BAHAYAKAH IBU HAMIL MANDI AIR PANAS?

Bahayakah ibu hamil mandi air panas? Pertanyaan seperti itu seringkali ditanyakan oleh beberapa wanita hamil karena mungkin pernah mendengar atau membaca bahwa dilarang mandi air panas saat hamil.

Air panas memang diakui memiliki khasiat untuk meringankan sakit otot dan juga mampu membuat rileks tubuh yang Anda yang lelah. Tapi bahayakah ibu hamil mandi air panas?, tahukah Bunda bahwa mandi dengan memakai air yang sangat panas ternyata dapat membahayakan seorang wanita hamil. Suhu air yang cukup tinggi ternyata mampu memberikan pengaruh pada janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil. Walaupun mandi air panas sangat memanjakan & dapat meremajakan kulit tapi para ibu hamil perlu untuk selalu memperhatikan temperatur dari air yang akan digunakan untuk mandi.

Bahayakah ibu hamil mandi air panas

Image: www.blogphunu.vn

Menurut Dr. Rita Bakhsi, seorang ahli ginekologist, seperti dikutip dari laman idiva.com, mandi air panas ini memang diperbolehkan bagi para ibu hamil, tapi suhu air haruslah sama atau setidaknya mendekati temperatur dari tubuh Bunda. Temperatur air harus membuat tubuh Anda merasa nyaman. Suhu air yang dipakai mandi terlalu tinggi nanti juga bisa membakar kulit. Gunakan saja air mandi hangat hangat kuku jika ingin mandi dengan air hangat.

Baca Juga :  16 CARA MUDAH MENGATASI MUAL SAAT HAMIL (MORNING SICKNESS)

Resiko dari mandi dengan air yang terlalu panas ini antara lain adalah ruam & juga gatal saat mandi. Air yang panas juga bisa memicu terjadinya gatal-gatal karena keringat, turunnya tekanan darah serta munculnya merah-merah pada kulit. Air mandi yang terlalu panas juga dapat meningkatkan denyut jantung, bisa menurunkan sirkulasi aliran darah yang efeknya akan memicu terjadinya stres. Hal seperti ini juga akan terjadi pada janin yang berada dalam kandungan Anda. Anda mungkin bisa mengatasinya dengan cara tubuh yang secara otomatis melepaskan panas lewat keringat, namun bayi Anda tidak akan bisa seperti itu. Baca juga: 5 Pantangan Ibu Hamil Yang Paling Penting.

Baca Juga :  5 HAL PENYEBAB IBU HAMIL SERING BAD MOOD

Untuk dapat mengatasinya Anda sebelumnya harus mengetes suhu air dengan cara merasakannya lewat telapak tangan Anda. Temperatur air yang baik untuk mandi adalah tidak lebih dari sekitar 45 derajat Celcius. Jadi pertanyaan bahayakah ibu hamil mandi air panas ini sudah terjawab ya Bun, bahwa mandi air panas tetap aman apabila Bunda benar-benar mengetahui temperatur air yang tepat bagi tubuh Anda.

Related Post "BAHAYAKAH IBU HAMIL MANDI AIR PANAS?"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal