5 CARA MENGATASI KAKI BENGKAK SETELAH MELAHIRKAN

5 tips dan cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan ini sangat penting bagi Anda yang baru selesai persalinan. Karena ada juga seorang ibu yang beberapa bagian tubuhnya bengkak bukan saat ia sedang hamil, namun setelah melahirkan bayinya. Hal ini sebenarnya sangat wajar terjadi & tidak perlu membuat bunda merasa resah.

Peningkatan volume darah yang terjadi selama masa kehamilan akan disalurkan dalam beberapa minggu setelah persalinan. Hal tersebut berdampak pada terjadinya pembengkakan pada seorang wanita di area pergelangan kakinya dan area sekitarnya. 5 tips dan cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan di bawah ini mungkin saja bisa sedikit mengurangi rasa tidak nyaman atau bahkan menyembuhkan kaki Anda bengkak setelah selesai melakukan proses pesalinan.

5 tips dan cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan

Image: www.askdrmanny.com

Cobalah untuk meninggikan posisi kaki Bunda sesering mungkin pasca persalinan

Misalnya saja pada saat Anda sedang duduk-duduk dan bersantai, berikanlah sandaran atau bantalan yang bisa membuat Bunda nyaman untuk meletakkan kaki agak sejajar dengan posisi dari lutut ataupun sedikit lebih rendah. Hal tersebut akan membantu untuk mengurangi cairan yang biasanya menumpuk di area sekitar pergelangan kaki.

Baca Juga :  Doa Semoga Cepat Hamil Bantu Mudahkan Ikhtiar Anda

Dan yang harus Anda ingat adalah hindarilah posisi menyilangkan kaki ketika Anda duduk, karena hal tersebut akan memicu kaki makin bengkak setelah melahirkan. Ini akan menghambat pada peredaran aliran darah Anda, sehingga malah akan memperburuk pembengkakan kaki. Jadi ingatlah selalu untuk memposisikan bagian telapak kaki Anda rata dengan lantai atau lebih tinggi sedikit. Baca juga: 5 Tips Kencangkan Perut Setelah Persalinan.

Lakukanlah peregangan kaki yang bengkak pasca persalinan

Jangan terus menerus berkutat di atas tempat duduk Anda seharian penuh. Jika stamina Anda sudah pulih, cobalah meluangkan waktu untuk sedikit melakukan peregangan dengan berdiri dan juga berjalan-jalan di dalam rumah Bunda. Hal tersebut akan membantu bagian sirkulasi peredaran darah Anda agar lebih lancar lagi. Baca juga: 5 Tips Langsing Setelah Melahirkan.

Baca Juga :  Kenali Tanda Dan Tanda-Tanda 100% Hamil Dan Yang Kemungkinan Hamil

Rendamlah kaki bengkak Anda dengan air garam

Banyak orang tua yang menyarankan wanita yang sudah melahirkan untuk merendam kaki bengkaknya dengan menggunakan air garam. Hal itu karena kandungan mineral yang terdapat di dalam garam mampu membantu untuk mengurangi kelelahan dan sekaligus mengurangi bengkak pada kaki. Caranya adalah dengan melarutkan garam di dalam air suam-suam dan kemudian rendamlah kaki Anda. Anda akan merasakan kaki menjadi lebih relaks & ringan.

Hindari dulu konsumsi makanan asin

Mengonsumsi makanan asin akan menyebabkan terjadinya timbunan cairan di dalam tubuh yang semakin bertambah. Jadi sebaiknya Anda usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan atau camilan yang terlalu asin dulu, misalnya seperti kacang ataupun camilan-camilan yang gurih. Baca juga: 6 Cara Mudah Hilangkan Sembelit Pasca Persalinan.

Baca Juga :  5 MITOS TENTANG PERSALINAN ATAU MELAHIRKAN

Jangan menahan buang air kecil

Biasanya, kebanyakan dari wanita yang baru saja melakukan proses persalinan, terutama para ibu yang menjalani persalinan normal seringkali menahan keinginan untuk buang air kecil dengan alasan karena takut jahitanya tidak kering kering & terasa perih. Namun, hal tersebut sebenarnya cukup keliru, pipis atau buang air kecil tidak akan berpengaruh pada cepat atau lambatnya jahitan Anda menjadi kering.

Itulah 5 tips dan cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Apabila Bunda merasa keluhan pembengkakan tersebut terasa semakin memburuk, segeralah berkonsultasi dengan Dokter, karena ditakutkan telah terjadi penyumbatan pada pembuluh darah.

Related Post "5 CARA MENGATASI KAKI BENGKAK SETELAH MELAHIRKAN"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup