BAHAYA MELAHIRKAN DENGAN METODE WATER BIRTH DI RUMAH

Pernahkah Anda mendengar seorang ibu hamil yang berencana melahirkan dengan metode water birth di rumah sendiri? Meskipun lumrahnya ibu bersalin itu di rumah sakit, tapi kini ada beberapa teknik atuau metode melahirkan yang bisa dicoba oleh para ibu hamil, salah satunya water birth atau metode melahirkan di dalam air. Namun ternyata di Inggris baru-baru ini dilaporkan ada kasus bayi yang lahir dengan proses water birth ini terinfeksi bakteri legionella.

Meskipun tidak pernah disebutkan dengan rinci siapa bayi yang telah terinfeksi oleh bakteri tersebut, atas adanya kejadian ini, NHS di Inggris telah menyarankan para wanita hamil untuk tidak menggunakan teknik water birth ini, terutama dengan memakai kolam persalinan di rumah yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada bayi baru lahir sehingga harus dirawat di ruang ICU. Prof Nick Phin, seorang kepala Public Health di Inggris mengatakan bahwa ini situasi yang tidak biasa dan perlu ditangani secara serius. Otoritas lokal juga sedang menyelidiki tindakan untuk pengendalian infeksi yang dapat terjadi saat terjadinya proses water birth. Pemerintah setempat juga bekerja sama dengan sejumlah perusahaan yang selama ini menyediakan kolam persalinan untuk di rumah.

Melahirkan water birth

Image: www.babycenter.com.au

Pihak otoritas sudah mengambil sampel air dari dalam kolam persalinan yang dipanaskan dan telah dikonfirmasi memiliki kandungan bakteri legionella yang merupakan penyebab penyakit legionnaires. Juga akan dilakukan tes kesamaan jenis bakteri yang telah menginfeksi si bayi. Dari sinilah bahaya melahirkan dengan metode water birth di rumah sendiri terungkap. Baca juga: 5 Mitos Persalinan Yang Harus Anda Tahu.

Baca Juga :  1001 Manfaat Absurd Bunga Kenanga Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

Sementara itu, Louise Silverton, seorang direktur kebidanan dari Royal College of Midwives menjelaskan berbeda halnya apabila ibu hamil ingin melahirkan dengan metode atau teknik water birth ini di rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan yang memang telah terdaftar. Dengan denikian, risiko terjadinya infeksi bisa ditekan. Karena proses water birth ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Baca juga: 7 Perubahan Fisik Setelah Persalinan.

Sebagaimana dilansir oleh BBC, Silverton menjelaskan bahwa jangan sekali-sekali seorang wanita hamil merencanakan untuk melakukan pesalinan di rumah sendiri dengan menggunakan kolam bersalin yang disediakan oleh pihak yang tidak teregistrasi. Di NHS sendiri, kolam untuk melahirkan ini digunakan hanya sekali pakai saja, sehingga dapat mengurangi pertumbuhan bakterinya. Jika seorang ibu hamil merasa khawatir atau merasa ragu akan menggunakan teknik water birthing pada saat melahirkan, Silverton selalu mengingatkan agar jangan sungkan untuk sering bertanya dengan bidan ataupun dokter. Bakteri legionella sendiri merupakan penyebab radang paru-paru basah yang sangat parah. Baca juga: 6 Tips Atasi Sembelit Setelah Lahiran.

Baca Juga :  KOLESTEROL PENYEBAB SUSAH HAMIL

Setiap tahunnya, ada sekitar 350-400 kasus paru-paru basah yang telah dilaporkan terjadi di Inggris dan juga Wales, terutama pada orang de-wasa yang telah lanjut usia. Kasus tersebut pada anak sangat jarang terjadi. Infeksi tersebut juga tidak menyebar dan seseorang bisa saja terinfeksi bakter legionella apabila menghirup tetesan air yang telah terkontaminasi. Baca juga: Melahirkan Tanpa Rasa Sakit, Ini Metodenya.

Nah, jika saat ini Anda sedang hamil dan merencanakan persalinan di dalam kolam air. Sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter atau lakukan di rumah sakit yang menyediakan fasilitas tersebut, agar bahaya melahirkan dengan metode water birth di rumah sendiri bisa dihindari serta agar bayi Anda lahir dengan sehat dan selamat.

Related Post "BAHAYA MELAHIRKAN DENGAN METODE WATER BIRTH DI RUMAH"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup