10 MANFAAT JERUK LEMON BAGI IBU HAMIL

Apakah Anda sudah mengetahui 10 manfaat jeruk lemon bagi ibu hamil? Kehamilan tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan dan sekaligus juga merupakan hal menantang. Untuk itu, seorang wanita harus berhati-hati dengan berbagai masalah kesehatannya selama menjalani kehamilan. Apa pun yang Bunda makan akan memberi pengaruh pada kesehatan sendiri serta kesehatan bayi yang di kandung. Kebutuhan gizi di saat hamil juga berubah pada saat membawa bayi di dalam perut. Anda harus mendapat asupan makan yang cukup menjelang hamil. Ini bukan berarti Anda harus makan lebih banyak, namun mengonsumsi makanan yang sehat.

Buah-buahan termasuk yang sangat penting saat wanita sedang hamil. Buah-buahan memang kaya akan nutrisi, meskipun tentu saja ada beberapa jenis buah yang harus Bunda hindari saat hamil. Lantas bagaimana dengan buah lemon? Nah, jeruk lemon yang seringkali dbuat jus dianggap aman bagi ibu hamil. Namun tetap, sangat penting bagi Anda untuk berkonsultasi kepada bidan atau dokter kandungan Anda sebelum mulai mengonsumsinya, karena kondisi kehamilan setiap orang tentu berbeda. Berikut 10 manfaat jeruk lemon bagi ibu hamil.

10 manfaat jeruk lemon untuk ibu hamil

Image: greenbootliving.com

Sumber Vitamin C

Baca Juga :  SERING BUANG ANGIN SAAT HAMIL, BAHAYAKAH?

Sebagian besar ibu hamil mengalami tubuhnya kekurangan vitamin C. Lemon bisa dijadikan sumber yang baik untuk asupan vitamin C. Apabila wanita hamil mengonsumsi jus lemon segar secara teratur, mereka bisa menyediakan asupan vitamin C yang cukup tanpa harus tergantung pada suplemen.

Mengatasi Sembelit

Sudah jadi rahasia umum jika ibu hamil sering menderita sembelit. Namun dengan minum segelas jus lemon segar akan membantu untuk mencegah diare dan juga sembelit. Di saat Bunda mengonsumsi jus lemon ini secara teratur, BAB cenderung lebih mudah.

Menghidrasi Tubuh

Dengan minum jus lemon, ibu hamil mampu menghidrasi tubuhnya. Ini adalah salah satu khasiat dari jeruk lemon saat hamil. Baca juga: Tanda & Bahaya Dehidrasi Saat Hamil.

Sebagai Antioksidan

Lemon juga kaya akan kandungan antioksidan. Itulah sebabnya kengapa lemon dianggap salah satu sebagai pembersih alami yang baik bagi tubuh seseorang. kandungan lemon juga akan membersihkan berbagai racun dan sekaligus menjaga tubuh Anda selalu bersih. Ibu hamil juga dapat menjauhkan diri dari beberapa infeksi tertentu jika mengonsumsi jus lemon ini secara teratur.

Baik Bagi Bayi

Beberapa penelitian terbaru mengatakan bahwa minum jus lemon juga sangat baik untuk bayi yang ada di dalam kandungan. Lemon memiliki kandungan kalium yang diperlukan untuk dapat membangun tulang bayi Anda. Jus lemon juga akan membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan. Baca juga: 5 Makanan Ini Bikin Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan.

Baca Juga :  Manfaat Minum Susu Hamil

Mencegah Gangguan Pencernaan

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam segelas jus lemon juga mampu mencegah gangguan pencernaan. Ini juga merupakan salah satu manfaat sehat dari minum jus lemon selama kehamilan.

Mengatur Tekanan Darah

Di saat hamil, tekanan darah Bunda tidak boleh tinggi. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kelahiran jadi prematur. Minum jus lemon segar dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah Bunda, inilah kenapa jus lemon sangat penting diminum saat hamil.

Mengurangi Kaki Bengkak

Jika Anda mengalami kaki bengkak saat hamil, ambillah beberapa jus lemon di dalam sendok dan konsumsilah bersama air hangat. Hal tersebut juga bisa membantu mengurangi edema di saat Anda sedang hamil. Baca juga: 6 Cara Alami Mengatasi Kaki Bengkak Waktu Hamil.

Memudahkan Persalinan

Tentu Kita tahu bahwa wanita bisa merasa tegang sebelum persalinan. Beberapa orang yang berpengalaman mengatakan bahwa minum jus lemon segar bersama dengan beberapa tetes madu ternyata dapat bekerja dengan cukup baik untuk membuat persalinan menjadi lebih mudah.

Baca Juga :  Tips Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Agar hal tersebut bekerja, penting untuk rutin minum jus lemon dari bulan ke 5 hingga tanggal kelahiran. Tapi sebaiknya untuk hal ini Anda terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Mencegah Perut Kembung

Jus lemon juga bisa membantu untuk mencegah serta menyembuhkan berbagai bentuk ketidaknyamanan kecil lainnya yang masih berkaitan erat dengan kehamilan. Misalnya dapat mencegah perut kembung. Hal tersebut karena jus lemon juga memiliki kandungan magnesium & kalsium.

Itulah 10 manfaat jeruk lemon bagi ibu hamil. Dengan teratur & tidak berlebihan dalam mengonsumsinya, kesehatan Anda selama masa kehamilan akan lebih terjaga, tentu saja sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan bidan atau dokter kandungan masing-masing agar disesuaikan dengan kondisi kandungan & kesehatan Bunda.

Related Post "10 MANFAAT JERUK LEMON BAGI IBU HAMIL"

1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup
4 Hal Terpenting Yang Perlu Di Ketahui Oleh Calon Ibu Muda
 Beberapa hal penting yang harus diketahui oleh
5 Cara Sehat Mempercantik Wajah Dengan 0% Materi Kimia
Cara sehat mempercantik wajah - sudah tak