BAHAYA KEKURANGAN YODIUM BAGI IBU HAMIL

Bahaya kekurangan yodium bagi ibu hamil mungkin termasuk hal yang jarang diketahui ataud abaikan. Padahal saat kehamilan, asupan zat yang satu ini tak kalah penting saat Anda menjalani masa kehamilan. Kekurangan yodium ataupun iodium pada wanita hamil ternyata dapat memebrikan dampak buruk bagi kesehatan janin yang dikandungnya.

Bayi dalam kandungan yang kekurangan iodium bisa mengalami gangguan tiroid ataupun mengalami kekurangan hormon tiroid (hipotiroid). Achmad Rudijanto, seorang dokter Spesialis Penyakit Dalam – Konsultan Endokrin & Metabolik Diabetes menjelaskan bahwa jika asupan iodium ibu hamil kurang, maka asupan pada bayi juga kurang. Produksi hormon tiroidnya turun, jadi hipotiroid akan terjadi sejak di dalam kandungan. Baca juga: Bahaya Makan Mie Instan Saat Hamil.

Yodium bagi ibu hamil

Image: womenshealth.chiropractor.com

Hormon tiroid ini sangat dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh. Tubuh yang kekurangan hormon tiroid ini dapat menyebabkan otak bayi dalam kandungan tidak berkembang, sehingga anak Anda akan berisiko mengalami keterbelakangan mental. Anak Anda juga bisa mengalami gangguan seius dalam pertumbuhannya. Dokter Achmad Rudijanto yang juga seorang anggota dari Perkumpulan Endokrinologi Indonesia atau Perkeni ini menuturkan bahwa keterbelakangan mental pada bayi ini bisa dicegah, jika ia dideteksi sejak baru lahir. Oleh karena itu, skrining Hipotiroid Kongenital ini penting untuk di lakukan pada bayi yang baru lahir. Baca juga: 3 Jenis Buah Yang Bahaya Bagi Wanita Hamil.

Baca Juga :  Faktor yang Menyebabkan Susah Hamil

Rudi juga menjelaskan, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh WHO, kebutuhan yodium per harinya untuk seorang ibu hamil dan ibu menyusui adalah 200 mikrogram. Jumlah ini tentunya lebih banyak jika dibanding kebutuhan orang de-wasa yang tidak hamil, yaitu sekitar 150 mikrogram per harinya. Ini sangat penting agar bahaya kekurangan yodium bagi ibu hamil bisa dihindari.

Elizabeth Jane Soepardi yang menjabat sebagai Direktur Bina Kesehatan Anak di Kementerian Kesehatan menjelaskan bahwa perlu sosialisasi tentang betapa pentingnya asupan iodium ini bagi para ibu hamil. Baca juga: 8 Nutrisi Yang Harus Dipenuhi Saat Hamil.

Nah, sudah jelas kan bunda tentang bahaya kekurangan yodium bagi ibu hamil ini? Sebenarnya kebutuhan iodium ini tidak banyak, namun harus ada. Jadi, usahakan untuk makan ikan laut. Kalau menggunakan garam pada makanan, gunakanlah garam yang beryodium.

Related Post "BAHAYA KEKURANGAN YODIUM BAGI IBU HAMIL"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal