8 WAKTU YANG TEPAT UNTUK USG SAAT HAMIL

Ada 8 waktu yang tepat untuk USG saat hamil sesuai dengan kebutuhan saat mengandung. Karena USG sendiri memiliki beberapa tujuan yang berbeda. Jumlah dari pemeriksaan ultrasonografi atau USG selama kehamilan sebenarnya saat ini tidak lagi jadi patokan, karena alat untuk  USG sekarang ada dimana mana. Terkadang dokter selalu melihat lewat USG setiap kali Anda melakukan kontrol kehamilan. Walaupun dianggap cukup aman, USG ini sebaiknya Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan saja.

Untuk Anda yang kondisi kehamilannya terbilang normal & sehat tidak dianjurkan untuk terlalu sering melakukan USG, atau Anda cukup melakukannya di waktu-waktu tertentu. Berikut 8 waktu yang tepat untuk USG saat hamil.

8 waktu yang tepat untuk USG saat hamil

Image: www.insideradiology.com.au

Pada awal kehamilan

Pemeriksaan USG pada saat Anda pertama kali datang ke dokter kandungan cukup diperlukan untuk dapat mengetahui lokasi kehamilan atau janin, jumlah janin, serta bagaimana keadaan organ kela-min dalam, seperti bagaimana bentuk rahim & kedua indung telurnya. Usia kehamilan Anda juga akan sangat akurat jika ditentukan dengan pemeriksaan USG pada usia kehamilan antara 8 hingga 13 minggu.

Baca Juga :  3 BUAH INI BUKAN BUAH YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL

Usia kehamilan 11 hingga 14 minggu

Tujuan pemeriksaan dengan USG di usia ini  adalah untuk dapat mengetahui apakah janin Anda mengalami kelainan seperti down syndrome (DS), apakah ada kelainan di bagian kepalanya seperti hidrosefalus (kelainan karena zat cair yang terkumpul dalam rongga otak) & anencefalus (tidak memiliki otak), atau adanya kelainan pada perutnya (abdomen). Generasi terbaru dari alat USG merk tertentu bahkan sudah mempu mendeteksi kelainan yang terjadi pada janin di usia kehamilan 9 minggu.

Usia kehamilan 18 hingga 23 minggu

Tujuan pemeriksaan dengan mengunakan USG di usia ini adalah untuk melihat ada tidaknya kelainan cacat bawaan yang mayor & memastikan kelainan yang telah ditemukan pada saat pemeriksaan pertama. Pada usia kehamilan memasuki trimester kedua ataupun ketiga kehamilan ini, dokter kandungan biasanya akan menjelaskan tentang ukuran lingkar kepala dari janin, panjang lengan bagian atasnya, lingkar perutnya, panjang pahanya, berat badannya, umurnya dan juga dinding perut, letak plasentanya, gambaran serta fungsi tali pusatnya, jumlah dari air ke-tuban, posisi bayi,  yang semuanya berurutan secara sistematis.

Baca Juga :  10 Manfaat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

Saat mendekati persalinan

Pemeriksaan yang terakhir & dianjurkan untuk dilakukan adalah setelah mendekati persalinan, atau dengan kata lain pada kehamilan yang lewat waktu. Tujuan pemeriksaan ini antara lain untuk mengetahui tentang pertumbuhan janin, lokasi dari ari-arinya, persentasi (bagian terbawah) dari janin pada jalan lahirnya, jumlah air ketu-ban, serta ada atau tidaknya lilitan oleh tali pusat. Baca juga: Asuransi Kahamilan & Persalinan Terbaik.

Itu saja waktu USG yang diperlukan ibu hamil pada kehamilan normal. Disamping itu ada beberapa jenis penyakit bayi yang bisa diketahui dengan pemeriksaan USG ini, tentu saja hal tersebut harus dengan rekomendasi dokter. Ini dia beberapa penyakit yang diketahui sesuai waktu yang tepat untuk  USG-nya:

Minggu ke 11 hingga 14

USG di usia ini untuk mengukur ketebalan bagian dinding bagian belakang leher janin atau Nuchal Translucency), Fungsinya untuk mengetahui apakah terdapat cacat bawaan dan juga kelainan kromosom 21 (sindroma Down) dan kelainan kromosom 18 (Sindroma Edward).

Baca Juga :  TIPS SEHAT KEHAMILAN BAGI IBU DIABETES

Minggu ke 18 hingga 24

USG usia ini untuk mengetahui kelainan organ janin dan juga pemeriksaan aliran darah dalam pembuluh darah ibu yang menuju rahim. Fungsinya untuk memeriksakan apakah terdapat penyakit hidrosefalus, kista pada kepala, spina bifida dan juga kebocoran jantung.

Minggu ke 21 hingga 24

USG untuk mengetahui apakah ada hambatan pada pertumbuhan janin.

Minggu ke 32 hingga 34

USG usia ini untuk melihat apakah terdapat hambatan pada pertumbuhan janin dan juga mendeteksi ancaman persalinan prematur. Baca juga: 5 Persiapan Penting Pra Persalinan

Itulah 8 waktu yang tepat untuk USG saat hamil. Pada saat melakukan USG pertama kali, mintalah rekomendasi pada dokter tentang kapan waktu untuk melakukan USG selanjutnya, karena kondisi kehamilan setiap ibu berbeda-beda.