10 PENYEBAB PUSING SAAT HAMIL YANG HARUS DIKETAHUI

Apakah Anda ibu hamil yang sering merasa sakit kepala ? Ada 10 penyebab pusing saat hamil yang harus diketahui. Selain mual, pusing menjadi salah satu hal yang cukup banyak dikeluhkan oleh para wanita hamil. Terkadang kepala terasa pusing ini akan semakin parah dan Anda sendiri tidak tahu penyebabnya secara pasti.

Daripada Anda menduga-duga, berikut ini adalah 10 penyebab pusing saat hamil yang dilansir dari healthmeup.com dan beberapa sumber lainnya. Beberapa diantaranya adalah wajar terjadi saat menjalani kehamilan & yang lainnya membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Melebarnya pembuluh darah

Perubahan hormon Anda yang terjadi saat hamil mampu membuat lebar pembuluh darah. Sehingga tubuh Anda akan mengalirkan lebih banyak lagi darah ke bayi dalam kandungan Anda. Sistem kardiovaskular dan juga detak jantung Anda akan semakin meningkat. Darah yang dipompa juga dapat meningkat hingga mencapai 50%. Akibatnya, tidak jarang sebagian bumil sering merasakan pusing.

pusing saat hamil

Image: celebbabylaundry.com

Meningkatnya aliran darah

Meningkatkan aliran darah dalam tubuh kepada janin dalam kandungan Anda berarti juga bahwa tekanan darah Anda sendiri akan menurun. Sebenarnya sistem dari kardiovaskular dan juga saraf Anda telah dirancang untuk siap dengan hal tersebut, tapi ada saat di mana aliran darah Anda ke otak juga jadi tidak mencukupi sehingga akan membuat Anda pusing dan hingga ada yang pingsan.

Baca Juga :  Manfaat Berhubungan Inti* Saat Hamil

Munculnya tekanan dalam pembuluh darah

Seiring dengan semakin bertambah besarnya kehamilan, maka tentu saja rahim Anda juga akan menekan bagian pembuluh darah yang disebut dengan nama vena kava. Jenis vena yang satu ini termasuk vena yang besar dan berfungsi membawa kembali darah Anda dari tubuh di bagian bawah kepada jantung Anda. Tekanan ini tentu saja mampu membuat suplai darah Anda ke otak semakin berkurang dan akan menyebabkan pusing.

Kadar gula dalam darah yang rendah

Perubahan pada sistem metabolisme tubuh Anda yang juga terjadi ketika hamil mampu menurunkan kadar gula darah Anda. Ini mengakibatkan Anda merasa pusing.

Keempat penyebab munculnya rasa pusing pada saat sedang hamil di atas adalah wajar saja sehingga Anda tidak usah panik dan kemudian meminum banyak obat pusing, karena minum obat-obatan kimiawi berbahaya kesehatan kandungan Anda.

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik ini terjadi pada saat janin tertanam pada tuba falopi dan bukan di dalam rahim. Kehamilan ektopik ini akan menyebabkan pusing dengan disertai dengan nyeri pada salah satu sisi kepala.

Baca Juga :  7 ALASAN PENTINGNYA OLAHRAGA UNTUK IBU HAMIL

Tidak / kurang makan

Bayi Anda bagaikan ‘parasit’ dan akan menyedot berbagai nutrisi yang berada dalam tubuh Anda. Tubuh Anda akan mencukupi kebutuhan nutrisi janin terlebih dahulu sebelum mulai mencukupi nutrisi Anda. Itulah salah satu sebab kenapa wanita hamil disarankan untu kselalu makan setiap beberapa jam sekali. Apabila Anda tidak makan dalam waktu yang cukup lama, kadar glukosa dalam tubuh mungkin akan turun sehingga dapat menyebabkan pusing. Baca juga: 8 Nutrisi Penting Ibu Hamil.

Berdiri terlalu lama

Setelah usia kehamilan memasuki trimester kedua, berdiri dalam jangka waktu yang cukup panjang bukanlah merupakan hal yang bagus. Berdiri dapat menyebabkan penumpukan darah pada bagian  kaki dan sekaligus memotong suplai oksigen dari tubuh ke otak. Hal tersebut bisa mengakibatkan pusing dan juga beberapa ibu bahkan bisa pingsan.

Tekanan darah naik turun

Perubahan hormonal saat hamil dalam bisa menyebabkan tekanan darah jadi naik dan turun. Apabila tekanan darah Anda sedang turun dengan cepat, maka Anda akan mulai merasakan pusing dan juga berkeringat dengan deras. Tekanan darah Anda yang tidak stabil juga bisa membuat Anda merasa mual. Baca juga: 16 Tips Mudah Atasi Mual Kehamilan.

Baca Juga :  BAHAYA MINUM KOPI UNTUK IBU HAMIL

Diabetes gestasional

Apabila Anda menderita diabetes saat hamil atau yang disebut diabetes gestasional, Anda akan cukup sering mengalami pusing selama dalam menjalani kehamilan. Diabetes juga bisa mempersulit proses persalinan. Solusinya adalah Anda harus ubah pola makan dan juga makan pada tiap beberapa jam sekali untuk dapat menghindari pusing.

Anemia

Kekurangan zat besi ataupun anemia seringkali dialami oleh para wanita saat kehamilan. Anda perlu dengan rutin memeriksa kadar hemoglobin dan juga mengonsumsi beberapa suplemen zat besi agar tidak merasa pusing. Baca juga: Penyebab & Cara Alami Atasi Anemia Saat Hamil.

Itulah 10 penyebab pusing saat hamil yang harus Anda ketahui. Agar tidak menduga-duga, sebaiknya Anda rutin memeriksakan kandungan selama dalam menjalani masa hamil, agar setiap ada keluhan apapun bisa mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.