3 TIPS AGAR LUKA JAHITAN CAESAR CEPAT SEMBUH

3 tips agar luka jahitan caesar cepat sembuh ini sangat penting bagi Anda yang baru saja melahirkan atau melakukan persalinan dengan jalan operasi caesar. Terjadinya infeksi di sekitar area jahitan bekas melahirkan dengan operasi caesar mungkin akan menjadi salah satu kekhawatiran paling besar untuk tiap ibu pasca lahiran. Oleh karena itu, perawatan luka bekas  jahitan yang benar dan baik sangat dibutuhkan agar luka Anda terhindar dari infeksi yang efeknya bisa membuat lama proses penyembuhannya.

Nah, supaya luka jahitan bekas jahitan dari operasi caesar ini tidak terkena infeksi serta cepat pulih, cek 3 tips agar luka jahitan caesar cepat sembuh berikut ini ya Bunda.

Lindungilah Luka Jahitan

Setelah Anda mendapatkan jahitan pasca operasi, Anda perlu untuk menghindari kontak secara langsung dengan air, jangan sampai luka Anda basah terkena air. Jahitan pasca operasi caesar tersebut biasanya akan dicabut oleh dokter dalam 4 hingga 6 hari pasca-operasi, setelah waktu pencabutan tersebut, proses pemulihan Bunda akan berjalan bertahap.

3 tips agar luka jahitan caesar cepat sembuh

Image: www.telegraph.co.uk

Perban yang sebelumnya telah dilekatkan pada luka setelah dicabutnya jahitan Anda boleh dilepas sesudah 7 hari. Selama dalam masa ini, usahakanlah untuk tidak dulu membasuh luka Anda dengan menggunakan air untuk mencegah berpindahnya bakteri yang terdapat di dalam air masuk ke dalam bagian luka.

Baca Juga :  PANTANGAN MAKANAN IBU MENYUSUI YANG WAJIB DIHINDARI

Bersihkanlah Luka Jahitan

Selain harus melindungi luka jahitan Anda dari kontak secara langsung dengan air, Anda juga perlu rutin untuk membersihkan luka jahitan Anda, setidaknya dua kali dalam satu hari. Caranya adalah dengan membasahi sebatang cotton bud memakai setetes cairan anti-biotik yang sudah diresepkan oleh dokter kandungan Anda, setelah itu usapkanlah secara perlahan & merata ke area luka bekas jahitan dan tunggulah sampai kering sebelum Anda menutupnya kembali dengan menggunakan perban.

Dan yang penting juga adalah hindarilah meniup ataupun mengusap luka bekas jahitan Anda dengan tissue. Karena tindakan tersebut bisa saja memicu timbulnya infeksi pada luka jahit.

Konsumsi Makanan Yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka

Baca Juga :  Bahaya Bayi Minum Air Ketuban

Untuk dapat mempercepat penyembuhan luka bekas jahitan operasi caesar Bunda, dianjurkan untuk makan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang berimbang. Makanlah makanan yang punya kandungan vitamin A & vitamin C serta gandum utuh, misalnya seperti sereal dan juga roti gandum sebagai menu sarapan.

Sementara itu untuk makan siang Bunda, menu Bunda perlu mengandung protein dan juga beta karoten. Makanan yang punya kandungan protein, zinc ataupun kandungan mineral lainnya serta vitamin juga wajib untuk Bunda konsumsi. Baca juga: Cara Atasi Gatal & Nyeri Luka Bekas Operasi Caesar.

Itulah 3 tips agar luka jahitan caesar cepat sembuh atau agar cepat cepat kering. Tetaplah bersabar dan jangan melakukan cara penyembuhan yang tidak disarankan oleh dokter, karena jika salah malah akan membuat luka Anda terinfeksi.

Related Post "3 TIPS AGAR LUKA JAHITAN CAESAR CEPAT SEMBUH"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup