BOLEHKAH MINUM ES SAAT MENYUSUI BAYI?

Bolehkah minum es saat menyusui bayi? Menyusui adalah salah satu proses alamiah untuk memberikan asupan makanan bagi bayi. Namun bagaimana jadinya jika di saat Bunda sedang menyusui selalu merasa waswas sebab banyak larangan yang identik dengan mitos selama menyusui. Bukan hanya ketika Bunda sedang memberikan ASI pada bayi, mitos tentang bayi sudah sering didengar ketika ibu sedang hamil lalu pada saat perawatan bayi dan tentunya para seringkali dibingungkan dengan banyaknya mitos mengenai menyusui.

Tahukah Bunda bahwa sebagian orangtua masih percaya bahwa disaat sedang menyusui banyak jenis makanan yang dipantang. Sehingga banyak ibu menyusui yang menghindari asupan makanan yang dianggap bisa memunculkan masalah saat pemberian ASI. Rasa khawatir yang dirasakan oleh ibu memang cukup masuk akal, namun apabila terus menyiksa sebaiknya Bunda hindari. Salah satu mitos yang sering didengar di tengah masyarakat adalah tentang boleh atau tidaknya seorang ibu minum es saat menyusui bayinya.

Bolehkah minum es saat menyusui bayi

Image: istockphoto.com

Ketika Bunda menyusui kadang muncul nasihat atau anjuran serta larangan tanpa disertai alasan secara medis atau ilmiah. Pemberian anjuran & larangan seperti ini lebih dikenal dengan istilah mitos.

Baca Juga :  11 TANDA ATAU CIRI KEHAMILAN ANAK KEMBAR

Menyusui tentunya sangat disarankan, bahkan pemerintah cukup gencar mensosialisasikan program pemberian ASI ekslusif pada bayi selama 6 bulan. Alasan utama ASI ekslusif dijadikan program pemerintah sebab kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ASI mampu membantu pertumbuhan & perkembangan bayi secara maksimal. Banyak penelitian yang sudah dilakukan tentang ajaibnya kandungan ASI, seperti menjadi imunitas ataupun daya tahan tubuh si kecil.

Dalam pemberian ASI banyak ibu yang beranggapan bahwa kualitas & kuantitas ASI dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi oleh para ibu yang sedang menyusui. Salah satu diantaranya yang harus Bunda ketahui adalah bahwa pasokan ASI bukan hanya dipengaruhi oleh makanan saja, akan tetapi juga dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti kondisi kesehatan ibu atau juga kondisi pikiran ibu selama masa menyusui. Baca juga: Obat Batuk Alami Untuk Ibu Menyusui.

Baca Juga :  Kenali Tanda Dan Tanda-Tanda 100% Hamil Dan Yang Kemungkinan Hamil

Meskipun demikian seringkali banyak Bunda yang menghubungkan antara pemberian susu ini dengan makanan yang sering seorang ibu konsumsi meskipun di dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa tidak sepenuhnya benar jika dikatakan makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi kualitas ASI, namun makanan yang Bunda konsumsi memang harus diperhatikan kandungan nutrisinya. Bunda juga tidak usah percaya dengan mitos yang berkembang di tengah masyarakat seperti ibu menyusui yang minum es .

Anggapan yang banyak beredar di tengah masyarakat saat seorang ibu menyusui minum es maka bisa menyebabkan timbulnya masalah kesehatan bagi bayi. Yaitu jika Ibu menyusui minum es bisa membuat bayinya menjadi flu. Padahal faktanya minum es tidak ada hubungannya sama sekali sebagai pemicu flu pada bayi. Meskipun Bunda minum air es ataupun makan es cream, kondisi  tubuh Bunda tidak akan berubah dengan drastis sehingga tidak masuk akal saat Bunda minum es, ASI yang Bunda berikan pada si kecil menjadi dingin.

Baca Juga :  4 TIPS IBU HAMIL 9 BULAN AGAR PERSALINAN LANCAR

ASI yang diberikan kepada bayi meskipun Bunda mengkonsumsi es akan tetap bersuhu hangat pada posisi 37 derajat celcius. Hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan mengonsumsi minuman & makanan yang dingin. Baca juga: Bolehkah Ibu Menyusui Makan Makanan Pedas?

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah bahwa selama makanan yang Bunda konsumsi bergizi, maka Bunda tidak perlu khawatir lagi. Jadi jelas sudah bahwa minum es saat menyusui bayi boleh boleh saja dan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan bagi bayi, namun bijaklah dalam mengatur asupan makanan bagi tubuh Anda ya, karena yang berlebuhan tentu tidak akan baik akibatnya.

Related Post "BOLEHKAH MINUM ES SAAT MENYUSUI BAYI?"

Cara Biar Cepat Hamil
Cara Agar Cepat Hamil Untuk Pasangan Suami
35 Gejala Awal Kehamilan (Serta Memastikan Terjadinya Kehamilan)
Bukti dari terjadinya awal kehamilan sanggup dilihat
Ciri – Ciri Orang Hamil 1 Minggu
Ciri – Ciri Orang Hamil 1 Minggu