TIPS MENGATASI GATAL & NYERI BEKAS OPERASI CAESAR

Tips mengatasi gatal & nyeri bekas operasi caesar ini mungkin termasuk yang sering ditanyakan oleh para ibu yang baru saja selesai melakukan proses persalinan dengan opeasi. Perlu Anda ketahui bahwa hal penting yang harus dilakukan setelah menjalani melahirkan secara caesar adalah selalu menjaga agar bekas jahitan operasi Anda tetap kering dan juga steril pasca-operasi. Hal tersebut penting agar bisa menjaga kenyamanan Anda serta agar tidak timbul infeksi atau munngkin bahkan robekan yang bisa berakibat pada terjadinya pendarahan di area m!ssV.

Seperti pernah dilansir oleh beberapa portal kesehatan ibu hamil, proses pemulihan setelah melakukan operasi caesar ini lebih bertahap dibandingkan dengan yang melahirkan secara normal. Anda juga tentu sangat dianjurkan untuk dapat beristirahat yang cukup pasca melakukan operasi, hal tersebut tentu penting agar jahitan bekas operasi Anda tidak terlalu sering mendapatkan guncangan yang dapat mengakibatkan pada terjadinya robekan serta terjadinya pendarahan.

Tips mengatasi gatal & nyeri bekas operasi cesar

Image: www.parentherald.com

Selain itu, pada hari hari pertama setelah melakukan operasi caesar, sebagian Bunda mungkin mendapatkan memar serta sedikit rasa nyeri pada bekas jahitan caesarnya, yang harus Anda lakukan adalah harus tetap merasa tenang & jangan panik. Memar dan juga rasa nyeri ini biasa terjadi pada jahitan setelah operasi caesar & hal tersebut akan berlanjut dengan munculnya rasa gatal setelah jahitan tersebut dicabut. Jadi bagaimana tips mengatasi gatal & nyeri bekas operasi caesar tersebut? Sebenarnya sangat simple, apabila tidak ingin timbul infeksi pada bekas luka jahitan Anda, jangan pernah Anda tergoda untuk menggaruk dari bekas luka caesar tersebut. Selain itu, Anda disarankan juga untuk tidak memakai krim apapun untuk dapat meredakan rasa gatal & nyei pada bekas luka caesar Anda selain mengoleskan krim antiseptik yang sebelumnya telah disarankan atau diberikan oleh dokter. Karena, pemakaian krim secara sembarangan bisa berakibat pada munculnya infeksi. Baca juga: 5 Keuntungan Melakukan Operasi Caesar.

Apabila Anda mendapatkan kelainan yang terjadi pada bekas luka caesar Anda, misalnya mulai meradang dan atau bernanah, segeralah Anda berkonsultasi kepada dokter agar dapat mencegah terjadinya infeksi lain yang lebih fatal. Jangan menunda atau malas untuk berangkat ke dokter ya Bunda. Baca juga: 4 Keluhan Setelah Operasi Caesar.

Itulah tips mengatasi gatal & nyeri bekas operasi caesar, sekarang seharusnya Anda sudah tidak usah panik apabila luka jahitan bekas operasi Anda terasa nyeri & gatal. Tetaplah tenang & bersihkan dengan memakai cairan antiseptik yang disarankan dokter seperti biasa untuk menjaga luka Anda tetap steril. Apabila prosedur pembersihan luka bekas operasi ini Anda lakukan dengan cara yang benar dan juga Anda imbangi dengan selalu mengonsumsi sayuran & buah yang membantu mempercepat proses penyembuhannya, pasti proses penyembuhan pasca operasi caesar Anda akan lebih cepat lagi.

Baca Juga :  Tanda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

Related Post "TIPS MENGATASI GATAL & NYERI BEKAS OPERASI CAESAR"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup