BAHAYA HAMIL DI ATAS USIA 40 TAHUN

Tahukah Anda tentang bahaya hamil di atas usia 40 tahun? Seorang wanita yang menjalani masa kehamilan di saat umurnya sudah melebihi empat puluh tahun akan menghadapi cukup banyak risiko kesehatan yang dinilai ekstrem. Selain itu, sudah banyak juga penelitian yang membuktikan bahwa seorang wanita lebih disarankan untuk menjalani kehamilannya dengan usia di bawah usia 30 tahun.

Kira-kira apa saja yang menjadi risikonya? Berikut adalah 5 bahaya hamil di atas usia 40 tahun bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan agar tidak melebihi usia ini seperti dilansir Boldsky.

Komplikasi Dalam Persalinan

Seorang ibu yang hamil dengan usia di atas 40 tahun dapat mengalami terjadinya komplikasi persalinan, yang juga dapat menyebabkan nyeri selama sedang menjalani persalinan prematur ataupun persalinan caesar. Baca juga : 7 Tips Supaya Bayi Tak Lahir Prematur.

hamil di atas usia 40 tahun

Image: parenting.com

Ukuran janin

Baca Juga :  Tanda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

Hamil dengan usia di atas usia 40 tahun akan memberikan berdampak besar kepada ukuran dan juga berat janin Anda. Ukuran janin mungkin saja akan terlalu kecil ataupun terlalu besar, yang akan menyebabkan kesulitan atau terjadinya komplikasi selama dalam persalinan.

Risiko Tekanan darah tinggi

Seorang ibu yang hamil saat usianya sudah melebihi 40 tahun akan mempunyai tekanan darah yang tidak konstan. Ini tentu saja tidak baik bagi seorang ibu hamil. Baca juga: Keuntungan Hamil Di Usia 20 Tahunan.

Risiko Diabetes Gestasional Lebih Besar

Diabetes Gestasional adalah salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh sebagian besar ibu hamil. Dan ternyata risiko tersebut akan semakin meningkatkan pada seorang wanita yang hamil di atas umur 40 tahunan.

Baca Juga :  Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Risiko Terjadinya Gangguan Bawaan

Menjalani masa hamil dengan usia di atas 40 tahun juga akan meningkatkan risiko terjadinya gangguan bawaan pada bayi yang lebi besar, termasuk juga dengan risiko terkena down syndrome serta autisme. Baca juga: Apakah Benar Anak Auitis Bisa Sembuh?

Itulah 5 bahaya hamil di atas usia 40 tahun. Meskipun beberapa wanita ada yang menjalani kehamilannya di usia ini dan tetap lancar serta sehat hingga melahirkan, namun alangkah baiknya jika Anda memprogram kehamilan antara usia 20 hingga 30 tahunan untuk berjaga-jaga dalam menghindari 5 risiko di atas.

Related Post "BAHAYA HAMIL DI ATAS USIA 40 TAHUN"

Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Periode Trimester 2
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Periode Trimester