5 TIPS MENGANGKAT BENDA BERAT SAAT HAMIL

Bunda, perhatikan 5 tips mengangkat benda berat saat hamil ini jika aktifitas Bunda sehari-hari tidak bisa terlepas dari beban berat. Benda paling berat yang dibawa-bawa seorang ibu selama hamil adalah kandungan. Mengangkat beban lain ada aturannya. Sebab itu, selalu berhati-hati agar tidak terjadi masalah dengan kandungan ya.

Perhatikan 5 tips mengangkat benda berat saat hamil ini agar tidak mengalami cedera dan bayi dalam kandungan selalu sehat & terjaga.

Kontrol beratnya

Pastikan bahwa benda yang Anda bawa tidak terlalu berat. Batas beban yang boleh Anda bawa adalah 10-20% dari berat badan Bunda. Namun saat sedang menjalani masa kehamilan, turunkan lagi batas beban tersebut. Anda sendirilah yang bisa & harus menakar kekuatan diri sendiri. Jika beban yang Anda bawa terasa melelahkan, segera lepaskan.

5 tips mengangkat benda berat saat hamil

Image: webmd.com

Jangan terlalu lama membawa beban

Baca Juga :  6 MAKANAN WAJIB IBU HAMIL MUDA (TRIMESTER PERTAMA)

Perhatikan juga jarak tempuh saat Bunda membawa beban berat & jangan pernah membawa beban berat secara terus-menerus. Contoh, Bunda membawa-bawa tas yang berisi laptop saat jalan-jalan di dalam mal selama 2 jam, ini akan melelahkan & menimbulkan tekanan kepada dasar panggul selama 2 jam penuh.

Bagi beban di kiri & kanan

Beban berat harus Anda bagi jadi beberapa bagian ketika dibawa. Misalnya saja membawa 5 kilogram belanjaan, Anda bagi saja ke dalam 2 buah tas belanja. Bawalah sebagian satu di tangan kanan dan satu lagi di tangan kiri. Apabila sulit, masukkan saja ke dalam tas ransel untuk dapat memindahkan seluruh beban tersebut ke punggung.

Baca Juga :  PENYEBAB FLEK SAAT HAMIL DAN SOLUSINYA

Gunakan cara mengangkat yang benar

Jika terpaksa harus membawa sebuah beban berat, gunakanlah teknik yang benar, seperti melebarkan kaki Anda agar sejajar bahu, tegakkanlah punggung, saat hendak diangkat, benda tersebut harus berada di tempat letaknya yang lebih tinggi dari lantai, dengan perlahan-lahan angkatlah benda dengan memakai kekuatan yang bertumpu pada lutut & saat mengangkat, tariklah napas dalam dari hidung & keluarkan lewat mulut.

Gunakan alat bantu

Proteksi diri Anda dan juga janin dalam kandungan dengan memanfaatkan berbagai alat bantu yang tersedia untuk dapat membawa benda berat, misalnya saja memakai troli, jangan menggunakan keranjang jinjing, bawalah stroller saat sedang jalan-jalan bersama dengan keponakan, gunakanlah koper yang beroda saat sedang travelling, atau manfaatkanlah jasa petugas porter. Baca juga: 11 Penyebab Keguguran Saat Hamil.

Baca Juga :  Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Semoga 5 tips mengangkat benda berat saat hamil ini bisa membantu mengatasi salah satu masalah Bunda saat terpaksa harus membawa beban berat ketika menjalani kehamilan.

Related Post "5 TIPS MENGANGKAT BENDA BERAT SAAT HAMIL"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal