7 SUMBER ASAM FOLAT UNTUK PROGRAM KEHAMILAN

Sedang program kehamilan? 7 makanan mengandung asam folat ini wajib Anda konsumsi. Sebagaimana telah banyak diketahui, asam folat merupakan zat penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan juga regenerasi sel. Beberapa studi ilmiah berhasil menemukan bahwa kekurangan zat asam folat ini bahkan bisa menimbulkan masalah mental juga seperti depresi.

Asam folat atau juga lebih dikenal sebagai nama vitamin B9 sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan serta beperan penting dalam mencegah cacat janin, mencegah penyakit Alzheimer dan juga beberapa jenis penyakit kanker.  Nah, untuk Anda yang siap untuk menjadi seorang Bunda & sedang menjalani atau merencanakan program kehamilan atau mungkin saat ini sedang hamil, berikut adalah tujuh makanan yang merupakan sumber asam folat yang dapat Anda konsumsi tiap hari.

program kehamilan

Image: www.momjunction.com

Sayuran berdaun hijau

Baca Juga :  Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Sayuran yang berdaun hijau merupakan salah satu jenis makanan yang jadi sumber folat. Anda bisa mengonsumsi berbagai macam sayuran yang berdaun hijau, misalnya  seperti bayam dan juga selada untuk dapat memenuhi kebutuhan asam folat sehari-hari Anda. Baca juga: 5 Persiapan Penting Sebelum Hamil

Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan sebagai sumber asam folat yang baik. Sebaiknya, Anda mengonsumsi brokoli ini dalam keadaan mentah yang segar atau dikukus dulu sebentar.

Buah sitrus

Banyak buah-buahan yang memiliki kandungan asam folat, namun buah sitrus ini berada di peringkat yang tertinggi. Buah sitrus merupakan buah yang jadi sumber asam folat. Satu buah jeruk sitrus memiliki kandungan sekitar 50 mcg & segelas besar jus jeruk tentu saja berisi lebih banyak lagi asam folat. Buah yang kaya folat lain diantaranya termasuk pepaya, jeruk, pisang, melon, anggur dan juga stroberi.

Baca Juga :  5 NUTRISI AGAR BAYI CERDAS SEJAK DALAM KANDUNGAN

Alpukat

Alpukat ini menyediakan sekitar 22 % dari kebutuhan asupan asam folat sehari-hari Anda. Buah ini juga adalah sumber asam lemak, sumber vitamin K & serat makanan.

Jagung

Jagung ini mengandung banyak zat asam folat. Jagung juga menyediakan hampir 20% dari asupan kebutuhan asam folat harian bagi Anda. Hindarilah membeli jagung dalam kemasan kaleng. Pilihlah jagung yang masih segar.

Seledri

Seledri biasanya dianggap sebagai jenis makanan untuk dapat menghilangkan batu ginjal, namun apakah Anda juga tahu jika seledri ini merupakan makanan yang jadi sumber asam folat? Seledri ini menyediakan sekitar 8 persen dari asam folat yang dibutuhkan Anda setiap hari. Baca juga: Manfaat Hebat Zat Besi Bagi Kehamilan

Baca Juga :  4 MANFAAT MADU UNTUK IBU HAMIL YANG BERKHASIAT

Wortel

Wortel juga termasuk makanan yang menyediakan 5% dari kebutuhan asam folat harian. Anda bisa saja makan wortel mentah syang dijadikan ebagai camilan ataupun menambahkannya ke salad untuk dapat memenuhi kebutuhan asam folat Anda setiap hari.

Itulah 7 makanan yang jadi sumber asam folat bagi Anda yang sedang menyiapkan program kehamilan & bisa Anda konsumsi setiap harinya. Perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya asam kandungan folat saat mempersiapkan kehamilan.

Tags: Nutrisi Ibu Hamil

Related Post "7 SUMBER ASAM FOLAT UNTUK PROGRAM KEHAMILAN"

Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Periode Trimester 2
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Periode Trimester