5 POSISI & CARA DUDUK IBU HAMIL YANG BENAR

Ada 5 posisi dan cara duduk ibu hamil yang benar, aman dan harus Anda tahu. Bila Anda saat ini sedang hamil, Anda harus mulai untuk memikirkan banyak hal agar selalu sehat & aman selama menjalani masa kehamilan. Apa saja yang harus dimakan, bagaimana posisi dan cara duduk yang baik saat hamil, posisi tidur ibu hamil, cara berjalan merupakan hal sepele yang sebetulnya sangat penting untuk dipikirkan.

Apabila itu merupakan kehamilan pertama Anda, sebaiknya Anda lebih protektif dalam setiap gerakan. Menurut sebuah penelitian terbaru, seorang wanita hamil yang berdiri untuk jangka waktu yang cukup lama melahirkan bayi lebih pendek & kurus.

Demikian juga, jika Anda ingin duduk untuk jangka waktu yang lama, Anda harus tahu betul postur duduk yang nyaman & aman. Cara duduk dapat membawa dampak yang cukup besar pada kehamilan Anda. Apabila Anda tidak duduk dengan posisi yang tepat, Anda bisa saja menderita sakit punggung ataupun nyeri perut bagian bawah. Itulah sebabnya, Anda harus fokus pada posisi duduk saat hamil yang benar.

cara duduk ibu hamil yang benar

Image: arogyamasthu.com

Berikut ini adalah 5 posisi dan cara duduk ibu hamil yang benar, aman & nyaman serta agar dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungannya yang dilansir laman Boldsky.

Baca Juga :  MANFAAT RUMPUT LAUT UNTUK IBU HAMIL

Punggung Lurus & Bahu Tertarik Ke Belakang

Idealnya, posisi duduk paling baik untuk ibu hamil adalah bagian punggungnya lurus dengan bahu yang tertarik ke belakang. Ketika Anda sedang dalam masa hamil, peningkatan berat badan tentunya sangat mempengaruhi ligamen & otot. Hal tersebut bisa menyebabkan nyeri pada tubuh Anda sehingga sulit untuk bisa duduk dengan benar. Tapi, duduk lurus akan mampu membuat Anda merasa lebih baik & menghindari timbulnya sakit punggung selama dalam kehamilan. Baca juga: Amankah Menyetir Mobil bagi Ibu Hamil.

Menyandarkan Tubuh Sepenuhnya Pada Kursi Atau Sofa.

Ini merupakan salah satu postur duduk yang mampu membantu wanita hamil untuk menghindari sakit punggung. Sandarkan bagian pan-tat dan bahu Anda pada kepala sofa sehingga Anda akan merasa lebih nyaman. Baca juga: 3 Posisi Tidur Yang Aman & Nyaman Buat Ibu Hamil.

Baca Juga :  6 TIPS MENYUSUI SAAT HAMIL AGAR TETAP SEHAT

Seimbangkan Berat Badan Saat Sedang Duduk.

Selama menjalani kehamilan, kaki akan rentan terkena nyeri akibat adanya kenaikan berat badan. Jadi, di saat Anda sedang duduk ataupun berdiri, seimbangkanlah selalu berat badan Anda pada kedua kaki. Apabila duduk, bagilah porsi tubuh Anda pada kedua pinggul.

Jangan Duduk Tanpa Berubah Dalam 30 Menit

Wanita hamil sebenarnya tidak boleh duduk dalam posisi yang sama atau itu itu saja selama lebih dari 30 menit lamanya. Ubahlah posisi duduk Anda untuk dapat meningkatkan aliran darah di dalam tubuh & menghindari terjadinya nyeri. Baca juga: Tips Aman Naik Motor Untuk Wanita Hamil.

Lakukan Peregangan

Wanita hamil yang bekerja atau berkarir biasanya harus duduk selama berjam-jam di belakang meja kantor. Oleh karena itu, usahakanlah untuk lebih sering dalam meregangkan kaki Anda setiap jam & mencoba untuk bisa berjalan-jalan kecil di area dekat meja kantor.

Baca Juga :  6 TANDA & CIRI KANDUNGAN SEHAT SAAT HAMIL

Itulah 5 posisi dan cara duduk ibu hamil benar & aman. Jangan remehkan hal-hal semacam ini, karena akan berdampak bagi kesehatan dan kenyamanan Anda selama menjalani masa kehamilan. Apalagi jika sudah datang sakit punggung yang berat karena salah posisi duduk, Anda akan susah tidur juga tidak merasa nyaman.

Related Post "5 POSISI & CARA DUDUK IBU HAMIL YANG BENAR"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal