5 TIPS KEHAMILAN 6 BULAN YANG PENTING

Ada 5 tips kehamilan 6 bulan yang penting bagi Anda yang sedang menunggu kehadiran si buah hati. Hamil anak pertama tentu saja menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh ibu manapun di dunia ini. Memasuki akhir trimester ke dua atau bulan k eenam di masa kehamilan, bayi Anda akan muali mengembangkan paru-parunya yang mampu memproduksi suatu zat yang disebut surfaktan. Zat ini perannya sangat penting bagi paru-paru janin agar bisa berfungsi dengan baik.

Pada bulan saat memasuki keenam, kebanyakan wanita hamil juga akan mengalami beberapa macam keluhan, seperti merasa cepat lelah, tidak bahagia, atau beberapa diantaranya bahkan merasa lebih murung. Oleh sebab itu, berikut adalah 5 tips kehamilan 6 bulan yang penting dan perlu dilakukan oleh seorang ibu hamil ketika kehamilan mereka telah menginjak usia enam bulan.

kehamilan 6 bulan

Image: sentarainfo.com

Gerakan bayi

Baca Juga :  6 GERAKAN JANIN DALAM KANDUNGAN MINGGU KE MINGGU

Ketika Anda sudah mulai merasakan gerakan bayi yang ada di dalam kandungan Anda, itu merupakan salah satu pengalaman paling menyenangkan yang selalu dirasakan oleh kebanyakan wanita pada saat sedang hamil anak pertama. Anda akan mulai merasakanadanya  gerakan bayi dalam perut Anda ketika kehamilan mulai memasuki usia sekitar 18 hingga 20 minggu. Setiap kali si janin menendang perut Anda, gosokkanlah dengan lembut lengan Anda ke permukaan perut. Ini akan jadi salah satu cara untuk dapat berinteraksi lebih dekat lagi dengan bayi Anda. Baca juga: 5 Aktifitas Janin Di Dalam Kandungan.

Jalan kaki

Sangat penting bagi Anda untuk mencoba berjalan kaki pada saat kehamilan Anda memasuki usia enam bulan. Ini merupakan salah satu kegiatan yang ideal selama masa kehamilan. Berjalanlah kira-kira selama 20 sampai 30 menit pada saat kehamilan Anda muali menginjak enam bulan sebab itu akan sangat baik dampaknya untuk kesehatan tubuh Anda. Baca juga: 7 Alasan Ibu Hamil Harus Olahraga.

Baca Juga :  MANFAAT HEBAT KURMA BAGI IBU HAMIL & MENYUSUI

Berendam dalam air hangat

Berendam di dalam sebuah bak berisi air hangat mampu melepaskan berbagai stres yang Anda rasakan. Pada saat kehamilan Anda masuk usia enam bulan, mandi air hangat juga merupakan sebuah keharusan bagi ibu hamil. Wanita hamil harus merasakan santai dan berlatih untuk dapat bernapas dalam-dalam pada saat mereka berbaring di dalam bak mandi. Hal tersebut juga membantu Anda untuk dapat meringankan kaki yang bengkak. Baca juga: 6 Tips Mudah Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil.

Selalu Berkomunikasi

Ketika kehamilan Anda sudah menginjak enam bulan, pendengaran janin Anda telah lebih berkembang. Anda dapat mulai mengajaknya bebicara ataupun memperdengarkan beberapa musik klasik padanya. Baca juga: Ajaibnya Manfaat Bicara Pada Perut Bumil.

Baca Juga :  Pertumbuhan Janain yang Terhambat Bisa Menyebabkan Kematian Janin

Berenang

Ketika usia kehamilan Anda sudah mulai menginjak enam bulan, berenang merupakan latihan fisik yang dinilai paling sehat dan aman bagi Anda. Anda dapat melepaskan stres & lelah serta membuat tubuh menjadi semakin bugar.

Itulah 5 tips kehamilan 6 bulan yang penting dapat Anda lakukan jika usia kehamilan Anda sudah memasuki usia enam bulan. Silahkan Anda coba dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter ya mengenai perkembangan kandungan Anda!