SUDAH BERHENTI KB TAPI TIDAK HAID & HAMIL?

Kenapa sudah berhenti KB tapi tidak haid & hamil? Gangguan pada seorang ibu yang tidak mengalami haid seperti ini disebut dengan istilah amenore. Selama Anda memakai KB Hormon, baik itu suntik, pil atau susuk adalah wajar karena hal itu terjadi sebagai pengaruh dari KB tersebut. Obat KB tentu saja berfungsi untuk menekan hormon repro-duksi seorang wanita agar mencegah kehamilan.

Namun meskipun KB tersebut telah dihentikan kadang kadang tidak langsung bisa terasa efeknya, dengan kata lain wanita tersebut tidak langsung bisa haid lagi. Hal ini dapat terjadi karena akumulasi dari obat KB tadi yang tersimpan di dalam lemak tubuh seorang wanita yang membutuhkan waktu untuk terurai.

Tentu saja hal ini membuat sebagin wanita merasa resah, karena program kehamilannya merasa terganggu. Karena meskipun telah berhenti ber-KB, biasanya tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menguraikan obat yang telah terakumulasi tersebut & biasanya membutuhkan sekitar 6 bulan atau lebih, bahkan hingga satu tahun, terutama pada pemakaian KB suntik tiga bulan alias KB suntikan progestin. Jika Anda beruntung, mungkin bisa lebih cepat. Ya, kembalinya kesuburan yang juga ditandai dengan siklus haid yang teratur setelah berhenti KB ini memang membutuhkan waktu yang bervariasi, karena memang kondisi tubuh setiap wanita berbeda beda.

sudah berhenti KB tapi tidak haid & hamil

Image: sunthisepuri.com

Nah, jika Anda termasuk wanita sudah berhenti KB tapi tidak haid & hamil, mungkin bertanya bagaimana dengan solusinya? Sebenarnya, haid nantinya bisa timbul kembali cdengan sendirinya atau ‘dipancing’ dengan pemberian obat tertentu dalam jangka pendek selama kurang lebih 2 minggu dari dokter dan kemudian ditunggu datangnya haid.

Baca Juga :  8 TIPS & CARA AGAR HAMIL ANAK LAKI-LAKI

Yang harus Anda dilakukan di dalam persiapan kehamilan adalah dengan merubah pola hidup agar menjadi lebih sehat dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan juga asupan vitamin pre natal yang dibutuhkan serta nutrisi seimbang sesuai kebutuhan, istirahat secara teratur dan juga berolahraga. Baca juga: 4 Vitamin Pre-Natal Sebagai Persiapan Kehamilan.

Selian beberapa hal tersebut, jika Anda sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya hentikan dulu segala kegiatan yang menjadi pantangan bagi ibu hamil. Misalnya seperti mero-kok, konsumsi obat-obatan terla-rang, apalagi alko-hol. Hindari juga mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Baca juga: 15 Pantangan Penting Bagi Ibu Hamil.

Menurut penjelasan yang dikeluarkan oleh The Center for Disease Control ( CDC ), seorang wanita yang punya rencana untuk hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan juga asam folat kurang lebih sebanyak 400 mikrogram per hari supaya bisa mengurangi risiko terjadinya gangguan perkembangan otak embrio pada bayi dalam kandungan.

Baca Juga :  NYERI HAID, PENYEBAB, CARA MENGOBATI & MENCEGAHNYA,

Nah terjawab sudah pertanyaan kenapa sudah berhenti KB tapi tidak haid & hamil. Jika setelah beberapa bulan lagi ternyata Anda belum haid juga, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan seorang dokter spesialis kebidanan & kandungan.

Related Post "SUDAH BERHENTI KB TAPI TIDAK HAID & HAMIL?"

10 Minuman Meredakan Rasa Mual Saat Hami
10 Minuman Meredakan Rasa Mual Saat Hami.
Kumpulan Doa Cepat Hamil, Biar Hamil, & Punya Anak
selain cara-cara sebelumnya yang kita bahas begimana
Cara Mengatasi Telat Datang Bulan 1 Minggu Karena Stres
Salah satu penyebab haid tidak teratur adalah
Makanan Penyebab Kandungan Lemah Saat Hamil Muda
Berbagai penyebab kandungan lemah memang sangat berbahaya