5 MAKANAN & MENU SEHAT IBU HAMIL YANG TERBAIK

Banyak makanan dan menu sehat ibu hamil yang bisa Anda konsumsi sesuai selera. Makanan sehat adalah sesuatu yang harus menjadi perhatian kita semua setiap saat. Dengan gaya hidup kita yang sibuk saat ini, sangat susah untuk memakan makanan seimbang, dan ini bisa membahayakan diri Anda jika kita tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, maka tubuh kita akan menderita. Namun, makan sehat sangatlah penting terutama untuk wanita hamil.

Ketika Anda sedang hamil, ada janin yang bergantung pada Anda untuk mendapatkan semua nutrisi agar tumbuh dan berkembang. Anda tidak lagi hanya makan untuk diri Anda sendiri. Jadi Anda harus memikirkan tentang makanan terbaik untuk bayi Anda.

Ada beberapa makanan tertentu yang boleh dimakan dan juga yang tidak boleh dimakan oleh wanita hamil. Ada juga beberapa makanan yang benar-benar harus dimakan oleh wanita hamil jika ingin bayinya memiliki awal yang baik dalam kehidupan. Jika Anda tidak mendapatkan nutrisi kehamilan yang penting, tubuh bayi Anda akan menderita bersama Anda.

menu sehat ibu hamil

Image: www.parentdish.co.uk

Bayam

Mengapa Anda harus memakan bayam pada saat hamil? Bayam merupakan makanan dan menu sehat ibu hamil yang baik. Manfaat bayam bagi ibu hamil sangat penting. Bayam kaya akan vitamin dan mineral yang membantu sejumlah kondisi medis. Contohnya, bayam baik untuk hati. Namun, bagi para wanita hamil, bayam sangatlah penting karena kandungan folatnya. Folat adalah vitamin B yang terbentuk secara alami pada makanan. Bentuk non-makanan vitamin ini dikenal dengan asam folat. Kekurangan asam folat pada makanan wanita hamil berkaitan dengan berbagai masalah perkembangan tabung saraf.

Apa yang dimaksud dengan tabung saraf? Itu merupakan prekursor untuk otak dan juga sumsum tulang belakang. Perkembangan yang tidak sempurna pada bagian ini akan bisa menjadi sangat serius, bahkan fatal. Anda perlu makan setidaknya 3 cangkir bayam perhari untuk mendapatkan jumlah folat yang disarankan. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir selama Anda mendapatkan vitamin prenatal (sebelum melahirkan) yang cukup setiap hari. Kebanyakan vitamin prenatal memiliki takaran asam folat yang cukup. Baca juga: 4 Vitamin Prenatal Terbaik Untuk Bumil.

Baca Juga :  BAHAYA MINUM KOPI UNTUK IBU HAMIL

Namun, memperoleh vitamin dari makanan secara langsung akan lebih baik, dan beberapa wanita mengalami kesulitan dalam mendapatkan vitamin prenatal, terutama di saat awal-awal kehamilan ketika rasa mual morning sickness yang hebat di pagi hari. Baca juga: 16 Tips Mudah Atasi Mual Kehamilan.

Telur

Telur dulu dianggap tidak baik karena kandungan kolesterolnya yang tinggi, namun kenyataannya, sumber makanan bulat kecil ini memiliki sesuatu yang sangat baik di dalamnya.  Salah satu komponen yang bagus pada telur adalah kolin asam amino.

Jadi, apa fungsi kolin untuk wanita hamil dan bayinya yang belum lahir? Seperti folat, kolin ini membantu perkembangan tabung saraf. Namun, lebih dari itu, kolin juga telah menunjukan perkembangan yang signifikan terhadap fungsi memori dan fungsi belajar pada tikus yang dilahirkan dari induk yang memakan banyak kolin.

Seberapa banyak kolin yang harus didapatkan? Sekitar 450 mg perhari, setara dengan 4 telur. Namun sebaiknya Anda tidak makan sebanyak itu setiap harinya karena kurang sehat juga nantinya. Karena asam amino ini kebanyakan terdapat pada vitamin prenatal sebagai lesitin. Jadi, berusahalah setidaknya memakan sebutir hingga 3 butir telur dalam seminggu (sebaiknya dipagi hari karena protein dalam telur dapat membantu mengatasi morning sickness), dan pastikan mengonsumsi vitamin prenatal di beberapa waktu.

Yogurt

Minuman lezat dan rendah lemak ini sebaiknya dikonsumsi oleh para ibu hamil setiap hari karena seperti layaknya makanan yang mengandung susu lainnya, yogurt adalah sumber kalsium yang baik. Kita semua tahu bahwa kalsium baik untuk tubuh kita, tetapi apa yang menjadikannya baik khususnya untuk ibu hamil? Kalsium berperan dalam menjaga kesehatan bagi pertumbuhan janin dan sistem syaraf. Kalsium juga membantu tubuh membentuk dan menjaga otot-otot serta tulang tentunya.

Baca Juga :  8 MANFAAT BERENANG BAGI IBU HAMIL & TIPS-NYA

Yang terpenting untuk calon ibu, adalah fakta bahwa bayi Anda akan menyerap kalsium yang ia butuhkan dari tubuh Anda, jika Anda tidak mencukupinya dengan baik, hal ini dapat menyebabkan masalah keropos pada tulang (osteoporosis) di kemudian hari, dan tak seorang pun mau mengalaminya atau terpaksa harus perawatan pencegahan osteoporosis setiap sebulan sekali.

Ibu yang sedang hamil membutuhkan setidaknya 1000 mg kalsium setiap harinya. Hampir setara dengan 4  kemasan yogurt yoplait. Tetapi bukan berarti Anda hanya duduk dan makan yogurt setiap hari. Mengkonsumsi 2 kemasan yogurt dan segelas jus jeruk yang kaya akan kalsium akan memberikan semua kalsium yang Anda butuhkan. Jus jeruk juga akan memberikan tambahan dorongan folat.

Kacang

Kacang panggang dan beberapa jenis kacang lainnya merupakan menu sehat ibu hamil dan sumber yang sangat baik bagi nutrisi kehamilan yang penting lainnya yaitu zat besi. Zat besi merupakan zat pokok untuk perkembangan yang semestinya pada sistem pertumbuhan janin.

Direkomendasikan bahwa ibu hamil setidaknya memperoleh 27 mg zat besi setiap hari. Satu mangkuk kacang panggang mengandung sekitar lima mg, sehingga Anda harus mengonsumsi sekurang-kurangnya lima porsi kacang setiap hari. Jumlah kacang yang cukup besar! Beberapa vitamin untuk kehamilan mengandung jumlah zat besi yang signifikan, dokter Anda mungkin akan meresepkan suplemen zat besi jika tekanan darah Anda menunjukkan jumlah zat besi yang rendah. Baca juga: 5 Jenis Vitamin Penting Ibu Hamil.

Tingkat zat besi yang rendah dapat mengarah pada masalah penerimaan zat-zat yang lambat, dan bayi yang baru dilahirkan kemungkinan mengidap anemia dikemudian hari. Fakta lain bahwa bayi menyerap zat besi bahkan sebelum tubuh Anda dapat menyerapnya. Sehingga kemungkinan Anda akan mengalami kekurangan zat besi dibandingkan dengan bayi Anda. Tetapi bukan hal ini yang perlu dikhawatirkan. Tingkat zat besi yang rendah dapat  membuat ibu hamil yang lemah semakin memburuk keadaannya, dan bahkan dapat meningkatkan resiko Anda pada keadaan depresi pada ibu hamil. Lakukan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produksi zat besi daripada melakukan diet makanan atau mengonsumsi suplemen.

Baca Juga :  5 TIPS MENGATASI PERUT MULAS SAAT HAMIL

Salmon

Salmon menu sehat ibu hamil dan merupakan sumber yang luar biasa bagi kebutuhan omega 3, DHA & asam lemak. Hanya dengan 6 ons sajian salmon dapat memberi Anda lebih dari 1000 kali jumlah DHA yang tubuh ibu hamil butuhkan. Jumlah yang terlalu banyak ini akan digunakan oleh tubuh untuk jangka waktu berikutnya. Ini merupakan hal yang baik karena ibu hamil tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi salmon karena kandungan merkuri di dalamnya.

Mengapa DHA begitu penting bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya? DHA penting bagi mata, otak, dan perkembangan sistem syaraf sang bayi. DHA juga dihubungkan dengan pengurangan resiko bayi lahir prematur. Sehingga, jika Anda berpikir bahwa bayi Anda berisiko lahir prematur, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA sekarang juga. Perlu diperhatikan bahwa manfaat DHA jauh lebih besar jika DHA dikonsumsi pada trimester kedua dan ketiga selama periode kehamilan.

Itulah 5 makanan dan menu sehat ibu hamil yang bisa Anda konsumsi. Langkah-langkah ini hanyalah langkah awal untuk memenuhi nutrisi yang baik selama kehamilan. Ya, ibu hamil perlu memakan semua makanan yang telah disebutkan ini, tetapi mereka perlu mengonsumsi juga makanan lainnya. Serta, perawatan lainnya seperti olahraga, menjaga dari dari stress dan lainnya sebelum kelahiran penting untuk pertumbuhan yang sempurna bagi bayi. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter secara rutin.