13 CARA MENGATASI NYERI & SAKIT PUNGGUNG SAAT HAMIL

13 cara mengatasi nyeri sakit punggung saat hamil dalam tulisan ini dibagi menjadi 2 bagian, 5 cara untuk mengatasinya & 8 cara untuk pencegahannya, selain itu Anda juga akan mengenal 5 penyababnya. Kehamilan tentu saja momen yang sangat membahagiakan bagi sebagian besar wanita. Tapi tidak jarang selama menjalani kehamilan berlangsung ada berbagai macam keluhan yang sering disampaikan oleh ibu hamil, salah satunya yang dialami 50-70% wanita hamil adalah keluhan sakit punggung. Apa penyebab sakit punggung saat hamil & bagaimana cara mengatasinya?

Sakit punggung saat hamil bisa jadi merupakan pertanda bagus, yakni bahwa janin di dalam rahim Anda sedang tumbuh. Semakin janin Anda bertambah besar, maka beban pada bagian punggung juga makin besar. Umumnya, para ibu hamil pada paruh kedua kehamilan yang sering menyampaikan adanya keluhan sakit punggung. Sakit punggung saat hamil biasanya terjadi pada saat panggul ibu hamil bertemu dengan bagian tulang belakang, yaitu di sendi sacroiliac. Ada berbagai kemungkinan kenapa sakit punggung pada ibu hamil ini bisa terjadi. Berikut ini adalah 5 penyebab sakit punggung pada ibu hamil:

cara mengatasi nyeri sakit punggung saat hamil

Image: www.momtastic.com

Bertambahnya Berat Badan

Selama kehamilan, umumnya wanita bertambah berat badannya sekitar 11 hingga 15 kg. Akibat berat badannya yang bertambah, maka beban pada tulang belakang juga akan bertambah sehingga bisa menyebabkan nyeri pada punggung bawah. Berat janin dan juga rahim yang bertambah juga akan membuat tekanan pada pembuluh darah dan juga saraf di panggul serta punggung.

Perubahan Postur

Kehamilan akan membuat pusat gravitasi pada wanita hamil berubah ke bagian depan, seiring dengan perut Bunda yang semakin membuncit. Hal tersebut menyebabkan postur tubuh jadi berubah. Akibatnya adalah terasa nyeri atau ketegangan pada punggung.

Baca Juga :  Waktu yang Sangat Tepat untuk Melakukan USG

Perubahan hormon

Selama hamil, tubuh ibu memproduksi hormon relaksin yang akan membuat memungkinkan ligamen pada daerah panggul untuk dapat bersantai & sendi jadi lebih longgar. Ini merupakan persiapan pada proses kelahiran. Hormon ini juga dapat menyebabkan ligamen yang fungsinya mendukung tulang belakang menjadi lebih longgar, sehingga menyebabkan terjadinya ketidakstabilan & munculnya rasa nyeri.

Pemisahan pada otot

Karena rahim Anda membesar, dua otot paralel, yaitu otot abdominis du-bur yang berjalan dari tulang rusuk menuju tulang kema-luan, dapat memisah. Pemisahan ini bisa memperburuk nyeri punggung saat hamil.

Stres

Kondisi emosional bisa menyebabkan ketegangan pada otot di punggung. Inilah yang kemudian selalu di rasakan sebagai nyeri punggung. Bisa jadi ketika ibu hamil stres, dia juga merasakan peningkatan rasa sakitnya di punggungnya.

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Ibu Hamil

Jika Anda memiliki sakit punggung kronis yang selalu dirasakan sebelum hamil, rasa sakit tesebut akan berkurang dengan bertahap sebelum Anda nantinya melahirkan. Nah, berikut ini beberapa cara yang mengatasi nyeri punggung saat hamil agar dapat meringankan keluhan nyeri punggung pada ibu hamil:

Olahraga

Olahraga yang teratur dapat memperkuat & meningkatkan fleksibilitas otot. Aktivitas itu juga mampu mengurangi stres pada bagian tulang belakang Anda. Olahraga yang aman untuk kebanyakan ibu hamil adalah jalan kaki, berenang & memakai sepeda statis. Dokter ataupun ahli terapi fisik dapat juga merekomendasikan jenis latihan lainnya untuk dapat memperkuat bagian punggung dan perut. Baca juga: 6 Olahraga yang Aman Untuk Wanita Hamil.

Baca Juga :  5 MANFAAT SEHAT BUAH APEL BAGI KEHAMILAN

Kompres Panas Dan Dingin

Kompres panas & dingin di bagian punggung juga dapat meringankan nyeri yang sedang Anda alami. Caranya letakkan kompres dingin, misalnya seperti handuk berisi es ataupun sayuran beku, kemudian tempelkan di bagian yang sakit selama kurang lebih 20 menit. Lakukanlah beberapa kali dalam sehari. Setelah Anda melakukan kompres semacam itu selama 2-3 hari, beralihlah ke kompres yang panas. Caranya adalah dengan menempelkan sebuah bantal pemanas ataupun botol berisi air panas pada daerah yang sakit. Ini merupakan cara mengatasi sakit punggung saat hami yang cukup mudah.

Memperbaiki Postur Tubuh

Membungkuk dapat membuat tulang belakang Anda jadi tegang. Oleh karena itu jagalah postur tubuh dengan tepat saat bekerja, duduk atau saat tidur. Misalnya, tidurlah secara miring dengan meletakkan sebuah bantal di antara lutut. Hal ini akan mampu mengurangi stres pada punggung Anda. Saat duduk, Anda juga dapat menaruh sebuah handuk yang digulung di bagian belakang punggung agar dapat memberikan dukungan pada punggung. Selain itu, ada baiknya juga jika Anda mengistirahatkan kaki dengan cara menempatkan kedua kaki Anda pada setumpuk buku atau bangku & duduklah dengan tegak.

Konsultasi

Apabila sakit punggung Anda terkait dengan stres, berbicaralah dengan seorang teman yang dipercaya atau bisa juga berkonsultasi dengan dokter ahli yang bisa membantu.

Baca Juga :  6 TIPS AGAR IBU MELAHIRKAN NORMAL & BAYI SEHAT

Akupunktur

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa metode akupunktur efektif sebagai cara mengatasi nyeri punggung saat hamil, terutama bagian bawah. Sebelum melakukannya, sebaiknya konsultasikan dulu hal ini dengan dokter Anda.

Cara Mencegah Sakit Punggung Ibu Hamil

Ada beberapa hal yang mampu Anda lakukan untuk dapat membantu dalam mencegah sakit punggung saat hamil. Beberapa hal yang dapat Anda terapkan antara lain seperti berikut:

  1. Hindari mengangkat benda dengan beban yang berat.
  2. Tekuk lutut & menjaga punggung tetap lurus saat sedang mengangkat ataupun mengambil sesuatu dari lantai.
  3. Gunakanlah kaki di saat Anda ingin berbalik untuk dapat menghindari tulang belakang yang memutar.
  4. Memakai jenis sepatu yang datar agar penyebaran beban berat badan Anda jadi lebih merata.
  5. Saat membawa beberapa tas belanjaan, upayakan seimbang saat membawanya. Bagilah beban di antara kedua tangan.
  6. Duduklah dengan posisi punggung lurus & pastikan menggunakan dukungan untuk punggung seperti bantal ataupun handuk yang digulung.
  7. Pastikan Anda istirahat dengan cukup.
  8. Memijat punggung secara lembut juga bisa membantu menghindari nyeri.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit punggung saat hamil serta pencegahan agar nyeri punggung pada ibu hamil yang biasa terjadi bisa teatasi. Jangan lupa mengonsumsi asupan makanan begizi dan dibutuhkan oleh wanita hamil agar Anda selalu sehat menjalani masa kehamilan.

Related Post "13 CARA MENGATASI NYERI & SAKIT PUNGGUNG SAAT HAMIL"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal