15 TIPS USIA KEHAMILAN 7 BULAN YANG PENTING

15 tips usia kehamilan 7 bulan ini cukup penting bagi para ibu hamil. Saat hamil memasuki usia tujuh bulan ataupun awal masa kehamilan trimester ketiga ini tentunya menjadi salah satu momen yang akan sangat menyenangkan bagi Bunda dan pasangan.

Nah, agar persiapan Anda dalam menyambut si kecil semakin siap, ada 15 tips usia kehamilan 7 bulan berikut ini yang bisa Bunda terapkan saat mulai memasuki trimester ketiga.

Perhatikan Gerakan Janin

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah selalu memperhatikan setiap gerakan janin dengan baik. Di masa ini, Anda pasti sudah tahu betul kapan bayi tidur & bangun. Nikmati & rasakan pada saat si kecil menendang-nendang ataupun menggeliat. Segera beritahu kepada dokter atau bidan apabila Anda mendeteksi perubahan pada pola aktivitas bayi  atau apabila pergerakan si kecil semakin berkurang. Baca juga: 5 Aktifitas Bayi Di Dalam Kandungan.

kehamilan 7 bulan

Image: www.everydayfamily.com

Pelajari Tanda Melahirkan

Pelajari tanda-tanda dekatnya kelahiran, mulai dengan mendeteksi bukaan pertama sampai bagaimana cara untuk mengatasi kram sebelum melahirkan. Baca juga: 12 Tanda Melahirkan Sudah Dekat.

Makan yang Teratur

Jangan lupa untuk selalu makan dengan teratur, karena di masa awal trimester ke 3 ini asupan nutrisi sangat penting bagi Bunda dan juga pertumbuhan janin dalam kandungan. Tambahkan juga berbagai makanan yang banyak memiliki kandungan zat besi, untuk dapat membantu produksi sel darah merah. Baca juga: Manfaat Zat Besi Bagi Wanita Hamil.

Baca Juga :  IBU HAMIL SERING NAIK TURUN TANGGA, BAHAYAKAH?

Senam Hamil

Mulailah banyak melakukan senam dan juga peregangan khusus wanita hamil dari sekarang, untuk dapat mempersiapkan tubuh di dalam menghadapi kelahiran si kecil. Atau juga mulai ikut senam hamil untuk pesiapan melahirkan. Baca juga: Gerakan Senam Hamil Untuk Persalinan.

Pijat Perut

Pijatlah perut Anda secara lembut dan teratur. Hal tersebut dapat membantu dalam melancarkan peredaran darah serta mengurangi rasa stres pada kulit yang tertarik kencang. Usap saja secara perlahan perut Anda dengan mengikuti kontur perut. Selain sangat menyehatkan, Anda juga nantinya akan merasa lebih dekat lagi dengan si buah hati. Jangan kaget apabila Anda merasakan tendangan si buah hati sebagai balasan.

Siapkan Pelengkapan Bayi

Sudah mengetahui bayi Anda laki-laki atau perempuan kan? Berarti saatnya untuk berbelanja keperluan bayi Anda dengan pasangan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan berbagai keperluan pertama si kecil pasca kelahiran, misalnya seperti selimut, bedak dan lainnya. Baca juga: 50 Daftar Pelengkapan Bayi Baru Lahir.

Siapkan Kebutuhan Persalinan

Selain menyiapkan pelengkapan keperluan bayi, jangan sampai lupa juga untuk mulai mempersiapkan berbagai barang kebutuhan Bunda sendiri di rumah sakit nantinya. Jika memungkinkan, siapkan barang-barang tersebut dengan baik di dalam sebuah tas, sehingga Anda & suami tidak usah bingung jika tiba saatnya melahirkan. Meskipun Anda tidak memiliki rencana untuk melahirkan di sebuah rumah sakit, namun tidak ada salahnya juga untuk berjaga-jaga.

Baca Juga :  10 Minuman Meredakan Rasa Mual Saat Hami

Ajak Bayi Bicara

Ajak bayi Anda mengobrol. Pada kehamilan trimester terakhir ini, bayi dalam kandungan sudah bisa mendenggarkan suara Anda. Jangan pernah merasa kikuk & canggung. Ceritakan saja berbagai aktivitas sehari-hari Anda, atau bisa membacakan sebuah buku cerita, atau dengan menyanyikan sebuah lagu untuknya. Baca juga: Efek Ajaib Mengajak Bicara Bayi Dalam Perut.

Kurangi Aktifitas Berat

Hindari berbagai aktivitas yang dapat membuat Anda akan mengalami sakit pinggang atau punggung. Hindari mengangkat berbagai barang yang terlalu berat sebab akan mengencangkan ikatan di persendian Anda yang telah melunak. Baca juga: 13 Cara Alami Atasi Sakit Punggung Bumil.

Pelajari kontraksi Anda

Perhatikan bagaimana rasa kontraksi tersebut dan seberapa sering kemunculannya. Sehingga, Anda bisa membedakannya dengan tanda-tanda persalinan yang sebenarnya.

Tetap ML

Asahlah kreativitas Anda bersama dengan pasangan di ranjang. Siapa bilang wanita yang hamil tua tidak dapat menikmati hubungan in-t!m yang berkualitas? Ajaklah suami Anda untuk dapat menemukan posisi dirasa nyaman. Karena disamping berjalan-jalan, ber-cinta juga bisa membantu usaha persalinan alami. Baca juga: 7 Manfaat Hebat ML Saat Hamil.

Ikut Kelas Ibu Hamil

Selain mengikuti kelas senam ibu hamil, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk ikut kelas baby care ataupun menyusui . Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda setelah melahirkan nantinya.

Belajar Menyusui Bayi

Apabila Anda nantinya berencana untuk menyusui bayi dengan ASI Ekslusif, pelajarilah cara menyusui bayi sebanyak mungkin mulai dari sekarang. Anda juga dapat berdiskusi dengan orang-orang terdekat seperti anggota keluarga, teman, bidan, dokter atau membaca berbagai artikel terkait. Baca juga: Ini Dia Pantangan Ibu Menyusui Yang Wajib Diperhatikan.

Baca Juga :  MANFAAT BABYMOON BAGI IBU HAMIL, PENTING!!

Pilihlah Dokter Yang Anda Percayai

Mulailah berdiskusi dari sekarang dengan suami dan kemudian menentukan dokter untuk dapat membantu persalinan Anda nantinya. Hal tersebut sangat membantu di dalam mempersiapkan persalinan terbaik bagi si buah hati. Baca juga: 6 Tips Memilih Dokter Kandungan Terbaik.

Siapkan Tempat Tidur Bayi

Persiapan untuk menyiapkan tempat tidur si buah hati memang butuh waktu. Mungkin Anda memiliki beberapa ide kreatif dalam benak Anda, misalnya seperti ranjang bayi, ruang kamar tidur khusus si kecil, ataupun beberapa pilihan lainnya. Setidaknya Anda sudah punya gambaran saat usia kehamilan 7 bulan agar tidak repot mengaturnya saat sudah dekat dengan waktu persalinan.

15 tips usia kehamilan 7 bulan di atas bisa Anda terapkan saat Anda mulai memasuki trimester ke 3. Jangan terlalu banyak yang ditunda, karena waktu 3 bulan menuju pesalinan itu akan berlangsung cukup cepat, agar Anda tidak repot mempersiapkan semuanya saat waktu melahirkan semakin dekat.

Related Post "15 TIPS USIA KEHAMILAN 7 BULAN YANG PENTING"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal