4 PROSES & TAHAPAN MELAHIRKAN (PERSALINAN)

4 proses & tahapan melahirkan (persalinan) ini perlu diketahui oleh para calon ibu. Karena seringkali sejumlah film menampilkan beberapa adegan seorang ibu yang sedang hamil dan kemudian dia mengalami pecah ketuban sebelum persalinan, lantas bayi lahir tidak lama setelahnya, cuma dalam hitungan menit.

Sebenarnya, kondisi seperti itu sangat jauh dari kenyataan yang terjadi sebenarnya. Ada 4 tahapan nyeri melahirkan yang harus dilalui oleh seorang wanita sebelum persalinan. Dan nyeri persalinan aktif ini hanya bagian dari prosesnya saja. Pada dasarnya, seorang wanita tidak berada dalam kondisi sakit yang luar biasa di semua tahapan proses persalinan. Agar tidak menjadi panik, sebaiknya para calon ibu mengetahui 4 proses & tahapan melahirkan (persalinan) sehingga tidak terjadi salah paham. Yang paling penting, Anda harus mengetahui kapan harus ke rumah sakit rasa saat mengalami nyeri persalinan.

4 proses & tahapan melahirkan (persalinan)

Image: www.parenting.com

Sebaiknya juga Anda mengenali tahapan dari nyeri persalinan ini selama di rumah. Karena jika pergi ke RS terlalu cepat, Anda mungkin saja akan diminta pulang lagi. Kebanyakan dari ibu muda tidak mempunyai konsep yang jelas mengenai nyeri persalinan dan jangan gugup hingga akhirnya mengambil pilihan salah. Contohnya, apakah Anda tahu bahwa air ketuban bisa pecah sampai tahap akhir dari proses persalinan? Dan apabila Anda memilih untuk melakukan epidural, Anda perlu melakukannya di dalam jangka waktu tertentu selama mengalami nyeri persalinan Anda. Berikut 4 proses & tahapan melahirkan (persalinan), nyeri yang di alami & tips menanganinya seperti yang dilansir oleh laman Boldsky.

Baca Juga :  3 SYARAT MELAHIRKAN NORMAL SETELAH CAESAR

Tahap Pertama

Tahap awal dari pra-persalinan ini merupakan nyeri perslainan yang biasanya sering digambarkan pre-persalinan ataupun persalinan laten. Anda akan merasakan rasa kontraksi yang lemah & berlangsung selama kurang lebih 30 detik hingga 2 menit. Namun, sakitnya nanti akan menghilang setelah itu.

  1. Kontraksi regular

Ini berbeda dari jenis kontraksi palsu yang pernah Anda rasakan di dalam beberapa minggu terakhir lalu. Kali ini, kontraksinya akan kembali setelah terjadinya kontraksi reguler yang berkala.

  1. Jarak antara kontraksi

Jarak antar kontraksi bisa sekitar 10 sampai 30 menit. Kontraksinya akan semakin kuat seiring dengan berjalannya waktu.

  1. Pembukaan

Banyak dari wanita hamil yang mulai pembukaannya di tahap awal persalinan. Tapi, apabila ini bayi pertama, kemungkinan seorang wanita akan memerlukan waktu untuk pembukaannya. Terkadang, Anda berada di dalam persalinan sampai beberapa lama kemudian.

  1. Tips

Apa yang mesti dilakukan? Cara paling baik adalah tinggal saja di rumah & hitung waktu kontraksi yang Anda rasakan selama tahap ini. Apabila Anda pergi ke RS, mungkin Anda akan diminta untuk pulang lagi. Anda sebaiknya tinggal di rumah saja hingga kontraksi 5 menit sekali, kecuali air ketubannya sudah pecah. Baca juga: 5 Persiapan Penting Sebelum Melahirkan.

Tahap Kedua

Persalinan aktif di tahap ini pada saat kontraksi Anda terasa semakin kuat & teratur. Durasi kontraksinya juga akan meningkat. Ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk segera pergi ke rumah sakit.

  1. Pembukaan

Biasanya pembukaannya menjadi 3-4 cm pada saat Anda berada di proses persalinan aktif. Pada beberapa kasus, leher rahim dari seorang ibu akan melebar hingga 6 cm.

Baca Juga :  11 TANDA ATAU CIRI KEHAMILAN ANAK KEMBAR

  1. Manajemen sakit

Petugas medis biasanya akan menampilkan grafik yang menunjukkan tentang meter nyeri. Mereka juga akan meminta Anda untuk menilai nyeri pada sekala 1 hingga 10 berdasarkan ekspresi wajah Anda, seperti meringis, merintih & menangis. Pernapasan mampu memberikan bantuan di dalam tahap ini. Cobalah untuk beristirahat di antara masa kontraksi selama Anda masih bisa melakukannya.

  1. Epidural

Anda bisa saja memilih mendapatkan epidural di waktu tersebut. Setelah Bunda mengalami pembukaan yang lebih dari 6 cm, tidak akan ada waktu lagi untuk memberikan Anda epidural. Jadi berpikirlah & minta pemakaian epidural saat ini. Baca juga: 12 Tanda Lahiran Semakin Dekat.

Tahap Ketiga

Tahap transisi yang satu ini merupakan salah satu tahapan yang bisa dikatakan paling sulit dalam proses persalinan. Dalam tahapan ini, Anda nantinya akan mengalami pembukaan 8 hingga 10. Apabila Anda memilih memakai epidural, kemudian Anda tidak dapat merasakan sakitnya, namun jika tidak, sakit yang cukup menyiksa & kontraksi datang setiap 2 menit.

  1. Manajemen sakit

Anda dapat meminta handuk dingin & gosokkanlah ke punggung ataupun ke bagian tubuh manapun yang dapat membuat Anda merasa nyaman. Anda tidak dapat berolahraga ataupun duduk di atas sebuah bola memantul di dalam tahap ini. Teruslah Anda bernapas dengan teratur & simpan kekuatan Anda untuk dorongan terakhir. Baca juga: Metode LEA, Persalinan Tanpa Rasa Sakit

Tahap Keempat

Ini merupakan tahap akhir persalinan. Tahap dorongan ini terjadi setelah Anda mengalami pembukaan sampai 10 cm. Anda dapat mendorong bayi keluar. Terkadang, kontraksi akan berhenti sementara & mulai lagi. Bayi Anda harus turun mulai dari leher rahim ke va-g!na di dalam tahap ini.

Baca Juga :  Mengatasi Problem Rumah Tangga

  1. Manajemen sakit

Dalam tahapan ini Anda harus mendorong dengan segala kekuatan yang Anda punya. Apabila Anda pernah mengambil kelas yoga pre-natal, Anda mungkin lebih siap untuk mendorong. Bunda akan mengeluarkan bayi Bunda pada tahap ini & seluruh rasa sakit berakhir.

  1. Episiotomi

Kebanyakan wanita memerlukan episiotomi ataupun bedah di sekitar va-g!na untuk dapat mengatasi robekan jaringan ketika kepala bayi keluar. Namun ini tidak sesakit yang Anda pikirkan. Luka Anda akan dijahit & akan sembuh dalam waktu beberapa minggu.

  1. Usai melahirkan

Setelah buah hati Anda lahir, plasenta yang telah melekat pada bayi Anda selama waktu berbulan-bulan akan dikeluarkan. Hal ini memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit dan tidak akan mengganggu Anda. Karena Anda akan terlalu sibuk dengan melihat bayi Anda. Baca juga: 5 Tips Penting Untuk Yang Takut Melahirkan.

Itulah 4 proses & tahapan melahirkan (persalinan) yang harus dilalui. Panjangnya tulisan ini jangan membuat Anda takut ya, karena saat sudah dialami sendiri, semuanya akan berjalan begitu cepat & tak terasa. Semua perjuangan Anda melawan lelah & sakit seketika sirna saat melihat lucunya si kecil yang baru lahir.

Related Post "4 PROSES & TAHAPAN MELAHIRKAN (PERSALINAN)"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup