat diperlukan agar bisa memperlancar persalinan normal.

Baca Juga :  Ini Ia Doa Supaya Cepat Hamil Dan Memiliki Keturunan Dalam Al-Quran

Cobalah untuk jalan kaki di pagi & sore hari, bisa dengan cara berjalan santai memutari lapangan kecil selama beberapa kali, atau berjalan dengan mondar-mandir saja di depan rumah & lainnya.

 

Mengajak bicara bayi dalam kandungan

Ajaklah bayi yanga di dalam kandungan berbicara, beritahu dia betapa Bunda merasa bahagia karena sudah mendekati masa persalinan, sugestikanlah diri & bayi untuk tenang di dalam menghadapi proses persalinan ini, dan semangati bayi Anda untuk mencari jalan lahir. Cara seperti ini bisa membantu Bunda untuk memperlancar kontraksi dengan cara memberi sugesti positif untuk ibu dan bayi. Baca juga: Manfaat Ajaib Berbicara Bayi Dalam Kandungan Menurut Sains.

Konsumsi buah kurma

Berbagai penelitian membuktikan mengonsumsi kurma setiap hari pada saat usia kandungan 9 bulan mampu membantu kontraksi menjelang tibanya persalinan. Kurma ini bisa dimakan langsung dalam bentuk buahnya ataupun berupa sari kurma. Di dalam kurma terkandung karbohidrat, fiber, kalium, kalsium, magnesium, vitamin B kompleks & zat besi.

Baca Juga :  1001 Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kecantikan,Kesehatan,Ibu Hamil Demam Berdarah

Yang tidak kalah penting, kurma diketahui mengandung hormon yang dinamakan dengan hormon potuchin, yang menurut para ahli medis, hormon ini berfungsi baik untuk mengikat rahim & otot rahim sehingga mampu membantu mengurangi pendarahan seorang ibu pasca melahirkan. Baca juga Bun: 4 Tahap Persalinan Yang Harus Bunda Ketahui.

Selain itu, kurma juga mengandung hormon oksitosin yang akan membantu merang-sang kontraksi pada bagian otot-otot rahim sehingga dapat mempermudah persalinan. Hormon yang satu ini juga akan membantu untuk memacu kontraksi pada pembuluh darah vena yang terdapat di sekitar payudara ibu, ini mampu memacu kelenjar air susu untuk dapat memproduksi ASI.

Perbanyaklah gerakan jongkok dan sujud

Gerakan jongkok terbukti sangat baik untuk dapat melatih & memperkuat otot-otot paha saat menjelang persalinan. Bunda bisa melakukan gerakan jongkok – berdiri untuk dapat mempercepat kontraksi, kurang lebih sekitar 10-20 set, 8 hitungan pada setiap setnya.

Demikian juga dengan gerakan sujud sudah dibuktikan dengan banyak penelitian sangat baik untuk memperlancar proses persalinan. Untuk bunda yang muslim sekalian saja memperlama gerakan sujud dalam shalat sambil memperbanyak do’a.

Baca Juga :  4 Cara Ampuh Menghilangkan Kerutan Di Wajah Dan Tips Anggun Alami

Melakukan ML

Melakukan hubungan in-tim dengan suami ternyata bisa memudahkan proses kontraksi ketika menjelang hari persalinan, sangat dianjurkan bagi Bunda dan suami untuk melakukannya lebih sering pada saat memasuki kehamilan bulan ke 9, dikarenakan cairan sper-ma suami bisa membantu melunakkan pintu rahim dan juga memudahkan kontraksi. Baca juga Bun: 12 Tanda Melahirkan Bayi Sudah Sangat Dekat.

Nah Bunda cobalah menerapkan 5 tips memperlancar persalinan atau melahirkan normal tersebut ya, siapa tahu dapat membantu Bunda pada saat tiba harinya melahirkan dan hindari stres atau terlalu banyak pikiran atau ketakutan, karena tubuh seorang wanita sudah dirancang Tuhan dengan sangat baik untuk melalui berbagai proses alamiah dalam hidupnya, salah satunya adalah proses persalinan.

Related Post "5 TIPS MEMPERLANCAR PERSALINAN ATAU MELAHIRKAN NORMAL"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup