6 GERAKAN JANIN DALAM KANDUNGAN MINGGU KE MINGGU

6 gerakan janin dalam kandungan minggu ke minggu ini mungkin bisa menjawab rasa penasaran Bunda yang sedang hamil. Waktu paling baik untuk dapat mengamati gerakan bayi dalam kandungan adalah di saat malam hari ketika Anda sedang berbaring santai. Atau di saat pagi hari di saat bangun tidur apabila usia kandungan Bunda sudah memasuki trimester ketiga.

Apabila Anda bisa merasakan janin yang bergerak, baik gerakannya secara halus atau kuat, artinya calon bayi Anda dalam kondisi baik-baik saja. Tapi, jika Anda merasa janin Anda tidak aktif seperti biasanya, maka kemungkinan besar dia sedang malas untuk bergerak, dan Anda perlu mencoba membangkitkan semangat geraknya. Karena jika janin tidak merespon stimulasi Anda, dan kondisi seperti itu sudah berlangsung selama lebih dari 1 hari, segeralah periksa ke dokter, untuk dapat memantau kondisi janin.

6 gerakan janin dalam kandungan minggu ke minggu

Image: youtube.com

Untuk itu sebaiknya Anda kenali gerakan bayi dalam kandungan sesuai dengan usia kehamilan, agar Anda dapat ikut memantau juga perkembangannya. Inilah 6 gerakan janin dalam kandungan minggu ke minggu yang harus diketahui para Bunda.

Baca Juga :  5 MITOS TENTANG PERSALINAN ATAU MELAHIRKAN

Janin dalam perut ibu minggu ke 16 sampai 20

Di minggu yang ke 16 Anda mulai bisa merasakan gerakan si kecil seperti tendangan dan juga tonjokan. Ini disebut juga sebagai fase quickening.

Janin dalam perut ibu minggu ke 21 sampai 24

Aktivitas janin dalam perut Bunda makin meningkat. Dia lebih banyak menendang dan juga jungkir balik, karena volume dari air ketuban masih memungkinkan untuk si kecil sering bergerak leluasa. Baca juga: 4 Efek Musik Klasik Untuk Janin.

Bayi dalam perut ibu minggu ke 25 sampai 28

Janin Anda mulai cegukan. Inil juga yang menyebabkan Anda bisa merasakan sensasi seperti tersentak sentak. Bayi Anda juga akan bergerak saat merespon suara dari luar dikarenakan pendengarannya semakin baik. Terkadang janin merasa ‘kaget’ mendengar volume suara keras. Baca juga: Ciri Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan.

Baca Juga :  5 TIPS MENJAGA KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA

Bayi dalam perut ibu minggu ke 29 sampai 31

Gerakan janin Anda semakin makin kuat, teratur serta terkendali. Kadang-kadang Anda sampai merasakan rahim seperti kontraksi.

Bayi dalam perut ibu minggu ke 32 sampai 35

Inilah masa puncak dari aktivitas janin. Pada minggu-minggu ini, Bunda akan merasakan sebuah peningkatan frekuensi serta tipe gerakan janin, karena dia sudah semakin besar & kuat. Baca juga: 5 Aktifitas Janin Di Dalam Perut Ibu.

Bayi dalam perut ibu minggu ke 36 sampai 40

Ukuran bayi di dalam kandungan yang semakin besar dan juga keterbatasan ruang di dalam rahim akan membuat gerakan memutar si kecil makin berkurang juga frekuensinya. Jika dia sedang asik mengisap jempolnya dan tiba tiba lepas, Anda akan merasakan sebuah gerakan darting dan cepat. Itu tandanya janin memutar kepalanya untuk kemudian mencari ibu jarinya kembali. Apabila perut Anda kurus, maka kemungkinan besar bisa memegang kaki bayi. Gerakan utamanya yang Anda rasakan berupa tonjokan tangan ataupun tendangan kaki si kecil yang mungkin agak menyakitkan pada tulang rusuk Anda. Baca juga: Sering Ngobrol Dengan Janin Berefek Luar Biasa.

Baca Juga :  20 TANDA TANDA KEHAMILAN YANG JELAS TERASA DAN TERLIHAT

Itulah 6 gerakan janin dalam kandungan minggu ke minggu yang bisa Anda rasakan. Bila dalam usia kandungan 15 atau 16 bulan Anda belum bisa merasakan gerakannya, jangan khawatir, karena sebagian Bunda memang ada yang mengalaminya, terkadang gerakannya hanya halus saja, nanti juga Bunda akan merasakan gerakannya lebih jelas seiring bertambahnya usia kehamilan. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kondisi kehamilan bunda pada dokter.

Tags: Bayi Dalam Kandungan

Related Post "6 GERAKAN JANIN DALAM KANDUNGAN MINGGU KE MINGGU"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup