5 BENTUK NGIDAM PADA IBU HAMIL YANG SERING DITEMUI

Sedikitnya ada 5 bentuk ngidam pada ibu hamil yang sering ditemui. Ngidam merupakan salah satu ciri wanita hamil yang bentuknya bisa beraneka acam, dari yang tampak biasa hingga yang agak aneh dan cukup membahayakan. Secara medis, keadaan seperti ini sering terjadi seiring dengan masa terjadinya mual & muntah karena hormon Human Chorionic Gonadothropine atau HCG, yang berada pada level paling tinggi saat kehamilan seseorang menginjak usia 60 hari atau 2 bulan.

Hormon yang satu ini akan mulai menurun setelah usia kehamilan memasuki 4 bulan ke atas dan juga akan membuat masa ngidam Anda berakhir. Sedikitnya ada 5 bentuk ngidam pada ibu hamil, namun tidak semuanya harus dipenuhi, apalagi yang berbahaya.

Ngidamkan makanan atau minuman

Keinginan seperti ini bisa merupakan usaha seorang ibu hamil untuk dapat mengurangi rasa mual dan juga pusing. Bisa juga ini merupakan cara tubuh wanita hamil memberi sinyal untuk mengonsumsi zat atau nutrisi penting yang sedang dia butuhkan.

ngidam pada ibu hamil

Image: www.womenshealthmag.com

Jika makanan yang diinginkan sulit ditemukan, cobalah cari makanan dengan rasa yang serupa yang tersedia. Misalnya saja, sayur asam diganti tomyam atau  permen coklat diganti susu coklat. Namun, tetap perhatikan juga kesehatan janin yang dikandung ibu dengan mengusahakan tetap makan makanan serta minuman bergizi dan juga bervariasi.

Baca Juga :  5 TIPS KESEHATAN IBU HAMIL WANITA KARIR

Ingin sekali mengganggu

Terkadang keinginan untuk mengganggu ini timbul pada ibu hamil, bahkan dengan sesuatu yang tidak sopan dan juga membuat orang lain merasa tidak nyaman. Meski Anda sedang hamil, bukan berarti seluruh dunia ini harus bertekuk lutut, memahami serta menuruti semua kamauan Anda. Coba alihkan dulu keinginan tersebut pada hal lainnya yang membuat Anda bisa mengurangi kinginan tersebut. Misalnya saja dengan berkata kepada diri sendiri bahwa keinginan tersebut tidaklah sopan dan sangat memalukan.

Makan sesuatu yang berbahaya

Ngidam ingin makan sabun, kapur tulis, tanah liat, kertas dan deterjen? Kecenderungan seperti ini disebut  dengan pica, keinginan makan zat yang tidak memiliki kandungan nutrisi sehat untuk tubuh. Tentu saja Anda tidak boleh menuruti keinginan tersebut karena berbahaya. Apabila keinginan seperti itu Anda alami secara terus-menerus, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan atau psikolog.

Baca Juga :  5 Tips untuk Mengurangi Asupan Kalori

Menyerempet bahaya

Tiba-tiba saja keinginan yang berbahaya tersebut muncul, seperti Ingin ditabrak, ingin bergelayutan di poohon, bahkan ingin dibonceng dengan motor sambil berdiri. Keinginan itu bisa jadi karena ingin mendapatkan perhatian dari orang terdekat atau karena dianggap lemah & ingin membuktikan bahwa Anda kuat. Jangan sampai diikuti, Anda dapat menyiasatinya dengan cara menceritakannya kepada suami ataupun kepada orang-orang terdekat. Pendapat mereka nantinya akan menguatkan Anda bahwa tindakan tersebut berbahaya.

Ga!rah yang melonjak

Memasuki trimester kedua kehamilan, tubuh seorang ibu hamil akan menghasilkan lebih banyak hormon estrogen dan sekaligus membuatnya merasa lebih mudah untuk terang-sang, bahkan bisa mengalami kl!maks lebih cepat serta berkali-kali dalam melakuakn ML dengan suami. Katakan saja has-rat seperti itu kepada suami supaya Anda bisa menikmatinya.

Baca Juga :  MANFAAT KACANG BAGI KESEHATAN IBU HAMIL

Biasanya para suami enggan berhubungan dikarenakan merasa khawatir dengan kondisi janin dan juga ibunya. Padahal, tidak ada larangan untuk ML selama hamil. Baca juga: 7 Manfaat ML Saat Hamil.

Itulah 5 bentuk ngidam pada ibu hamil yang sering dirasakan sebagian besar ibu hamil di dunia ini. Penting bagi Anda untuk berkomunikasi dengan suami secara intens terhadap apapun yang Anda rasakan agar ngidam yang tidak baik & berbahaya bisa dihindari.

Related Post "5 BENTUK NGIDAM PADA IBU HAMIL YANG SERING DITEMUI"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal